8 Kewajiban Orang Tua Kepada Anak Dalam Islam

Anak merupakan karunia Allah SWT yang diamanahkan kepada setiap orang tua. Semua orang pastinya ingin memiliki keturunan yang pandai, berbakti kepada orang tua, baik akhlaknya dan agamanya. Sebab itu, orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik anaknya dari kecil sampai dewasa dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab.

Sebagaimana yang telah diterangkan dalam Quran Surah At Tahrim ayat 6 yakni: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan baru. Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah Ta'ala terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan".

Dalam keluarga tidak hanya anak saja yang harus memenuhi kewajiban terhadap kedua orang tuanya, melainkan orang tua pun harus melaksanakan kewajiban terhadap anak-anaknya. Hadits riwayat Bukhari menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu akan ditanya mengenai kepemimpinanmu. Orang laki-laki (suami) adalah pemimpin dalam keluarganya dan kelak akan ditanya mengenai kepemimmpinanya. Isteri adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya dan kelak akan ditanya mengenai kepemimpinannya."

8 Kewajiban Orang Tua Kepada Anak Dalam Islam

Kewajiban Orang Tua Kepada Anak

Kita tahu, keberhasilan seorang anak memiliki pengaruh yang besar terhadap bagaimana orang tua mendidik anaknya dengan baik, begitu pula pada akhlak dan agamanya. Setidaknya ada delapan kewajiban orang tua terhadap anaknya menurut islam. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Memberikan Nama Yang Baik Untuk Anak

Kewajiban orang tua terhadap anak yang pertama adalah memberikannya nama yang baik. Nama merupakan identitas bagi setiap orang. Dengan adanya nama orang lain akan mudah membedakan orang yang satu dengan yang lain, orang akan dengan mudah mengenali kita dan pada hari kiamat nanti kamu akan dipanggil dengan nama tersebut.

Sebab itu, sebagai orang tua diwajibkan memberi anaknya nama yang baik dan memiliki arti yang baik pula. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, yakni: “Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kamu sekalian. Maka perbaguslah nama kalian.” (HR. Abu Dawud)

2. Memberikan Air Susu Ibu (ASI) Untuk Anak

Kewajiban orang tua ke anak berikutnya adalah memberikannya air susu ibu. Sudah tidak diragukan lagi bahwa ASI di masa dua tahun pertama memberikan manfaat yang besar terhadap kesehatan dan pertumbuhan anak secara alami. Sebab itu, ibu wajib menyusui anaknya agar proses pertumbuhan pada anak dapat berjalan dengan baik, selain itu ASI juga dapat menolak segala sesuatu yang rentan membahayakan anak. Kewajiban orang tua memberikan ASI sudah dijelaskan dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 233.

3. Mendidik Anak Dengan Baik Dan Penuh Kasih Sayang

Kewajiban orang tua yang ketiga adalah mendidik anak dengan baik dan penuh kasih sayang. Pendidikan merupakan yang paling penting dan utama yang harus diberikan pada anak. Perhatian terhadap pendidikan dan pengajaran pada anak akan membuatnya menjadi orang yang berguna serta memiliki kemampuan dan dedikasi hidup yang mampu dikembangkan di lingkungan masyarakat.

Anak memang diwajibkan mendapatkan pendidikan yang baik sama seperti anak-anak lainnya, termasuk pendidikan tentang agama dan pendidikan karakter sesuai dengan tuntunan agama islam.

4. Mengajarkan Kepada Anak Tentang Al Quran

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk mempelajari Al Quran sebagai pedoman hidup. Begitu juga mengajarkan kepada anak mengenai Al Quran termasuk salah satu kewajiban orang tua yang harus dilakukan. Al Quran akan memberika pandangan pada anak mengenai kewajiban sebagai umat muslim, memberikan pengetahuan tentang hal yang diperbolehkan dan tidak dibolehkan, pembentukan karakter yang baik pada anak dan sebagainnya.

Rasulullah SAW menganjurkan bagi setiap orang tua untuk mengajarkan tiga hal kepada anak-anaknya, yaitu mencintai nabi kalian, mencintai keluarga dan membaca Al Quran.

5. Bersikap Adil Kepada Anak-Anaknya

Memberikan keadilan terhadap anak merupakan hal penting dan harus dilakukan orang tua. Adil kepada anak harus sesuai dengan tempatnya, misalnya dalam memberikan uang kebutuhan sekolah untuk anak yang kuliah berbeda dengan kebutuhan anak yang masih SMP. Jangan sampai orang tua pilih kasih dan membeda-bedakan anak, karena itu bisa menimbulkan kecemburuan sosial pada anak.

6. Memberikan Nafkah Yang Baik Dan Halal

Kewajiban orang tua berikutnya yang wajib dipenuhi orang tua terhadap anak adalah memberikan anak nafkah yang baik dan halal. Sebagai ayah sudah seharunya mencari nafkah sesuai ajaran islam agar kerja kerasnya menjadi lebih berkah dan baik untuk keluarga. Dan ternyata memberikan nafkah yang halal bagi keluarga akan mempermudah dikabulkannya doa kita. Rasulullah bersabda: “Baguskanlah makananmu, niscaya doamu akan dikabulkan.”

7. Menikahkan Anak Dengan Pasangan Yang Baik

Jika anak sudah masuk usia siap nikah, maka sebagai orang tua wajib menikahkannya dengan pasangan yang baik. Jika muncul kekhawatiran tidak mendapat rezeki dan menanggung beban berat keluarga, sesungguhnya Allah telah berjanji akan memenuhi kebutuhannya seiring dengan usaha dan kerja keras yang dilakukannya.

Baca Juga : Kewajiban Anak Kepada Orang Tua Menurut Islam

Sebagaimana yang diterangkan dalam QS An-Nur ayat 32, yakni: "Nikahkanlah anak-anakmu (yang belum menikah) dan orang-orang yang sudah waktunya menikah dari hamba-hambamu yang laki-laki maupun perempuan. Jika mereka itu orang-orang yang tidak mampu, maka Allah akan memberikan kekayaan pada mereka dari anugerah-Nya."

8. Menjadi Orang Tua Yang Baik Untuk Anak

Orang tua merupakan panutan bagi anak di dalam lingkungan keluarga. Setiap yang dilakukan orang tua akan selalu diperhatikan dan dicontoh oleh anak-anaknya, sehingga orang tua harus memiliki karakter yang baik agar semua anaknya bisa tumbuh dengan akhlak yang baik pula.

Itulah kewajiban orang tua kepada anak dalam islam. Semoga kita semua menjadi orang tua amanah yang bisa melaksanakan kewajiban terhadap anak. Wallahu a'lam bishawab.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel