8 Cara Mudah Mengatasi Putus Asa Yang Berlebihan

Apakah kamu pernah putus asa? Di saat seseorang dilanda rasa putus asa karena usaha dan kerja kerasnya tidak membawa keberhasilan maka orang tersebut akan mengalami kondisi  mental yang buruk.  Dimana mereka akan cenderung berdiam diri, bingung, selera makan menurun dan beranggapan bahwa dirinya tidak berguna.

Selain itu, orang yang putus asa akan sulit mengontrol kehidupannya, kekurangan kemampuan mengekspresikan diri dan emosi yang dirasakan akan berlangsung lebih lama. Jika hal itu terus dibiarkan maka akan menyebabkan depresi yang berlebihan. Supaya itu tidak terjadi maka salah satu cara yang baik untuk dilakukan adalah meminta bantuan, karena pertolongan yang tepat dapat membantu mereka bangkit dari keterpurukan.

Orang yang mengalami keputusasaan mungkin tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasanya, tapi mereka tidak merasakan adanya kebahagiaan dalam hidup. Sebagian orang yang putus asa akan merasa bahwa masalah yang dialami dirinya sulit untuk diceritakan kepada orang lain dan beranggapan tidak ada yang bisa membantunya.

8 Cara Mudah Mengatasi Putus Asa Yang Berlebihan

Cara Ampuh Mengatasi Putus Asa

Untuk itu, pentingnya seseorang segera mungkin untuk mengatasi keputusasaan tersebut agar tidak berlarut dalam kesedihan. Adapun beberapa cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan agar lebih cepat bangkit dari keputusasaan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Jangan Lari Dari Masalah

Setiap masalah tentu ada solusinya. Jadi cobalah beranikan diri untuk menghadapinya dan jangan berpikir untuk sembunyi dari masalah tersebut, karena masalah tidak akan pernah terselesaikan jika kamu kabur begitu saja. Selain itu, kehidupan yang kamu jalani pun  tidak akan pernah tenang selama lari dari masalah tersebut.

2. Ceritakan Masalah Anda Pada Orang Terpecaya

Cara mengatasi putus asa yang pertama adalah dengan menceritakan masalah kamu ke orang terdekat dan terpecaya. Berdiskusi dengan keluarga dan sahabat diyakini dapat meringankan gejala despresi, termasuk putus asa. Dengan mencurahkan isi hati tentang masalah yang kamu alami, meskipun mereka tidak dapat memberikan solusi dari masalah tersebut. Namun, ini bisa membuat kamu merasa tidak sendirian dan tidak pantah semangat dalam menghadapi masalah tersebut.

Jika mereka memberikan saran atau solusi maka dengarkanlah, hal itu bisa memberikan pandangan positif baru yang mungkin sebelumnya tidak kamu pikirkan. Kamu juga harus pandai dalam menyeleksi solusi yang mereka berikan kepada kamu, jika solusi tersebut dapat menyelesaikan masalahmu maka laksanakan, tapi bila saran tersebut merugikanmu maka lupakan dan pilih solusi yang lain.

3. Hindari Berpikir Rumit Tentang Masalah Tersebut

Terkadang seseorang yang sedang dilanda keputusasaan maka ia cenderung berpikir terlalu rumit dan menebak-nebak kondisi yang sebenarnya belum terjadi akibat proses berpikir tersebut. Contoh, masalah yang terjadi akan membuat saya dikucilkan, merasa tidak berguna dan selalu menjadi beban orang lain.

Jika pola pikir seperti itu, maka keputusasaan yang kamu alami akan semakin dalam dan bahkan berujung pada depresi. Cara mengatasinya adalah terus fokus pada cara penyelesaian masalah dan menerima dengan lapang dada apa pun hasilnya nanti. Mintalah kepada Allah supaya usaha kamu untuk menyelesaikan masalah dapat dipermudah dan diberikan jalan yang tepat untuk memperbaiki semuanya.

4. Ciptakan Pola Pikir Yang Positif

Ketika rasa putus asa telah melanda maka seseorang akan terlihat bingung, gelisa dan selalu khawatir. Jika ini terjadi maka cobalah untuk tenang, karena kondisi jiwa yang rileks dan tenang akan memudahkan kamu berpikir rasional. Dengan begitu,pikiran-pikiran yang positif akan timbul dengan sendirinya sehingga masih mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika nyata masalah yang kamu alami begitu sulit, tapi setidaknya kamu sudah berusaha untuk menyelesaikan dan mampu berdampak pada keadaan. Apabila masalah semakin memburuk, kamu bisa meminta bantuan kepada orang yang menurutmu mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Menangislah Dan Renungkan

Jika masalah yang kamu alami begitu sulit untuk diselesaikan, maka menangislah bila ingin. Cara ini dilakukan untuk menurunkan stress yang kamu alami sehingga hati dan pikiran sedikit lebih ringan. Selain itu pula, renungkan mengapa kamu bisa gagal? Mengapa kendala atau masalah bisa menghambat langkah-langkahmu? Dengan merenungkan semua itu maka kamu akan menemukan hal baru yang tidak pernah kamu sangka sebelumnya.

6. Bersyukur Dan Ikhlas Dengan Apa Yang Dialami

Keputusasaan biasanya dibarengi dengan perasaan yang seolah-olah tidak ada yang bisa disyukuri dalam hidupnya. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah ajak dirimu untuk lebih meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Lalu renungkan hal apa saja yang selama ini sudah kamu dapatkan, seperti kesehatan, masih bisa menikmati makanan kesukaan, masih ada orang-orang yang menyayangimu dan sebagainya.

Baca Juga :


Dengan begitu, pikiranmu akan menjadi lebih jernih dan kembali bersemangat untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalahmu. Anggap saja ujian hidup yang kamu alami adalah salah satu cara Allah untuk membuatmu lebih tegar, bersyukur dan ikhlas.

7. Lakukan Sesuatu Untuk Menjernihkan Pikiran

Melakukan kegiatan yang bisa membuat pikiranmu lebih jernih merupakan hal yang penting. Ketika kamu merasa lebih rileks maka lakukanlah sesuatu untuk mendongkrak keceriaan dan semangat kamu, seperti keluar rumah untuk rekreasi, mengunjungi kebun binatang, pergi ke taman dan kegiatan lain yang dapat membuat mood kamu lebih baik.

8. Datang Ke Psikolog Atau Psikiater

Cara yang terakhir untuk mengatasi putus asa yang berlebihan adalah dengan mendatangi psikolog dan psikiater. Jika keputusasaan yang kamu alami sudah berlebihan dan mengarah ke depresi, maka disarankan untuk datang menemui tenaga ahlinya, yakni psikolog ataupun psikiater.

Dengan berkonsultasi ke ahlinya maka bukan cuman gejalan dan solusi dari masalahnya saja yang diperhatikan, tetapi juga penanganannya. Langkah penanganan juga bergantung pada tingkat keparahan pasien.

Itulah delapan cara mengatasi putus asa yang bisa kamu coba. Semoga cara di atas bisa mengatasi keputusasaan dan membangkitkan kembali semangat hidup kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel