10 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Islam

Orang tua adalah manusia yang paling berjasa dalam hidup anak. Dimana dari kecil hingga dewasa, anak selalu mendapatkan kasih sayang dan perhatian penuh dari orang tua. Semua itu merupakan kewajiban bagi orang tua kepada anak, tetapi tidak hanya orang tua yang memiliki kewajiban terhadap anak, sebaliknya anak juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan ke orang tuanya yang telah membesarkan dan mendidiknya sampai dewasa.

Dalam islam, seorang anak diwajibkan untuk memuliakan kedua orang tua, karena surga anak ada pada kedua orang tuanya. Dimana mereka telah merawat, mendidik, menjaga dan bahkan mendoakan kita supaya menjadi anak yang sukses dan tahu balas budi. Untuk itu pentingnya bagi anak untuk memenuhi kewajiban terhadap orang tuanya.

10 Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Islam

Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Dalam Islam

Salah satu bentuk kewajiban anak terhadap orang tua adalah segera datang jika dipanggil orang tua. Terkadang kesibukan yang dikerjakan anak membuat lupa untuk mengikuti perintah orang tuanya, apabila orang tua memanggil maka tundalah apa yang sedang kamu kerjakan dan beranjaklah ke arah mereka dan tanyakan apa keperluannya. Setidaknya ada 10 kewajiban anak kepada orang tua dalam islam, Apa saja itu? Berikut ulasannya dibawah ini.

1. Taat Kepada Kedua Orang Tua

Kewajiban anak kepada orang tua yang pertama adalah taat kepada orang tua. Perjalanan hidup orang tua pastinya melewati berbagai macam kesedihan dan kebahagiaan, dimana mereka memiliki pengalaman hidup yang memperkaya kearifan serta kebijakan mereka. Dalam hal ini anak wajib menaati orang tua dalam hal kebaikan dan bukan dalam keburukan. Seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW, yakni : "Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah SWT, sesungguhnya ketaatan itu hanya ada di dalam melakukan kebaikan."

2. Merawat Kedua Orang Tua

Merawat kedua orang tua yang sudah lansia termasuk salah satu kewajiban anak yang harus dikerjakan. ketika ayah dan ibu kamu beranjak tua maka sistem kekebalan tubuhnya akan menurun, sehingga mudah terserang penyakit. Disinilah anak memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaga orang tuanya.

Terdapat hadits riwayat Muslim yang menerangkan keutamaan merawat kedua orang tua, yakni: "Sungguh merugi, sungguh rugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orang tuannya sudah renta ataupun salah satu diantara keduanya namun tidak dapat membuatnya masuk ke dalam surga."

3. Menghormati Orang Tua

Menghormati kedua orang tua merupakan hal yang wajib dilakukan anak. Bentuk menghormati orang tua seperti tidak berkata sembarangan, menjaga perasaan orang tua, bersikap sopan dan sebagainya. Manusia yang sudah tua biasanya mudah tersinggung dan cenderung memendam perasaan ketika mendengarkan perkataan yang kurang mengenakan, jadi jagalah ucapan dan sikap saat bersama orang tua kamu.

4. Menjaga Nama Baik Orang Tua

Cara anak untuk menjaga nama baik orang tuanya dapat diperoleh apabila anak tidak menceritakan keburukan keluarganya kepada orang lain, tahu cara menghindari perilaku tercela dan berperilaku sesuai dengan ajaran agama baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Dengan melakukan hal tersebut maka kamu sudah melaksanakan kewajiban terhadap orang tua.

5. Mendoakan Kedua Orang Tua

Sebagaimana orang tua selalu mendoakan anak-anakanya maka anak pun wajib mendoakan untuk orang tuanya setiap saat supaya sehat, diberikan rezeki yang berkah, dilimpahkan kebaikan dan dilindungi Allah SWT. kewajiban mendoakan orang tua telah dijelaskan dalam QS Al-Isra ayat 24 yakni: "Wahai Tuhanku kasihanlah orang tuaku keduanya sebagaimana mereka mengasihaniku di waktu kecil."

6. Menjaga Amanah Orang Tua

Ketika orang tua mengamanahkan suatu hal kepada anaknya maka Ia sedang menjalankan kepercayaan dari orang tuanya dan harus bisa mengemban amanah tersebut dengan baik. Menjaga amanah orang tua termasuk salah satu kewajiban anak yang wajib dilaksanakan. Contoh bentuk amanahnya yakni menjaga adik, menjaga barang pemberian orang tua, menjaga tali silaturrahmi dengan saudara dan lain sebagainya.

7. Berbicara Sopan Pada Orang Tua

Adab berbicara kepada orang tua yang baik adalah menggunakan kata-kata yang sopan, mudah dipahami dan menggunakan intonasi nada yang rendah. Kamu juga bisa menyelipkan kalimat mutiara atau pujian supaya ayah dan ibu kamu merasa senang. Sesekali ajak mereka bergurau supaya bahagia dan nyaman ketika mengobrol bersamamu.

8. Menafkahi Orang Tua

Menafkahi orang tua merupakan salah satu kewajiban bagi anak apabila secara ekonomi sudah mampu. Meskipun orang tua masih terbilang mampu secara ekonomi, namun itu tidak menjadi penghalang bagi anak jika ingin memberikan sebagian penghasilannya untuk orang tuanya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah yaitu: “Kamu dan hartamu milik ayahmu.”

9. Meminta Izin Kepada Orang Tua

Meminta izin kepada orang tua ketika melakukan sesuatu merupakan hal penting dalam islam, karena dengan melalui izin yang diberikan maka orang tua telah memberikan ridho dan doanya kepada anak untuk melakukan hal tersebut. Hal ini yang membuat setiap yang dilakukan anak akan terasa lebih ringan dan berkah untuk dirinya.

10. Menjauhkan Hal Yang Tidak Disenangi Orang Tua

Sebagai anak dan orang yang dekat dengan orang tua pastinya mengetahui hal apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh mereka. Untuk menjaga perasaan kedua orang tua maka janganlah kamu lakukan segala sesuatu yang mereka tidak suka. Sebaiknya lakukan hal-hal yang membuat mereka bahagia, seperti bergurau, menceritakan masa kecil kamu dan bila perlu bawa orang tuamu ke tempat-tempat yang mereka sukai.

Baca Juga :


Itulah kewajiban anak kepada orang tua menurut islam yang harus dipenuhi. Semoga dengan memenuhi kewajiban terhadap orang tua akan membawa kita masuk ke dalam surga, Amin.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel