4 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Dijelaskan Dalam Al Quran

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam dengan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak dibatasi. Cara mengerjakan sholat tahajud sama dengan sholat fadhu, tapi yang membedakannya adalah seorang muslim harus tidur terlebih dahulu walaupun hanya sebentar. Jadi, apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya maka itu bukan sholat tahajud, melainkan sholat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.

4 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Dijelaskan Dalam Al Quran

Waktu pelaksanaan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah di sepertiga malam, tepatnya pukul 03.00 pagi dan ditutup dengan sholat witir. Akan tetapi, kebanyakan mereka kesulitan untuk bangun pagi untuk menunaikan sholat tahajud dengan alasan masih mengantuk, badan yang belum fit karena capek kerja dan berbagai alasan lainnya. Namun melihat keutamaan yang tertera di dalam sholat sunnah ini, umat muslim selalu berusaha untuk mengerjakannya dimana mereka harus menghidupkan alarm bagi yang belum terbiasa.

Pengorbanan untuk bangun pagi dan mengerjakan sholat tahajud akan dibalas oleh Allah sesuai yang dijelaskan dalam Al Quran. Terdapat empat keutamaan yang akan dinikmati oleh seorang muslim yang gemar sholat tahajud. Dimana keutamaan ini akan membuat kehidupan Anda di dunia dan akhirat menjadi lebih tentram dan bahagia. Inilah 4 keutamaan sholat tahajud adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Setiap Pekerjaan

Sholat tahajud dapat membantu Anda untuk memudahkan pekerjaan yang sedang dilakukan. hal ini termasuk janji Allah SWT. Banyak sekali kisah terdahulu yang menginspirasi untuk diterapkan terkait sholat malam ini, seperti sahabat nabi Usman Bin Affan seorang pedagang, Abduraahman Bin Auf seorang management bisnis yang paling kaya di wilayah mekah dan madinah serta Abu Dzar Al Giffari yang sukses dalam usaha. Walaupun sibuk dengan pekerjaannya, tetapi mereka selalu mengerjakan ibadah yang wajib dan sunnah termasuk sholat tahajud.

2. Membebaskan Dari Kesulitan

Tidak semua kehidupan manusia akan selalu bahagia, mereka akan diuji oleh Allah dengan rasa sedih dan menemui berbagai kesulitan dalam menghadapi permasalahan yang tak kunjung selesai. Membiasakan sholat sunnah tahajud di sepertiga malam dapat membebaskan manusia dari kesulitan sesuai yang dijanjikan oleh Allah SWT. Maka dari itu, di akhir sholat tahajud berdoa meminta kepada Allah agar kesulitan hidup yang dihadapi dapat diganti dengan kemudahan dan kebahagiaan.

3. Allah Akan Langsung Menolong Anda

Begitu indahnya bila hidup kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Sholat tahajud akan membawa kita pada posisi yang selalu dilindungi dan ditolong oleh Maha Pencipta. Dimana saat kita berada dalam keadaan yang terancam, ketakutan dan kesulitan maka Allah sendiri yang akan memberikan pertolongan ke pada manusia yang rajin sholat tahajud.

Baca Juga : 10 Cara Membangun Semangat Untuk Sholat Lima Waktu

Tidak hanya itu saja, Allah juga akan memudahkan setiap awal aktivitas yang kita lakukan. Oleh sebab itu di akhir sholat tahajud berdoa agar apa yang kita kerjakan di setiap awal aktivitas akan menjadi lebih ringan, termasuk dalam hal pekerjaan, belajar di sekolah dan sebagainya.

4. Mengangkat Derajat dan Ditempatkan di Tempat Yang Terpuji

Manusia yang rajin mengerjakan sholat tahajud akan diangkat derajatnya oleh Allah ke tempat yang terpuji. Sholat tahajud akan menjadi bekal tambahan sebagai penolong di akhirat kelak. Seorang muslim yang mengerjakan sholat tahajud akan diberikan tempat yang berbeda dari orang yang tidak mengerjakan sholat sunnah yang satu ini, hal tersebut dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Isra Ayat 79, yang berbunyi:

4 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Dijelaskan Dalam Al Quran

Orang yang senang melakukan sholat tahajud termasuk orang yang soleh dan berada dalam golongan orang yang masuk surga. Keutamaan yang dimiliki sholat tahajud memang begitu indah, yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang senang melakukan sholat tahajud. Seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah yang berbunyi:

Baca Juga : Keutamaan Mengerjakan Sholat Tepat Waktu

“Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat”. (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

Itulah keempat keutamaan mengerjakan sholat tahajud yang dijelaskan dalam Al Quran. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membangkitkan semangat umat muslim untuk terus menunaikan sholat tahajud. Tidak ada ruginya seorang muslim mengerjakan sholat sunnah ini karena Allah sendiri sudah menjanjikan kebahagiaan bagi siapa yang melakukannya. Yuk, sama-sama kita belajar untuk menunaikan sholat tahajud? “Wallahu A'lam Bisshowab”, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel