8 Makanan Sahur Yang Enak dan Bikin Kenyang

Sahur menjadi bagian terpenting bagi orang yang hendak melaksanakan puasa. Dengan sahur kita akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas selama seharian, konsumsi makanan dengan porsi yang besar memang bikin perut kamu menjadi kenyang. Namun, jika asupan makanan sahur tidak diperhitungkan nutrisi dan gizinya, tidak menuntut kemungkinan kamu akan merasa lapar di siang hari.

Selain itu, kebutuhan asupan makanan yang kurang tepat akan membuat daya tahan tubuh menjadi menurun dan rentan terserang penyakit. Hindari makanan yang bersifat instan selama puasa, karena bikin perut cepat kenyang dibandingkan jenis makanan lainnya dan tidak bagus untuk kesehatan tubuh kamu bila dikonsumsi terus-menerus.

8 Makanan Sahur Yang Enak dan Bikin Kenyang

Makanan Sahur Yang Bikin Kenyang

Adapun makanan sahur yang disarankan untuk dikonsumsi selama puasa dan pastinya makanan ini bisa bikin perut kenyang. Apa saja itu? berikut penjelasannya.

1. Nasi Merah

Nasi merah menjadi pilihan pertama yang bisa kamu makan saat sahur sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mencernanya. Hal ini yang membuat kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, di dalam nasi merah terdapat kandungan serat dan glikemik rendah yang membuat proses penyerapan zat gizi menjadi lambat, sedangkan serat dapat menyehatkan sistem pencernaan sehingga kamu terhindar dari masalah sembelit.

2. Kacang-Kacangan

Tak banyak yang tahu kalau makanan kacang-kacangan baik untuk disajikan saat sahur. Pasalnya, di dalam kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang baik untuk kesehatan dan sekaligus bisa bikin perut kamu kenyang lebih lama. Protein akan membantu untuk memperbaiki jaringan tubuh kamu yang telah rusak.

Kacang-kacangan yang disarankan untuk dimakan saat sahur adalah kacang edamame. Yang mana edamame bisa mengendalikan nafsu makan pada saat puasa dan protein yang ada di dalam edamame bikin kamu kenyang selama puasa.

3. Telur

Mengkonsumsi telur saat sahur memang menjadi pilihan yang tepat.  Telur mengandung lemak dan protein yang dapat membantu perut untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Usahakan saat mengkonsumsi telur, kamu harus memasak atau merebus telur sampai matang.

Baca Juga :


Hindari olahan telur yang dimasak pedas, karena rasa pedas bisa menyebabkan kehausan di siang hari dan bahkan memicu naiknya asam lambung.

4. Sup

Sup merupakan makanan yang lengkap, karena di dalamnya terdapat sayur-sayuran dan daging yang kemudian dicampur dengan rempah-rempah pilihan. Daging dalam sup bisa membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama dan sayuran sebagai pelengkap asupan nutrisi dalam tubuh. Perlu diingat, sup yang baik untuk tubuh adalah yang kuahnya terbuat dari kaldu atau air, bukan krim sup.

5. Salmon

Salmon menjadi salah satu ikan yang banyak di sukai oleh manusia, karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik untuk tubuh. Salmon bisa menjadi menu makan sahur yang kaya dengan protein, mineral dan vitamin guna menjaga tubuh agar tidak mudah lelah dan sakit. Selain itu, salmon mengandung omega 3 yang cocok untuk menyehatkan dan mencerdaskan otak. Omega 3 bagus untuk anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

6. Kurma

Buah kurma memang memiliki banyak khasiatnya, maka tak jarang kurma menjadi salah satu menu wajib saat sahur dan berbuka. Kandungan gula alami dan serat bisa menjadi energi yang baik untuk tubuh dan tentunya bisa mempertahankan rasa kenyang.

7. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pengganti nasi putih saat sahur. Oatmeal terbuat dari biji gandum yang mengandung serat dan karbohidrat, kamu bisa mengkonsumsinya langsung dengan campuran susu atau sayuran hijau lainnya.

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang tinggi serat dan lemak nabati yang bagus untuk menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah dalam tubuh. Kandungan lemak nabati yang ada di dalam alpukat bisa membuat kenyang sehingga kamu tidak mudah lapar di siang hari. kamu bisa menikmati alpukat dengan berbagai penyajian seperti dibuat jus, salad dan dicampurkan ke dalam sayuran.

Itulah makanan sahur yang enak dan bikin kenyang. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, protein, vitamin, karbohidrat dan nutrisi lainnya guna menjaga tubuh agar tetap bertenaga saat puasa. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel