6 Cara Agar Terhindar Dari Sifat Sombong dan Angkuh

Orang yang bersikap sombong dan angkuh cenderung menunjukan kehebatan dan membanggakan diri sendiri dihadapan orang lain. Mereka memamerkan apa yang dimiliki supaya mendapat pujian dan merasa nasib mereka lebih baik dari orang lain.

Kedua sifat ini merupakan salah satu sifat tercela yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Sombong juga akan membuat seseorang tak hanya dibenci oleh Sang Pencipta, tetapi juga oleh orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya. Orang yang sombong atau tinggi hati dipastikan tidak akan masuk ke dalam surga, hal ini sudah dijelaskan dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yakni:

“Tidak di masukan ke dalam surga orang yang hatinya ada kesombongan, meskipun itu sebesar biji zarrah”. (HR. Muslim)


6 Cara Agar Terhindar Dari Sifat Sombong dan Angkuh

Untuk itu, kita seharusnya menghindari dan menghilangkan sifat sombong. Untuk menghindari sifat tersebut, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan supaya terhindar dari sifat sombong dan angkuh. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Terapkan Pola Hidup Sederhana

Kebiasaan hidup yang glamour dan selalu menggunakan barang-barang branded memiliki potensi untuk bersikap sombong. Dengan menerapkan hidup sederhana, Anda akan bersikap layaknya orang biasa. Meskipun Anda terlahir dari keluarga kaya dan berkecukupan, Anda tidak perlu malu atau minder menggunakan pakaian sederhana yang terpenting sopan dan rapi.

Banyak di luar sana orang kaya yang menerapkan hidup sederhana, hal ini justru akan membuat orang lain merasa lebih leluasa untuk bergaul dengan Anda. Hidup sederhana juga akan membawa pikiran dan hati Anda bahwa kesederhanaan juga dapat membawa kebahagiaan.

2. Berteman Dengan Orang-Orang Baik

Bergaul atau berteman dengan siapa saja adalah hak semua orang. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang yang Anda kenal dapat memberikan hal positif untuk hidup Anda. Untuk itu, carilah orang-orang yang menurut Anda baik dan bisa membuat kehidupanmu ke arah hal-hal positif.

Secara tidak langsung memiliki teman yang baik akan selalu mengingatkan Anda agar tidak terjerumus ke jalan yang salah, mereka justru akan memberikan nasehat atau saran saat Anda melakukan kesalahan.

3. Selalu Bersyukur Kepada Allah

Dengan bersyukur kita akan terhindar dari penyakit sombong. Bersyukur akan membuat hati lebih tenang dan menerima dengan lapang dada atas semua nikmat jasmani dan rohani yang Allah SWT berikan kepada kita. Di saat posisi hidup kita lebih baik dari orang lain, maka hal itu wajib disyukuri. Karena pada dasarnya alur hidup manusia berbeda-beda.

Jika Anda memiliki kelebihan berupa keahlian yang jarang dimiliki orang lain, maka kelebihan itu wajib disyukuri dan sekaligus bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan atau menolong orang lain. Dengan begitu, hati dan pikiran Anda tidak memiliki ruang untuk menyombongkan diri.

4. Perbanyak Bersedekah

Selain bisa membuka pintu rezeki dan memperpanjang usia, sedekah juga bisa menghindarkan kita dari sifat sombong. Membiasakan diri untuk terus berbagi akan membuat Anda lebih memahami arti sebuah persaudaraan dan rasa tolong-menolong. Anda bisa bersedekah berupa tenaga atau barang, yang terpenting Anda ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan pujian.

Baca Juga :

Berapa pun nominal uang yang kamu sedekahkan, itu bukan hal yang perlu kamu pikirkan karena Allah Ta’ala hanya melihat seberapa besar ketulusan hatimu untuk berbagi. Sedekah juga tidak perlu menunggu Anda kaya atau miskin dulu.

Ada orang tua mengatakan bahwa “Di setiap rezeki yang Allah berikan kepada kita, ada sebagian rezeki orang yang dititipkan kepada kita” jadi banggalah saat Allah menitipkan rezeki lebih kepada kita.

5. Doa Agar Terhindar Dari Sifat Sombong

Salah satu doa agar kita selalu memiliki sifat rendah hati dan tidak sombong, pernah disampaikan Muhammad Nashiruddin Al-Albani dalam kitabnya yang berjudul “Irwa’ul Ghalil”. Doa ini dilafalkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan disampaikan dalam hadits:

“Ya Allah hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati serta matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati. Dan kumpulkan aku (di hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati”. (HR. Tirmidzi)

6. Selalu Mengingat Kematian

Setiap yang berjiwa akan merasakan kematian dan bila sudah tiba waktunya tidak ada satu pun yang bisa lari dari ketentuan tersebut. Sehebat apa pun manusia, pasti tidak bisa lari dari kematian. Jadi untuk terhindar dari sifat sombong, maka ingatlah kematian yang nantinya akan mengakhiri kehidupan kita.

Semua kedudukan manusia setelah meninggal akan dikafani dan dimakamkan seperti pada umumnya, sehingga tidak sepantasnya manusia memiliki sifat sombong.

Itulah cara agar terhindar dari sifat sombong dan angkuh yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk Anda. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel