10 Cara Pintar Menghilangkan Sifat Sombong dan Ujub

Sombong dan ujub adalah sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT dan juga manusia. Orang yang bersikap sombong akan selalu dipandang jelek oleh orang lain, karena pada dasarnya sombong lebih mengarah pada hal membanggakan diri sendiri dan cenderung merendahkan orang lain.

Manusia memang tidak selayaknya untuk sombong, karena pada hakikatnya manusia tidak ada apa-apanya di hadapan Allah SWT. Semua nikmat yang ada pada manusia merupakan pemberian dari Sang Pencipta , jika Allah mengambil salah satu nikmat darinya  maka kehidupannya akan terasa tidak normal atau kesulitan.

10 Cara Pintar Menghilangkan Sifat Sombong dan Ujub

Apa pun kondisi manusia baik itu kaya maupun miskin, tidak memiliki tempat sedikit pun untuk bersikap sombong. Namun realitanya, masih ada orang yang sombong karena kedudukan jabatan, kehebatan dan kepandaian yang dimilikinya. Sifat sombong dan ujub akan membawa manusia pada gaya hidup yang kurang baik, sebab itu kita wajib untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan sifat sombong sangat mudah, coba terapkan cara di bawah ini.

1. Kenali Sifat Sombong Yang Anda Miliki

Sebelum menghilangkan sifat sombong, langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah kenali dulu kesombongan apa yang selalu Anda lontarkan kepada orang lain.  Apakah Anda menjadi sombong karena uang, kedudukan dan ilmu? karena itu semua bisa berpotensi seseorang menjadi sombong.

Selanjutnya pahami juga tipe sombong yang sering Anda lakukan. Apakah Anda menunjukan sifat sombong dalam bentuk sikap, ucapan atau hanya sebatas dipikiran saja? Dengan memahami semua itu Anda akan mengetahui langkah berikutnya untuk menghilangkan sifat sombong dalam diri Anda.

2. Pahami Kekurangan Diri Anda

Penyebab manusia bersikap sombong adalah adanya kelebihan yang ada di dalam dirinya yang jarang dimiliki oleh orang lain, baik itu karena kekayaan, jabatan, kepandaian dan sebagainya. Meskipun begitu, manusia pada hakikatnya tidak ada yang sempurna. Allah SWT menciptakan manusia pasti menyelipkan kelebihan dan kekurangan dalam diri manusia tersebut..

Dengan memahami kekurangan pada diri Anda, maka Anda akan bisa mengontrol diri untuk tidak bersikap sombong. Seperti yang orang tua bilang “ Di Atas Langit Masih Ada Langit”, maksudnya Anda tidak boleh selalu membangga-banggakan diri sendiri karena di atas Anda masih banyak yang lebih baik dari Anda.

3. Sejajarkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Selalu membanggakan diri sendiri memang bisa berpontensi menjadi orang sombong. Sebab itu, untuk menghilangkan dan mencegahnya posisikan dirimu  untuk selalu sejajar dengan orang lain. Sadari bawah tidak ada perbedaan antara Anda dengan orang lain, hal yang menjadi pembedanya adalah amal dan ibadahnya saja.

Meskipun Anda seorang tokoh penting di masyarakat, jangan posisikan dirimu terlalu jauh dengan orang lain. Seorang tokoh penting di masyarakat dan memiliki sifat ramah, pastinya akan di senangin oleh banyak orang dan Anda akan lebih dihormati serta dihargai.

4. Berhenti Menilai Orang Dari Tampilannya Saja

Menilai seseorang hanya dengan melihat tampilan saja merupakan hal yang kurang tepat dalam menentukan orang tersebut kaya atau miskin. Banyak orang kaya di luaran sana yang  berpenampilan sederhana dan banyak juga orang yang ekonominya menengah ke bawah tapi selalu berpenampilan necis seperti orang kaya.

Bisa saja orang yang Anda kagumi dan berpenampilan keren serta mewah memiliki sifat yang kurang baik. Bisa juga orang yang sering Anda bilang Miskin dan kumuh, justru memiliki sifat yang baik dan sederhana.

Memandang orang lain tidak harus selalu pada status sosialnya. Anda bisa mengenalnya lebih dalam lagi, mulai dari kehidupannya dan cara mereka bersikap. Dengan begitu, Anda lebih memahami sebuah kekurangan dan kesederhanaan.

5. Jangan Terlalu Membanggakan Kelebihan Anda

Bangga dengan kelebihan yang ada pada diri Anda adalah suatu hal yang wajar, tetapi terlalu sering membanggakan kelebihan bisa memicu sifat sombong. Setiap orang memiliki kelebihan dibidangnya masing-masing, jika Anda memiliki kelebihan di salah satu bidang maka biarlah orang lain yang menilai.


Baca Juga :

Apabila kelebihan tersebut Seringkali Anda nila sendiri, maka yang ada hanya kesombongan yang ditunjukan kepada orang lain. Sebaiknya Anda fokus, bagaimana kelebihan tersebut bisa berguna untuk orang lain? Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sisi positif dari kelebihan tersebut.

6. Belajar Bersyukur

Dengan selalu bersyukur Anda bisa menghilangkan sifat sombong. Bersyukur dengan menerima segala bentuk pemberian dari Allah Ta’ala, baik itu dari segi nikmat kekayaan, kesehatan dan sebagainya. Bersyukur juga akan menutup ruang Anda untuk tidak membeberkan kebaikan dan kelebihan yang dimiliki kepada orang lain.

Selain itu, dengan bersyukur hati Anda akan terasa lunak dan merasa bahwa segala hal yang Anda miliki merupakan titipan dari Allah Ta’ala sehingga tidak layak untuk dibangga-banggakan ataupun disombongkan.

7. Perbanyak Ibadah

Dengan banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah akan menciptakan kondisi hati yang tenang dan terjaga dari sifat tercela. Memperbanyak ibadah akan mempersulit setan untuk mempengaruhi Anda sehingga tidak mudah terbawa arus kesombongan. Minta kepada Allah agar sifat tercela, terutama sifat sombong menghilang dari diri Anda.

8. Berteman Dengan Semua Orang

Berteman dengan siapa saja adalah hak pribadi setiap orang. Carilah teman yang menurut Anda itu baik dan bisa memberikan nilai positif untuk kemajuan hidup Anda, maka bukalah pintu pertemanan seluas-luasnya. Berteman tidak harus pada orang yang memiliki kekayaan, jabatan dan kecerdasan yang sama, justru itu bisa membuat Anda semakin sulit menghilangkan sifat sombong.

Untuk itu, Anda harus bisa bergaul dengan berbagai kalangan dengan karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Semakin banyak orang yang dikenal maka semakin banyak pula Anda belajar mengenai kehidupan dengan keterbatasan atau kekurangan yang berbeda-beda.

9. Buat Komitmen Untuk Berubah

Saat Anda sedang berusaha menghilangkan sifat sombong, maka hal tersebut harus didasari oleh komitmen yang kokoh agar apa yang direncanakan bisa berjalan normal dan tujuannya bisa tercapai.

Komitmen yang kuat akan membawa Anda pada jalan yang selalu konsisten sehingga akan mencapai target yang diinginkan. Selain itu,  Anda juga harus yakin bahwa sifat sombong dapat hilang dari diri Anda.

10. Perbanyak Sedekah

Cara yang terakhir untuk menekan dan menghilangkan sifat sombong adalah dengan perbanyak sedekah atau berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan. Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial untuk melatih hati dan pikiran untuk belajar kesederhanaan. Apa pun itu kelebihan yang Anda miliki baik itu uang atau keahlian harus bisa bermanfaat untuk orang lain.

Hindari keinginan berbagi hanya untuk pamer dan dipandang sebagai orang baik, karena itu bisa membuat sifat sombong menjadi sulit dihilangkan dari diri Anda. Pastikan Niat Anda berbagi semata-mata karena Allah Ta’ala dan tidak mengharapkan pujian dari orang lain.

Itulah 10 cara pintar menghilangkan sifat sombong dan ujub. Dengan menerapkan cara di atas, semoga  bisa membantu Anda untuk menghilangkan sifat sombong dan ujub.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel