10 Keutamaan Membangun Masjid dan Memakmurkannya

Masjid merupakan tempat ibadah  umat islam. Selain untuk sholat, masjid juga bisa digunakan sebagai tempat bermusyawarah, mengaji, menyebarkan agama islam dan sebagainya. Salah satu, amal jariyah yang baik kita dilakukan adalah membangun masjid.  Terdapat beberapa keutamaan yang di dapat bagi orang yang ikut membantu membangun masjid.

Hal tersebut sudah diterangkan dalam sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam yakni “Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah SWT maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di surga”. Dari hadist tersebut menjelaskan betapa besarnya keutamaan dan ganjaran pahala yang di dapat bagi orang yang ikhlas menyumbangkan sedikit rezekinya untuk  membangun masjid.

10 Keutamaan Membangun Masjid dan Memakmurkannya

Keutamaan Membangun Masjid

Setidaknya ada sepuluh keutamaan atau ganjaran pahala yang nantinya di dapat bagi orang yang ikhlas membangun masjid meskipun hanya menyumbang satu bata. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Mendapat Rumah Di Surga

Keutamaan yang pertama adalah Allah bangunkan rumah di surga bagi yang ikhlas membangun masjid meskipun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, dimana hal tersebut telah dijelaskan dalam hadist riwayat Ibnu Majah no. 738. Begitu besar ganjaran pahala bagi yang menyumbangkan rezekinya untuk membangun masjid. Besar ataupun kecil harta yang Anda sedekahkan yang penting ikhlas.

2. Pahala Akan Terus Mengalir

Keutamaan yang kedua adalah pahala akan terus mengalir. Jadi ada beberapa pahala amalan dan kebaikan yang akan menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya, yaitu masjid yang ia bangun, mushaf yang ia tinggalkan, rumah yang dibangun untuk orang yang dalam perjalanan, sedekah yang dikelurkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya.

3. Cara Untuk Menghapus Dosa

Menyumbangkan jasa dan harta untuk membangun masjid merupakan sedekah. dimana pahala amalan sedekah bisa melunturkan dosa-dosa kita, Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam besabda yaitu: “Sedekah bisa menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. At Tirmidzi)

4. Membuka Pintu Rezeki

Ternyata membangun masjid juga dapat memperlebar pintu rezeki Anda. Sedikit dan banyaknya rezeki yang kita sumbangkan untuk membangun masjid pastinya ada nilai kebaikan yang Anda dapatkan, sesungguhnya Allah SWT akan melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah akan menggantinya karena Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.

Baca Juga : Keutamaan Sholat Tahajud Menurut Al Quran

Hal ini juga diperjelas dengan sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam: "Bahwa Allah Ta’ala akan mengembangkan sedekah kurma atau sepotong makanan dari seorang di antara kalian, sebagaimana seorang di antara kalian memelihara kuda atau anak untanya, sehingga sedekah itu akan menjadi besar seperti bukit Ubud". (HR. Ahmad)

5. Menjauhkan Anda Dari Musibah

Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu bahwa sedekah bisa memberikan perlindungan terhadap diri kita dari berbagai macam bencana. Rezeki yang kita berikan untuk pembangunan masjid dapat menolak musibah sekalipun pelakunya seorang yang fajir, zhalim dan bahkan orang kafir. Sesungguhnya Allah Ta’ala menghilangkan berbagai musibah melalui perantara sedekah tersebut.

6. Dipanjangkan Umur

Selain dapat menjauhkan diri dari bencana, sedekah juga dapat membuat pelakunya diberikan umur yang panjang oleh Allah SWT. Dimana hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam: “Sedekahnya orang muslim bisa menambah umurnya, bisa mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat takabur, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri". (HR. Thabrani)

7. Dimudahkan Ketika Sekaratul Maut

Kita semua pastinya sudah tahu bahwa mahkluk hidup yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, hanya saja waktu dan tempat seseorang akan meninggal hanya Allah yang tahu. Sebelum seseorang menghembuskan napas untuk terakhir kalinya, orang tersebut akan melewati yang namanya sekaratul maut.

Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: “Sedekah dapat meredakan kemarahan Allah Ta'ala dan menangkal atau bahkan mengurangi kepedihan saat sekaratul maut."

8. Memudahkan Anda Masuk Surga

Surga merupakan tempat yang diinginkan oleh setiap orang, namun untuk menuju surga kita harus memiliki bekal pahala yang mumpuni. Salah satu kebaikan yang disukai Allah adalah sedekah, dimana sedekah bisa membuat seseorang dimudahkan jalan menuju surga.

Baca Juga : Manfaat Sholat Tahajud Untuk Jodoh

Hal ini dijelaskan dalam QS Ali’ Imran yang artinya: “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang yang bertakwa. (yaitu) orang yang menafkahkan (hartanya), di waktu lapang ataupun sempit, orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

9. Menjauhkan Anda Dari Sifat Kikir

Kikir merupakan salah satu sifat yang tidak disukai Allah SWT, seseorang yang di hatinya ada sifat kikir cenderung enggan membagikan sedikit hartanya untuk orang yang membutuhkan bantuan. Dengan membiasakan diri untuk bersedekah bisa menghilangkan sifat kikir pada manusia.

10. Termasuk Golongan Orang Beriman

Setelah pembangunan masjid telah selesai dan layak digunakan. Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk memakmurkan masjid-masjid Allah seperti yang dijelaskan pada QS At Taubah ayat 18, yakni: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat serta tidak takut (kepada siapapun) selain Allah. Maka merekalah yang masuk golongan orang yang selalu memperoleh petunjuk (dari Allah).”

Itulah beberapa keutamaan membangun masjid yang harus kita ketahui, Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel