10 Cara Agar Tidak Emosi Saat Menghadapi Masalah

Setiap orang tentu pernah merasakan marah atau emosi, apalagi saat menghadapi persoalan hidup yang tak ada habisnya. Namun, jika kamu tidak tahu cara mengendalikan emosi maka kerugian yang akan kamu dapatkan dan bahkan orang lain. Emosi yang sulit dikendalikan dapat mempengaruhi tindakan kamu selanjutnya, dimana kamu harus tahu cara agar tidak emosi supaya tidak membuat keadaan menjadi kacau atau rumit.

Ketika kamu merasakan senang maka segala aktivitas yang dikerjakan terasa ringan dan menyenangkan. Sementara jika kamu sedang emosi dan sedih maka yang ada hari-harimu kian buruk dan kurang bersemangat dalam beraktivitas. Memilih untuk tetap marah sesungguhnya akan merugikan dirimu sendiri, terutama kesehatan dan hubungan kamu dengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mengendalikan emosi atau kemarahan.

10 Cara Agar Tidak Emosi Saat Menghadapi Masalah

Cara Agar Tidak Emosi Saat Menghadapi Masalah

Hal yang wajar bagi setiap orang untuk marah ketika mendengar kabar atau perkataan yang kurang mengenakkan. Rasa marah seringkali datang tanpa diminta dan di waktu yang tidak diduga, jika hal ini terjadi pada hidup kamu maka yang perlu dilakukan adalah tetap tenang sembari menyingkirkan pikiran-pikiran yang membuatmu marah. Berikut beberapa cara agar tidak emosi yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Cobalah Untuk Berfikir Positif

Saat manusia sedang emosi maka otak akan cenderung mencari solusi untuk mengatasi masalah yang sedang dialami. Cobalah berusaha untuk berhenti memikirkannya supaya tidak menimbulkan reaksi buruk yang justru membuat masalah semakin rumit. Memang bukan hal yang mudah untuk tidak memikirkannya, namun dengan berusaha untuk melupakannya dapat membuat dirimu lebih tenang dan nyaman.

2. Cobalah Untuk Mendengarkan Musik

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengendalikan emosi adalah dengan mendengarkan musik. Carilah musik atau irama lagu yang menurut kamu bisa meredakan emosi, bila perlu gunakan earphone atau cari lokasi yang sunyi supaya jiwa dari musik tersebut dapat meresap ke dalam hati dan membawa pergi emosi kamu.

3. Diam Dan Jaga Ucapan

Diam dan jaga ucapan merupakan cara efektif untuk menahan emosi. Memang sulit bagi sebagian orang untuk diam saat emosi, tetapi dengan menjaga ucapan pada lawan bicara kamu akan membuat suasana menjadi terkontrol dan amarah dapat terkendali. Ketika suasana sudah lebih tenang, ajaklah dia berbicara untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

4. Melakukan Olah Pernapasan

Ketika seseorang sedang marah, maka pernapasannya cenderung lebih pendek dan cepat. Cobalah untuk tarik napas yang dalam dan lambat dari hidung, lalu keluarkan dari mulut. Lakukan cara ini sampai beberapa kali, sampai emosi kamu menurun. Dengan begitu, pikiran dan hati kamu akan terasa lebih rileks dan tenang.

5. Coba Untuk Berlapang Dada

Dengan berlapang dada dapat membuat manusia lebih mudah dalam mengontrol emosinya. Setiap orang memiliki persoalan hidup atau masalah dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda, tetapi kamu harus bisa bangkit dan semangat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tunjukan kepada mereka bahwa kamu kuat dan pastikan bahwa dengan melewati masalah ini akan ada hal yang bisa mengubah hidup kamu ke depannya menjadi manusia yang lebih baik.

6. Coba Untuk Tetap Tenang

Berikan waktu untuk dirimu menenangkan diri, carilah tempat atau lokasi yang bisa membuatmu lebih tenang. Dengan begitu, kamu dapat memikirkan segala sesuatunya dengan lebih baik sehingga mempermudah menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu juga dapat menarik napas sejenak sampai emosimu menurun.

7. Berikan Dengan Senyuman

Mungkin sedikit terlihat aneh saat emosi sudah menguasai kamu, tetapi dirimu harus tetap tersenyum. Meskipun tersenyum saat marah terlihat janggal, namun tahukah kamu kalau dengan tersenyum maka otak akan merespon dan menyesuaikan emosi. Cara ini bisa kamu terapkan saat mengendalikan emosi pada anak supaya tidak mengarah pada tindakan yang berlebih.

8. Cobalah Untuk Berolahraga

Selain dapat membuat tubuh kamu sehat dan bugar, ternyata berolahraga juga dapat mengendalikan emosi kamu. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol emosi adalah berjalan kaki, bersepeda, berlari dan sebagainya. Hal ini bisa membuat saraf yang tadinya tegang menjadi lentur.

9. Melakukan Introspeksi Diri

Tidak selamanya permasalahan yang kamu alami disebabkan oleh orang lain, bisa saja ada perilaku atau ucapan kamu yang menyinggung perasaan orang lain yang justru membuat kalian menjadi emosi. Cobalah untuk mengintrospeksi diri, jangan malu untuk mengakui kesalahan jika memang kamu menyadari kesalahan tersebut terjadi karena perbuatanmu.

10. Cobalah Untuk Melakukan Konseling

Sebagian orang terkadang memerlukan perspektif orang lain sebelum mengambil keputusan atau sebuah tindakan. Dalam hal ini kamu bisa melakukan konseling dengan psikolog atau psikiater supaya emosi yang berlebih dapat terkendali.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Emosi Dalam Islam

Itulah beberapa cara agar tidak emosi saat menghadapi masalah yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang, kamu dapat belajar untuk mengendalikan emosi dengan menerapkan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel