8 Cara Jitu Menghadapi Orang Sombong dan Hobi Pamer

Setiap manusia memiliki karakter atau sifat yang berbeda-beda. Biasanya karakter manusia dipengaruhi dengan bagaimana dia bergaul dan dengan siapa dia bergaul. Jika manusia salah menentukan teman dan tempat untuk bergaul maka bisa saja dia akan terpengaruh ke hal-hal yang kurang baik.

Dalam bersosialisasi, kita tidak memperdulikan tua ataupun muda. Dan dalam berbagai masa pertemanan,  pastinya kita pernah bertemu dengan orang yang sombong dan hobi pamer. Menghadapi orang sombong memang bukanlah perkara yang mudah, karena kita akan di uji dalam hal kesabaran dan kepercayaan diri.

8 Cara Jitu Menghadapi Orang Sombong dan Hobi Pamer

Daripada kamu jengkel dan membuat mereka merasa  “win” karena kesombongannya, sebaiknya kamu mempraktikkan cara jitu menghadapi orang sombong dan suka pamer di bawah ini.

1. Jangan Mudah Tersinggung

Bertemu orang sombong memang hal yang menyebalkan, karena tingkat kesabaran kita akan diuji. Lebih baik kamu menghiraukan apa yang mereka pamerkan dan bicarakan. Jangan sampai kamu terpancing emosi dan harus tetap sabar.

Jika kamu sudah tidak mampu membendung emosi. Sebaiknya tinggalkan mereka, karena itu salah satu cara yang lebih baik agar dirimu lebih tenang. Apabila kamu terpancing maka mereka akan merasa menang dan besar kepala.

2. Selalu Percaya Diri

Tingkat kepercayaan diri orang yang sombong memang tinggi. Mereka akan menceritakan banyak hal yang mereka miliki, sehingga kamu merasa terkucilkan dan terintimidasi. Pada akhirnya tingkat percaya diri kamu akan turun dan bingung mau bersikap apa.

Untuk itu, kamu harus bisa menjaga rasa percaya diri saat mereka mulai menyombongkan diri, jangan sampai percaya diri kamu turun atau hilang. Tanamkan pikiran positif pada diri kamu, salah satunya berusaha untuk menjadi manusia yang rendah hati.

3. Sindir Dia Secara Halus

Ketika menghadapi orang yang bersikap sombong, kamu cukup melontarkan kata-kata sindiran secara halus namun memiliki makna yang mendalam dan mengenai hatinya. Tujuannya agar mereka bisa mengintropeksi diri untuk tidak selalu melakukan hal tersebut kepada semua orang.

Kalimat sindiran tersebut bisa mewakili perasaan kamu yang sebenarnya. Namun tetap lakukan dengan cara yang santai dan halus. Kamu tidak perlu terbawa emosi, tunjukan kepada mereka bahwa kamu orang yang tenang dan penuh percaya diri.

4. Dekati Dia Dengan Kesederhanaan

Perlakukan mereka dengan cara yang berbeda, yaitu dengan memberikannya hadiah sederhana dan tidak begitu mahal ataupun dapat mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang sederhana. Dengan begitu, kamu bisa membuktikan kepada mereka bahwa sesuatu yang sederhana tidak selamanya buruk.

Selain itu, memperlakukan secara lembut juga berpotensi untuk mengubah diri mereka menjadi lebih baik. Bisa saja dengan hati yang tulus dapat membuka mata dan pikirannya, sehingga perlahan-lahan mengikis sifat sombong tersebut.

5. Perlakukan Dia Secara Baik dan Sopan

Seperti yang kita ketahui bahwa perlakukan yang buruk jika dibalas dengan perlakuan yang buruk pula akan menjadi masalah yang tidak akan bisa terselesaikan dan bahkan bisa merusak hubungan tali silatuhrami dia antara mereka.

Baca Juga :

Bila mereka bersikap sombong di hadapan kamu, maka cukup perlakukan mereka dengan baik dan sopan. Dengan begitu mereka akan menganggap kamu adalah orang yang tenang dan tidak mudah emosi. Ajak mereka untuk mengobrol sambil menjelaskan kepada mereka bahaya dari sifat sombong tersebut, siapa tahu sikap mereka bisa berubah menjadi lebih rendah hati.

6. Menganggap Santai Sikap Sombong Mereka

Orang sombong selalu ingin unjuk gigi tentang apa yang mereka miliki agar mendapatkan pujian dari orang lain. Kamu tidak perlu ambil pusing saat berhadapan dengan mereka, bersikap santai dan abaikan sikap sombong yang dilakukannya.

Dengan diam dan mengabaikannya akan membuat mereka merasa jengkel serta bingung untuk mencari cara lain supaya kita terbawa arus kesombongannya. Bersikap santai akan membuat kita terhindar dari toxic People yang dapat mengganggu jasmani dan rohani kita.

7. Selalu Tersenyum Ketika Bertemu Mereka

Orang yang sombong pastinya selalu merasa paling sempurna dan memiliki posisi hidup yang lebih baik daripada orang lain. Tujuan mereka melakukan hal tersebut adalah supaya membuat orang lain merasa buruk karena nasib hidupnya tidak seperti mereka.

Tindakan mereka memang bisa membuat kita jengkel dan kesal, tetapi kamu bisa mencegahnya dengan selalu tersenyum. Dijamin mereka akan berhenti bersikap sombong, karena orang yang mereka perlakukan kurang baik malah justru memberikan senyuman.

8. Tempatkan Dia di Posisi Yang Tidak Biasa

Cara yang terakhir ini memang sedikit sulit untuk dilakukan, namun buka berarti kamu tidak bisa. Membawa ke tempat yang tidak biasa akan membuat mereka lebih merasakan kondisi yang lebih mendalam, kamu bisa melibatkan mereka dalam kegiatan sosial yang dapat membuat mereka bahagia meskipun dalam situasi yang terbatas.

Dengan sering mengajak mereka pada hal-hal yang positif, mungkin bisa mengubah dan menyadarkan mereka bahwa apa yang mereka miliki tidak selamanya menjamin kebahagiaan yang sebenarnya.

Itulah 8 cara jitu menghadapi orang yang sombong dan hobi pamer yang bisa kamu terapkan. Semoga dengan melakukan cara di atas, mereka yang bersikap sombong bisa sadar dan merubah sikapnya menjadi lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel