9 Langkah Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan adalah ibadah umat muslim yang dikerjakan setiap tahunnya selama sebulan. Orang yang berpuasa harus dapat menahan hawa nafsu, lapar dan haus dari mulai terbit matahari hingga terbenam di sisi barat. Karena hal ini, asupan nutrisi dan energi dalam tubuh manusia harus selalu di jaga agar tidak terjadi gangguan metabolisme tubuh.

Menurut ahli kesehatan, puasa dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, tak jarang dari mereka yang berpuasa sering mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi, maag dan sembelit. Keluhan tersebut biasanya muncul karena kebutuhan serat dan air tidak tercukupi dengan baik.


9 Langkah Sehat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan


Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Agar puasa ramadhan kali ini dapat berjalan dengan baik dan tubuh tetap sehat, maka  Anda perlu melakukan beberapa hal. Adapun tips sehat saat puasa ramadhan yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah:

1. Makan Sahur Tepat Waktu

Hal yang harus dilakukan untuk mengawali puasa adalah sahur. Makan sahur sangat membantu tubuh untuk tetap berenergi sehingga bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sahur yang paling tepat adalah diujung waktu sahur yaitu sekitar 1 jam sebelum masuk waktu imsak. hal ini sangat baik untuk mempertahankan kondisi perut agar terasa kenyang lebih lama dan jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein.

2. Jangan Menunda Berbuka Puasa

Waktu yang ditunggu-tunggu orang puasa adalah ketika masuk waktu buka puasa. Di saat itu pula umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan membatalkan puasa, walaupun itu hanya dengan segelas air putih dan cemilan ringan.

Seorang muslim tidak diperbolehkan berpuasa sedangkan sudah masuk waktu buka puasa. Karena berbuka puasa memiliki banyak kebaikan di dalamnya dan jangan biarkan kebaikan itu hilang. Selain itu, orang yang tidak segera buka puasa justru akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti maag, karena membiarkan lambung dalam kondisi kosong terlalu lama.

3. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Suka minuman dan makan cemilan manis? Di bulan puasa konsumsi makanan manis sebaiknya dibatasi dulu, karena bisa menyebabkan gula darah dalam tubuh naik dari biasanya. Tidak hanya itu, asupan gula yang berlebih dapat meningkatnya berat badan. Nah, supaya terhindar dari kenaikan berat badan, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Di sarankan minum air putih saat buka puasa dan sahur.

Makanan manis memang memberikan energi bagi tubuh, tetapi justru membuat kondisi tubuh menjadi ngantuk,lemas dan pusing di siang hari. Jadi, agar tubuh tetap sehat kurangi asupan makanan manis saat puasa.

4. Makan Dengan Porsi Normal

Setelah menahan lapar dan dahaga selama seharian, tak menuntut kemungkinan orang puasa akan makan lebih banyak saat berbuka. Padahal, makan yang melebihi porsi normal bisa membuat perut penuh dan susah untuk sujud saat sholat.

Menurut ahli kesehatan, makan berlebih bisa bikin perut kram dan bahkan yang lebih parahnya lagi perut mengalami gastroenteritis, karena lambung di suruh bekerja keras setelah beristirahat seharian.

5. Cukupi Kebutuhan Air Putih

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah air yang sama dengan air yang terbuang saat berpuasa. Manusia yang kekurangan air dalam tubuh akan mengalami gangguan kesehatan seperti dehidrasi, bibir kering, kurang fokus, kulit kering dan masalah pada ginjal.

Baca Juga:


Adapun aturan konsumsi air putih saat puasa, yaitu menggunakan metode 2-2-4. Di mana 2 gelas air putih saat sahur, 3 gelas air saat buka puasa dan di malam harinya 4 gelas air. Anda bisa menerapkan metode tersebut untuk mengindari dehidrasi.

6. Hindari Kafein

Kafein memang kurang tepat jika dikonsumsi berlebihan selama bulan ramadhan. kafein memiliki sifat diuretik yang membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Hal ini akan cepat menguras cairan dalam tubuh dan bikin Anda kehausan seharian.

7. Tidur Yang Cukup

Tidur sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kelancaran ibadah puasa. Dengan tidur yang cukup dapat menaikan daya tahan tubuh sehingga manusia tidak mudah sakit, stress dan daya kosentrasi otak selalu terjaga. Apalagi selama bulan ramadhan kita bangun tidur lebih awal dari hari biasanya untuk melaksanakan sahur.

waktu tidur yang baik adalah 6 sampai 8 jam tiap malam. Jadi hindari aktivitas bergadang untuk memaksimalkan kebutuhan tidur Anda tercukupi.

8. Olahraga Ringan

Puasa bukan menjadi penghalang kita untuk berhenti melakukan olahraga. Terdapat beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat sore hari, yaitu bersepeda, yoga dan pilates. Waktu olahraga yang tepat adalah 60 – 90 menit sebelum masuk berbuka puasa, cara ini bertujuan agar perut tidak merasakan lapar terlalu lama.

9. Konsumsi Vitamin

Selama berpuasa, tubuh manusia lebih mudah terserang penyakit. Ini dikarenakan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi dengan baik. Agar tubuh tetap kondisi sehat dan kuat saat menjalani ibadah puasa, selain mengkonsumsi sayuran hijau dan juga buah-buahan, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin. Biasanya vitamin ditemukan dalam bentuk tablet maupun gummy.

Itulah tips atau langkah sehat menjalankan ibadah puasa ramadhan yang bisa Anda terapkan selama bulan puasa. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel