9 Makanan Buka Puasa Yang Sehat dan Bikin Kenyang

Berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim, biasanya dengan terdengarnya  suara adzan maghrib menandakan bahwa telah tiba waktu berbuka puasa. Banyak cara yang dilakukan oleh orang untuk menyajikan berbagai macam menu makanan buka puasa yang bergizi dan bikin perut kenyang, mulai dari makanan instan yang dibeli dari pendagang kaki lima maupun yang dimasak sendiri.

9 Makanan Buka Puasa Yang Sehat dan Bikin Kenyang

Agar ibadah puasa tetap lancar, usahakan jangan sembarangan menyajikan dan mengkonsumsi makanan yang dapat beresiko menganggu kesehatan. Hindari makanan yang banyak mengandung gula tinggi, asin, pedas, berlemak dan  minuman es.

Apalagi kebanyakan orang saat buka puasa lebih cenderung untuk makan dan minum dengan porsi banyak dan berlebihan, sebaiknya diperhatikan saat berbuka puasa adalah komposisi makanan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga apa yang dimakan memiliki nilai gizi yang baik dan tidak memberikan gangguan kesehatan setelahnya.

Makanan Buka Puasa Yang Bikin Sehat

Adapun beberapa makanan buka puasa yang sehat dan bikin perut kamu kenyang. Makanan ini mudah ada temui dan bahkan bisa Anda buat sendiri di rumah. Apa saja mereka? Simak ulasan di bawah ini.

1. Telur

Telur merupakan makanan yang mudah disajikan untuk hidangan buka puasa. Kandungan gizi dalam telur berupa protein dan asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan sel otot yang rusak karena banyaknya aktivitas yang dilakukan selama berpuasa.

Berbuka puasa menggunakan telur sebaiknya tidak diolah menjadi masakan yang asin atau pedas, karena mengonsumsi makanan yang asin saat buka puasa bisa membuat tubuh kekurangan cairan.

2. Madu

Madu memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, madu mengandung antioksida yang berguna untuk mencegah penyakit kangker dan serangan jantung. Selain itu madu juga dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah mengerjakan ibadah puasa seharian dan sekaligus membuat sistem pencernaan bekerja optimal.

Selain antioksidan, madu mengandung glukosa, kalsium, kalium, vitamin, magnesium, zat besi dan sulfur yang mudah diserap oleh tubuh. Madu cocok untuk mengembalikan stamina tubuh yang hilang selama seharian berpuasa.

3. Sayuran

Saat sedang berpuasa, ukuran lambung menjadi mengecil dan produksi enzim pencernaan dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini disebabkan pada aktivitas lambung yang bekerja jauh lebih ringan dibandingkan hari biasanya.

Sayuran hijau menjadi pilihan yang tepat untuk menyajikan hidangan buka puasa karena banyak mengandung nutrisi berupa serat, mineral, vitamin dan zat besi. Selain itu, sayuran hijau juga mudah dicerna oleh tubuh dan tidak membuat lambung kaget saat di isi makanan.

4. Kurma

Saat ramadhan tiba buah kurma menjadi menu makanan buka puasa yang sering kali disajikan oleh masyarakat muslim. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis, terutama kurma. Mengapa demikian? Kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kalori yang rendah.

Baca Juga :  

Kurma sangat baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh yang seharian telah terkuras. Setelah mengkonsumsi kurma tubuh akan kembali sehat dan segar. Hal ini disebabkan kurma memiliki rasa manis yang alami sehingga baik untuk kesehatan.

5. Air Mineral

Saat puasa, manusia mudah sekali mengalami dehidrasi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan selama seharian. Tubuh akan merasakan lelah dan bibir terlihat kering karena cairan dalam tubuh yang terus berkurang.

Disarankan untuk mengonsumsi air mineral saat buka puasa untuk memulihkan kembali energi dan kondisi tubuh yang prima. Tubuh akan dengan cepat terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

6. Beras Merah

Pada setiap jenis beras mengandung karbohidrat, namun pada beras merah memiliki karbohidrat kompleks dibandingkan beras putih yang sering kita makan.

Beras merah sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena kandungan energinya lebih stabil, kaya mineral dan serat. Harga beras merah memang sedikit lebih mahal daripada beras biasannya.

7. Air Kelapa Asli

Air kelapa menjadi minuman buka puasa yang banyak diburu oleh masyarakat karena dapat membuat tubuh kembali segar dengan cepat. Sebaiknya air kelapa tidak perlu dicampur dengan santan atau gula karena dapat merusak elektrolit yang ada di dalamnya.

8. Ikan

Ikan bisa menjadi menu makanan andalan saat buka puasa dan sahur. Daging ikan mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti antioksidan, omega 3, vitamin D dan protein. Ikan bisa diolah sendiri atau dicampur dengan sejumlah sayuran lainnya.

9. Buah-Buahan

Buah menjadi pilihan makanan buka puasa yang terakhir. Pilihlah buah yang mengandung banyak air dan serat. Buah yang banyak airnya bisa di dapatkan dari semangka, pir, melon dan apel, sedangkan buah kaya serat bisa diperoleh dari pepaya dan pisang.

Demikian delapan makanan buka puasa yang enak dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel