10 Manfaat Sholat Tahajud Bagi Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oleh setiap umat islam. Salah satu dari sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah sholat tahajud. Dimana sholat tahajud memiliki banyak manfaat bagi siapa saja yang menjalankannya, terutama bagi wanita. Salah satu manfaat dari sholat tahajud yang telah dijelaskan dalam Al Quran Surah Al-Isra ayat 79 yaitu bagi siapa saja yang mengamalkannya akan diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Waktu yang paling utama untuk menjalankan sholat tahajud adalah di sepertiga malam hingga menjelang waktu subuh. Sholat tahajud minimal dikerjakan 2 rakaat dan maksimalnya bebas menyesuaikan dengan keinginan yang mengerjakannya. Nabi Muhammad SAW biasanya menjalankan sholat tahajud sebanyak 11 rakaat termasuk witir dan kadang pula 13 rakaat termasuk witir.

10 Manfaat Sholat Tahajud Bagi Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Sholat Tahajud Bagi Wanita

Dalam sejumlah hadist shahih disebutkan bahwa sholat tahajud memiliki beberapa kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengerjakannya. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Penyelamat Dari Siksa Api Neraka

Dalam hadist riwayat Al Bukhari dan Musim menjelaskan bahwa ada 7 golongan yang akan mendapatkan perlindungan Allah pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya. Salah satu dari tujuh golongan tersebut adalah seseorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan air mata.

Sesungguhnya tidak ada amalan yang sia-sia meskipun sekecil apa pun. Menjalankan sholat tahajud dua rakaat saja sudah bisa membuat kamu terbebas dari api neraka dan selalu dilindungi Allah SWT.

2. Dikabulkan Doanya

Setiap orang pastinya menginginkan agar doa yang ia panjatkan dapat dikalbulkan. Dengan mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam akan membuat doa kamu di dengar hingga ke langit dan bahkan diamini oleh malaikat. Dimana sepertiga malam merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Allah SWT akan mengabulkan, mengampuni dan bahkan memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh hambanya.

3. Menjadi Manusia Yang Pandai Bersyukur

Rutin mengerjakan sholat tahajud bisa membimbing hatimu untuk lebih bersyukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Bersyukur merupakan salah satu jalan kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Rasulullah SAW bersabda bahwa Orang yang rajin mengerjakan sholat di malam hari juga akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah.

4. Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Allah akan merahmati orang-orang yang bangun di malam hari dan kemudian menjalankan sholat malam. Dimana hal ini sudah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allah akan merahmati seorang suami yang bangun di malam hari lalu ia sholat dan membangunkan istrinya, dan apabila istri enggan melaksanakan sholat, lalu ia percikkan air diwajahnya dan Allah merahmati seseorang istri yang bangun di malam hari lalu ia sholat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya enggan melakukan sholat, ia percikan air ke wajahnya." (HR. Abu Dawud)

5. Terhindar Dari Gangguan Setan

Sholat tahajud mampu menghilangkan sifat males dalam dirimu dan bahkan membuat kamu menjadi lebih bersemangat untuk menjalani kehidupan setiap harinya. Rasulullah bersabda: “Syaitan mengikat 3 kali ikatan di atas tengkuk kepala diantaramu saat tidur. Pada setiap ikatan syaitan berkata 'malam masih panjang, maka tidurlah!' jika seseorang darimu bangun lalu berzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas. Jika ia berwudhu, maka satu ikatan lagi lepas dan apabila ia sholat, maka lepaslah semua ikatannya. Sehingga di pagi hari ia dalam keadaan bersemangat dengan jiwa yang tenang. Jika ikatan syaitan tidak terlepas, maka di pagi hari jiwanya tidak tenang dan malas."

6. Penutup Kesalahan Dan Penghapus Dosa

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan atau dosa, ampunan Allah terbuka lebar bagi hambanya yang sholat tahajud. Jadikanlah solat malam  sebagai aktivitas rutin, pasalnya sholat malam merupakan ibadah yang dilakukan oleh orang-orang shaleh, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.

7. Mendapatkan Tempat Yang Terpuji

Seseorang yang rutin mengerjakan sholat tahajud akan mendapatkan tempat yang terpuji di sisi Allah SWT. Hal ini telah di jelaskan dalam Al Quran, Allah berfirman: “Dan pada sebagian malam, kerjakanlah sholat tahajud sebagai ibadah tambahan bagi kamu, mudah-mudahan Allah mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." QS. Al-Isra ayat 79)

Baca Juga : Manfaat Sholat Tahajud Untuk Jodoh

8. Mendapatkan Cintai Dan Ridho Allah

Salah satu orang yang dicintai Allah yaitu seseorang yang ikhlas meninggalkan kenikmatan tidurnya untuk melaksanakan sholat malam, orang yang mengambil wudhu lalu sholat tahajud akan mendapatkan cinta dan bahkan ridho dari allah SWT. Tak hanya itu saja, orang tersebut termasuk dalam golongan hamba yang bertakwa dan shalih.

9. Menjadikan Wajah Bersih Bercahaya

Seseorang yang rajin menjalankan sholat tahajud dapat membuat wajahnya terlihat tampan atau cantik di siang harinya. Selain itu, sholat malam akan menjadi cahaya bagi seorang mukmin pada hari kiamat kelak dan cahaya itu akan berjalan dari depan dan juga belakang.

10. Sholat Sunnah Yang Paling Dianjurkan Oleh Rasulullah

Setelah menjalankan sholat lima waktu, kita juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam. Dimana sholat malam merupakan sholat sunnah yang paling utama setelah sholat wajib sehingga bisa menjadi tambang pahala di penghujung malam.

Itulah beberapa manfaat sholat tahajud bagi wanita yang jarang orang ketahui. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel