10 Tips Persiapan Menyambuat Puasa Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kebahagian bagi umat muslim, mereka sangat berantusias dalam menanti datangnya bulan Ramadhan. Pasalnya, di bulan Ramadhan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Banyak keistimewaan dan keutamaan yang terdapat di bulan tersebut, pahala yang kita dapatkan ketika melakukan kebaikan akan dilipatgandakan. Maka wajar saja bila datang Ramadhan orang senang untuk melakukan sedekah, membaca Al Quran, berzikir dan sholat dengan harapan mendapatkan pahala yang berlimpah.

10 Tips Persiapan Menyambuat Puasa Bulan Ramadhan

Beruntung sekali jika kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu bulan Ramadhan dan melakukan banyak evaluasi diri untuk menjadi umat muslim yang lebih baik lagi. Hukum bagi umat muslim berpuasa Ramadhan adalah wajib, kecuali terdapat uzur atau halangan maka boleh menggantinya di hari lain, selain bulan puasa. Kalau kita mengganti puasa Ramadhan di hari yang lain, tentu keberkahan dan kelimpahan pahala jelas berbeda. Di bawah ini terdapat dalil yang mempertegaskan kewajiban puasa Ramadhan bagi umat muslim.

Dalam Surah Al Baqarah ayat 183 berbunyi: “Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Dalam Surah Al Baqarah ayat 184 berbunyi: “Maka barang siapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu Ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fiqya, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (memberi makan lebih dari seorang miskin untuk satu hari), maka itulah lebih baik baginya dan puasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan memaksimalkan ibadah puasa, tentu ada persiapan jasmani dan rohani yang dapat kamu lakukan menjelang Ramadhan. Berikut tips persiapan menyambut puasa Ramadhan, yaitu:

1. Persiapan Fisik

Ramadhan adalah bulan penuh dengan keberkahan. Umat muslim berbondong-bondong mengejar pahala kebaikan dengan memperbanyak menolong sesamanya yang sedang membutuhkan dan terus meningkatkan pendekatan diri kepada Allah SWT. Namun, sangat disayangkan apabila tiba bulan Ramadhan kita berada dalam kondisi yang sedang sakit. Maka kesempatan kita untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipatganda menjadi sulit, untuk itu persiapan fisik menjelang Ramadhan perlu dilakukan dengan berolahraga maupun mengerjakan puasa sunnah.

2. Persiapan Keimanan

Mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Persiapan demi persiapan telah kita lakukan agar puasa kita mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan apa yang telah kita kerjakan. Persiapan keimanan merupakan hal yang penting untuk puasa Ramadhan menjadi lebih indah dan merubah dratis perbuatan kita kearah yang lebih teratur sesuai perintah Allah. Membiasakan diri menjelang Ramadhan dengan menjalankan puasa sunnah, menghentikan tindakan maksiat, perbanyak istighfar dan membaca Al Quran.

3. Persiapan Ilmu

Memperbanyak ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Sebelum tiba bulan Ramadhan perbanyak memahami ilmu tentang tata cara puasa, hikmah puasa, keutamaan puasa, manfaat puasa, sholat tarawih, zakat dan amalan yang baik dilakukan di bulan Ramadhan. Tentu saja, jika melakukan perbuatan kebajikan tapi cara yang kita lakukan salah dan tidak benar maka pahalanya tidak diterima atau ditolak. Untuk itu, ilmu sangat diperlukan dan Allah sangat mencintai manusia yang berilmu.

4. Persiapan Harta

Menyiapkan bekal harta untuk menyambut bulan Ramadhan memang diperlukan, tapi yang dimaksud pada poin keempat ini adalah harta yang digunakan untuk bersedekah. Kita sudah tahu bahwa amalan kebaikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya. Jadi bersedekah kepada orang yang membutuhkan akan membuat pahala puasa menjadi lebih sempurna.

5. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-Hari

Kebutuhan pokok menjelang puasa Ramadhan bisa dimulai dengan keperluan dapur dan perlengkapan beribadah. Membeli aneka sayuran dan makanan bergizi sangat diperlukan untuk menjaga stamina tubuh saat puasa agar tidak mudah lemas, kemudian perlengkapan ibadah seperti sarung, baju koko, peci, mukenah dan sejadah perlu disiapkan agar ibadah puasa di bulan Ramadhan menjadi maksimal.

6. Memperbaiki Waktu Tidur Anda

Apabila Anda sering tidur malam, sebaiknya mulai dari sekarang ubah kebiasaan tersebut dengan membuat jadwal waktu tidur yang tepat. Gangguan yang dialami seseorang jika kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi dengan baik akan mudah lemas, mengantuk, konsentrasi menurun dan kepala menjadi sakit. Saat tidur organ tubuh akan beristirahat dan melakukan perbaikan jaringan tubuh yang telah rusak sehingga badan akan kembali segar ketika bangun tidur. Maka dari itu perbaiki waktu tidur menjadi salah satu persiapan menjelang puasa Ramadhan.

7. Konsultasi ke Dokter

Jika Anda memiliki masalah kesehatan dan berkeinginan untuk menjalankan puasa. Sebaiknya, cek terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh, Apakah memungkinkan untuk bisa berpuasa atau tidak? Selanjutnya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran rencana mengenai keinginan Anda untuk mengerjakan puasa.

8. Berolahraga

Menjelang Ramadhan perbanyak melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Berolahraga dapat menjadikan badan menjadi lebih sehat dan menghilangkan stress sehingga tubuh siap menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Manfaat olahraga lainnya yaitu mencegah kambuhnya masalah kesehatan yang Anda miliki, bila perlu ketika sahur mengkonsumsi vitamin untuk menambah stamina tubuh supaya tidak mudah lemas ketika melakukan pekerjaan.

9. Membersihkan Perkarangan Rumah

Persiapan selanjutnya yaitu bersih-bersih rumah. Untuk membuat suasana puasa Ramadhan lebih menyenangkan dan sehat maka membersihkan rumah adalah cara yang tepat untuk dilakukan seperti memotong rumput, membersihkan selokan dan membuat lantai rumah bersih. Dengan kondisi rumah yang selalu kinclong dan bersih dari najis, memungkinkan malaikat untuk singgah ke rumah kita.

10. Menuntaskan Puasa Tahun Sebelumnya

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, pastikan bahwa Anda sudah menuntaskan puasa tahun lalu yang belum sempat dikerjakan. Bagi yang mempunyai hutang puasa, sesegera mungkin melakukan qadha puasa sebelum datang Ramadhan berikutnya dan bagi yang menunda qadha puasa dengan sengaja tanpa ada halangan seperti sakit dan hal lainnya yang tidak memungkinkan melakukan puasa hingga tiba Ramadhan adalah dosa.

Baca Juga : Puasa Sunnah Menjelang Idhul Adha, Niat dan Keutamaannya

Itulah 10 Tips Persiapan Menyambuat Puasa Bulan Ramadhan yang dapat kamu kerjakan untuk memaksimalkan ibadah puasa. Hindari aktivitas yang terlalu berat dan dapat mengganggu kesehatan tubuh selama puasa. “Wallahu A'lam Bisshowab” semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel