Inilah 7 Makanan Saat Puasa Yang Harus Anda Hindari

Mendekati bulan ramadhan, persiapan makanan sudah menjadi kebiasaan bagi umat muslim. Beragam jenis makanan favorit sudah disiapkan untuk nantinya  dihidangkan pada sahur dan berbuka puasa bersama keluarga tercinta. kebiasaan memasak sejumlah makanan lezat untuk puasa memang hal yang menyenangkan, tapi tanpa di sadari terdapat jenis makanan yang mesti dihindari saat puasa karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Inilah 7 Makanan Saat Puasa Yang Harus Anda Dihindari

Menurut para ahli kesehatan dan gizi ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari saat puas, jenis makanan ini beresiko membuat badan mudah mengalami dehidrasi, kelelahan dan kurang tenaga. Apa lagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, tentu akan berimbas pada gangguan metabolisme tubuh.

Agar ibadah puasa berjalan dengan lancar dan sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, protein, mineral dan air putih serta hindari makanan yang banyak gula, berlemak, pedas dan sebagainya. Setidaknya ada tujuh jenis makanan yang mesti dihindari saat puasa. Apa saja itu?

1. Makanan Gorengan

Gorengan merupakan makanan praktis yang mudah untuk disajikan dan mudah ditemui dimanapun, di pasar maupun penjaja makanan kaki lima. Sejumlah varian makanan gorengan yang ditaburi bumbu penyedap dapat membuat lidah ingin mencobanya, tapi tanpa disadari gorengan mengandung banyak lemak yang menyebabkan kegemukan.

Selain itu makanan yang digoreng memiliki proses cerna yang lebih berat, hal ini justru membuat tubuh bekerja lebih keras untuk bisa menguraikannya. Alhasil tubuh menjadi cepat lemas dan letih, sehingga malas untuk beraktivitas seperti biasanya.

2. Makanan Berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak saat puasa tentu diperbolehkan, asalkan jangan berlebihan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh dengan kadar tinggi bisa membuat Anda gemuk dan kinerja lampung menjadi lebih berat.

Tak hanya itu, lemak bisa membuat Anda cepat kenyang dan kehilangan nafsu makan untuk mengkonsumsi makanan yang lain. Alhasil kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh menjadi berkurang.

3. Makanan Instan

Makanan instan memang mejadi menu andalan bagi sebagian orang. Namun, saat puasa sebaiknya hindari makanan yang bersifat instan seperti mie dan makanan kaleng. Makanan instan hanya akan membuat perut merasa kenyang sementara dan bahkan yang lebih parahnya lagi tubuh akan kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

4. Makanan Pedas

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai masakan pedas, namun makanan pedas tidak cocok untuk di santap saat puasa dengan porsi yang berlebihan. Jenis masakan ini dapat mengganggu pencernaan dan bisa menyebabkan diare. Nah, tubuh yang terkena penyakit diare akan susah melakukan penyerapan nutrisi secara optimal sehingga akan kekurangan gizi.

Baca Juga :

Selain itu, masakan pedas akan meningkatkan asam lambung. Apalagi yang memiliki riwayat sakit magg, tentu kondisi ini dapat mengganggu ibadah puasa Anda. Biasanya saat asam lambung naik ditandai rasa nyeri di perut bagian atas.

5. Makanan Asin


Makanan yang terlalu asin bisa beresiko menderita hipertensi dan dehidrasi bagi yang mengonsumsinya dengan kapasitas berlebihan. Makan makanan asin saat puasa akan membuat tubuhmu merasakan haus di siang hari, ini dikarenakan garam dapat mengikat air dan ditahan pada sela-sela sel, sehingga tubuh tidak dapat menyalurkan cairan dengan optimal.

Makanan yang memiliki rasa asin tinggi, seperti kuaci, acar, makanan ringan, kacang yang di asinkan dan lain sebagianya.

6. Makanan Tinggi Gas

Saat puasa, lebih baik hindari makanan yang mengandung gas karena bisa merangsang peningkatan asam lambung di dalam tubuh. Hal ini yang membuat orang puasa rentan mengalami gejala magg dengan gejala kembung, mual dan nyeri pada area lambung. Jenis makanan yang terdapat kandungan gas tinggi adalah minuman berkarbonasi, durian, nangka, kedondong dan kol.

7. Makanan Tinggi Gula


Ketika berpuasa kita dianjurkan untuk berbuka menggunakan makanan yang manis-manis dan sehat bagi tubuh yaitu berasal dari bahan yang alami seperti sari buah alami dan kurma. Sedangkan pemanis yang berasal dari gula rafinasi tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan meningginya gula darah dalam tubuh dan kegemukan.

Nah, itu tadi tujuh makanan yang mesti dihindari agar ibadah puasa yang sedang Anda kerjakan dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel