11 Cara Agar Kuat dan Semangat Saat Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan kebahagiaan yang penuh dengan keberkahan dan kebersamaan. Penyambutan bulan ramadhan menjadi momen yang penuh dengan kesenangan, karena umat muslim akan berbondong-bondong datang ke masjid melakukan sholat sunah tarawih, mendengarkan ceramah dan sebagainya. Kesibukan di bulan puasa adalah cara terbaik untuk menghilangkan kejenuhan dan sangking asyiknya bekerja waktu sudah menunjukan berbuka puasa.  Ketika mendengar adzan maghrib berkumandang, rasa bahagia muncul mewarnai hidup orang musim.  Pasalnya, mereka telah berhasil menjalankan kewajiban puasa sehari penuh.

11 Cara Agar Kuat dan Semangat Saat Puasa Ramadhan

Rasa lemas dan mengantuk adalah hal wajar yang terjadi pada orang puasa. Mengingat selama 12 jam lebih kita menahan diri dari makan, minum dan sesuatu yang membatalkan puasa bukanlah hal yang gampang. Berpuasa, sangat penting menjaga kesehatan tubuh agar tetap produktif dan terhindar dari dehidrasi.  Untuk itu, saat sahur konsumsi makanan yang bisa menjaga tubuh agar selalu fit dan terjaga dari rasa lemas dan lesu.

Memang tidak mudah menjalankan ibadah puasa terutama untuk anak-anak yang baru belajar puasa. Tidak hanya itu, orang dewasa seringkali mengeluh karena kehausan dan rasa lapar yang sudah tidak tertahankan. Tapi walaupun demikian, kita harus tetap semangat untuk terus melanjutkan puasa hingga waktu buka puasa tiba. Ada cara ampuh yang bisa dilakukan agar tubuh tetap kuat dan semangat saat puasa ramadhan. Langsung saja, ini dia ulasannya!

1. Hikmah dan Manfaat Puasa

Sebagai pemicu semangat, Anda mengingat kembali hikmah dan manfaat ibadah puasa. Seperti yang kita tahu bahwa bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah dan amal kebaikan yang kita kerjakan selama ramadhan akan dilipatgandakan. Perbanyak juga membaca Al Quran, bersedekah, berzikir, istiqhfar, bershalawat dan mengerjakan sholat wajib maupun sunnah.

2. Hindari Aktivitas di Tempat Panas

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai badan dalam waktu yang berterusan akan membuat tubuh berkeringat dan mengeluarkan banyak cairan. Sebagian besar tubuh manusia di dominasi oleh cairan maka wajar saja bila kamu akan merasa kehausan bila asupan air dalam tubuh tidak terpenuhi. Jadi, selama puasa carilah tempat sejuk yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas.

3. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Asupan nutrisi yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh membuat kamu bertahan lebih lama saat puasa. Dengan mengkonsumsi protein dan serat adalah cara yang tepat untuk mempertahankan rasa kenyang, protein sendiri akan memperlambat kinerja perut sehingga kamu tidak mudah lapar. Ketikan makan sahur, hindari konsumsi air minum yang berlebihan karena perut akan mudah penuh dan makanan yang dikonsumsi menjadi sedikit.

4. Hindari Makan Mie Instan

Tidak banyak orang yang tahu bahwa makan mie instan saat sahur dapat membuat tubuh menjadi kurang bertenaga. Di dalam kandungan mie instan terdapat jumlah garam yang tinggi, mengkonsumsi  makanan yang kadar garamnya tinggi akan mudah merasakan haus dan dehidrasi. Pasalnya garam sifatnya menarik cairan yang ada di dalam tubuh.

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Ketika berbuka puasa dan makan sahur direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan sayuran dan buah-buahan segar. Pasalnya, sayur dan buah memiliki kandungan air serta serat yang membantu tubuh agar tidak mudah lapar saat puasa. Selain itu buah dan sayuran hijau memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh agar selalu optimal. Rutinitas makan buah pada waktu buka buasa dan sahur sangat membantu meminimalisir dehidrasi.

6. Perbanyak Ibadah

Umat muslim bila bertemu bulan ramadhan akan merasa bersyukur. Bulan yang suci tersebut akan dipergunakan oleh orang muslim untuk memperbanyak kegiatan ibadah seperti tadarus, berbagi kebaikan, sedekah, menunaikan sholat wajib dan sunah. Pasalnya, amalan kebaikan yang kita kerjakan akan dilipatgandakan. Untuk itu jadikan puasa sebagai semangat kita untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Ngabuburit Sore Hari

Agar menjaga semangat puasa di sore hari. Kamu dapat memanfaatnya waktu tersebut untuk ngabuburit dengan pergi jalan-jalan ke tempat favorit, berkumpul dengan keluarga dan pergi membeli makanan ta’jil untuk berbuka puasa. Ngabuburit sendiri sudah menjadi tradisi di bulan ramadhan dan hingga kini masih terus dilakukan.

8. Kebutuhan Air Tercukupi

Saat puasa seseorang akan mudah merasakan haus, karena beragam aktivitas yang telah dilakukan selama seharian penuh sehingga tubuh kehilangan banyak cairan. Agar puasa menjadi kuat dan semangat maka harus bisa melengkapi kebutuhan air harian kamu. Di bulan ramadhan, orang menerapkan metode 2-4-2 sebagai langkah terbaik menghindari dehidrasi. Dimana kamu dapat mengkonsumsi 2 gelas air saat buka puasa, 4 gelas di malam hari dan 2 gelas air ketika makan sahur.

9. Hindari Aktivitas Berat

Setiap manusia memiliki aktivitas dan pekerjaan yang berbeda-beda. Terkadang kegiatan yang kamu lakukan selama puasa perlu mengeluarkan tenaga yang cukup besar sehingga akan mudah merasa lapar dan haus. Apabila pekerjaan tersebut sangat mendesak dan harus dikerjakan maka lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh kamu.

10. Mencari Kesibukan

Kejenuhan di bulan puasa memang seringkali terjadi pada semua orang, hal ini dikarenakan kamu tidak melakukan kegiatan apapun saat puasa. Carilah kesibukan yang dapat melupakan kejenuhan, rasa lapar dan haus dengan melakukan membaca buku, menulis, bermain musik dan sebagainya. Tetapi sebaiknya kerjakan kegiatan yang dapat menambah kadar keimanan dan pahala di bulan yang mulia ini dengan tadarus, berzikir dan bershalawat.

11. Beristirahat

Dengan beristirahat dan tidur siang dapat membantu kamu agar kuat saat puasa, tidur sangat bagus untuk meregenerasi tubuh supaya segar kembali ketika bangun. Tapi waktu yang digunakan untuk beristirahat secukupnya saja dan jangan lupa menunaikan ibadah wajib dan sunnah yang lain.

Baca Juga : Puasa Sunnah Menjelang Idul Adha, Niat dan Keutamaanya

Itulah Cara Agar Kuat dan Semangat Saat Puasa yang bisa Anda terapkan, karena puasa adalah ibadah yang sangat penting, jadi jangan biarkan tubuh merasa kurang fit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel