17 Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

Orang tua adalah ayah dan ibu yang memiliki peran yang sangat penting di dalam keluarga, sedangkan keluarga terdiri dari ayah, ibu dan anak. Setiap anggota keluarga memiliki peran dan tugasnya masing-masing  seperti ayah bekerja mencari nafkah, ibu bertugas menjaga anak dan rumah serta anak bertugas belajar dan membantu orang tua.

17 Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

Melihat dari perjuangan orang tua terhadap anak-anaknya maka islam mengajarkan kepada semua umat muslim untuk selalu menghargai dan menghormati kedua orang tuannya. Menghormati adalah sikap yang mengarah pada perilaku sopan kepada orang yang lebih tua, seperti adab berbicara dan tingkah laku perbuatan terhadap orang tua.

Mengapa islam sangat mewajibkan anak agar menghormati orang tua? Karena orang tua itu bagaikan sosok malaikat tidak bersayap yang selalu memberikan perhatian, kasih sayang, kebahagiaan, pemberi semangat  dan rela berkorban kepada setiap anak-anaknya. Di saat kita dalam kandungan, mereka selalu menjaga dan mendoakan kita supaya lahir dengan selamat dan menjadi anak yang sholeh atau sholeha, bermanfaat untuk orang lain dan berbakti kepada orang tua. Dan setelah lahir kita masih di beri perlindungan, kasih sayang dan pendidikan.

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya : “Dan sembalah allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun. Dan berbuatlah baik kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim orang-orang miskin, tetangga dekat atau tetangga jauh, teman sejawat dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh allah tidak menyukai orang yang sombong dan dan membanggakan diri” (QS An Nisa Ayat 36).

Islam mengajarkan supaya kita menjadi seorang anak yang tidak lupa dengan segala perjuangan orang tua dan sesungguhnya ridho Allah SWT terdapat pada ridhonya orang tua. Jika kita selalu menyayangi, menghormati dan membahagiakan mereka maka kita termasuk umat yang di cintai Allah SWT. Ada hadist yang menjelaskan bahwa kita harus berbakti kepada orang tua.

“Aku bertanya kepada Rasullullah, ‘amalan apakah yang paling di cintai oleh Allah swt? Beliau menjawab “shalat pada waktunya”. ‘kemudian aku bertanya lagi ‘setelah itu apa lagi? Beliau menjawab “ berbakti kepada orang tua”. Aku bertanya lagi ‘ kemudian apa lagi’ Beliau menjawab “jihad di jalan allah” (HR. Bukhari).

Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

1. Berikan kasih sayang dengan setulus hati
2. Bahagiakan mereka dengan kemampuan yang ada bisa
3. Ajaklah berbicara dan bercanda
4. Membawanya jalan-jalan agar orang tua tidak merasa bosan
5. Memberikan hadiah
6. Berikan pelukan dan senyuman
7. Selalu mendengarkan curhatanya
8. Bersikap dan berbicara sopan serta lemah lembut
9. Membantu kesulitan yang sedang di hadapi
10. Laksanakan perintahnya yang menurut itu hal yang baik
11. Menjaga nama baik keluarga dan orang tua
12. Selalu meminta izin
13. Selalu kunjungi orang tua
14. Jangan buat mereka menangis
15. Mengurus orang tua dikala mereka sedang sakit
16. Mengutamakan orang tua
17. Selalu mendoakan mereka agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat

Itulah ulasan mengenai cara menghormati orang tua menurut islam dan jagalah orang tua seperti mereka menjaga kita di waktu kecil. Usaha yang kita lakukan untuk orang tua, pasti akan mendapatkan balasan yang baik pula dari Allah SWT, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan semoga kita termasuk umat muslim yang selalu menjaga, menghargai dan menghormati orang tua, amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel