5 Cara Menghindari Ingkar Janji Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Terkadang untuk meyakinkan suatu hal kepada orang lain, kita seringkali membuat janji sebagai bentuk kepastian. Namun perlu diperhatikan bahwa membuat janji memang hal mudah, tapi yang sulit adalah mengingat dan menempatinya. Banyak orang yang dengan mudahnya membuat janji, namun kenyataannya lalai atau ingkar janji. Tentu saja hal ini akan menciptakan kesan buruk terhadap orang-orang yang bersikap demikian.

Orang lain akan merasa risih dan kesal ketika berteman atau menjalin bisnis pada orang yang selalu ingkar janji. Tingkat kepercayaan orang lain terhadap dirinya akan semakin berkurang. Nah, melihat akibat yang ditimbulkan begitu besar dalam kehidupan sehari-hari maka sudah seharusnya kita menghindari sifat ingkar janji.

Dalam islam, ingkar janji merupakan salah satu sifat yang dibenci Allah SWT. Dimana sikap ingkar janji akan membawa kerugian bagi kehidupan pelakunya maupun orang lain. Untuk itu, Jangan biarkan dirimu dengan mudahnya membuat janji kepada orang lain, sedangkan kamu belum tentu bisa menepatinya.

5 Cara Menghindari Ingkar Janji Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara Menghindari Ingkar Janji Pada Orang Lain

Hal baik apa yang bisa dilakukan agar tidak ingkar janji? Kamu tidak perlu bingung, setidaknya ada lima cara menghindari ingkar janji pada orang lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Kamu Harus Berani Untuk Menolak

Apakah kamu termasuk orang yang sulit bilang 'tidak' ketika membuat janji pada orang lain? Sebagian orang mengucapkan kata "tidak" bukan perkara mudah. Tapi ini sangat penting untuk kenyamanan kamu, dimana ada orang lain yang memintamu untuk berjanji mengenai suatu hal, namun kamu merasa kurang yakin dan tidak nyaman dengan hal itu maka mulai sekarang belajarlah untuk berkata 'tidak'.

Cobalah untuk menjelaskan kepada mereka alasan kamu menolaknya. Sebab, daripada ingkar janji maka sebaiknya tidak perlu memaksakan dirimu untuk membuat janji.

2. Mencatat Janji Yang Telah Dibuat

Jika kamu orang yang sering lupa, sebaiknya selalu mencatat semua janji yang dibuat ke dalam buku khusus atau bisa juga catat di memo smartphone kamu. Pasalnya, ketika seseorang telah berjanji pada orang lain maka usahakan untuk tidak melupakan atau melalaikannya. Dengan begitu, ketika ada orang yang datang menagih janji tersebut, kamu tidak bingung sendiri.


3. Beritahu Lebih Awal Ketika Ada Halangan

Setiap manusia tidak ada yang mengetahui kondisi hidupnya di masa depan. Untuk itu, tidak menuntut kemungkinan kamu tidak bisa atau harus menunda janji tersebut. Untuk menghindari ketidaknyamanan orang lain atas janji yang dibuat, maka cobalah untuk musyawarah atau berkomunikasi lebih awal pada mereka. Ungkapkan alasan kamu mengapa belum dapat menepati janji tersebut. Bila perlu, cobalah menawarkan alternatif lain untuk mengganti janji yang belum kamu penuhi tersebut.

4. Buatlah Janji Yang Lebih Jelas Dan Spesifik

Kebanyakan orang yang sedang emosi atau marah mudah sekali menjanjikan sesuatu kepada orang lain, dimana hal ini sulit untuk diketahui apakah janji tersebut untuk dirinya sendiri atau orang lain. Sehingga janji yang terucap biasanya sedikit berlebihan tanpa mempertimbangkan apakah mereka bisa menepatinya atau tidak.

Untuk mengatasinya masalah ini adalah dengan memperjelas janji yang akan kamu buat dengan lebih spesifik. Dengan begitu, kesalahpahaman antara kedua pihak dapat diminimalisir ketika kamu tidak mampu untuk memenuhinya.

5. Buatlah Janji Yang Sekiranya Mampu Untuk Ditepati

Terkadang orang membuat janji pada orang lain bukan karena mereka benar-benar ingin, tetapi karena alasan yang membuatnya terpaksa untuk membuat janji tersebut. Jika itu benar, maka tidak heran kalau janji tersebut malah menjadi beban bagi hidupnya dan bahkan sulit untuk ditepati.

Baca Juga :


Itu sebabnya, sebelum kamu membuat janji pada orang lain maka pastikan dulu kalau janji yang nantinya dibuat atas dasar keinginan kamu sendiri. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengetahui kemampuan yang ada dalam dirimu sebagai pertimbangan di masa depan dalam menempati janji tersebut.

Apabila kamu lalai dari janji tersebut, sebaiknya segera mungkin kamu meminta maaf dan berkata jujur kepadanya bahwa kamu lupa untuk menepati janji. Ungkapkan alasan yang menyebabkan kamu lalai dari janji tersebut secara jujur dan jelas, hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman diantara kedua pihak. Kemudian berikan pernyataan yang meyakinkan bahwa kamu tidak akan mengulanginya.

Itulah cara untuk menghindari ingkar janji pada orang lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlepas dari kecil atau besarnya janji yang telah kamu buat, sangat penting untuk tetap menepatinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dalam menambah wawasan kita semua, Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel