10 Cara Membangun Semangat Untuk Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu (shalat fardhu) adalah shalat yang diwajibkan untuk di kerjakan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Pahala yang pertama kali di hisab pada hari pembalasan adalah shalat, jadi berbahagialah umat muslim yang pahala shalatnya baik maka akan mendapat jaminan masuk ke surga. Namun ternyata, masih banyak orang yang meninggalkan shalat lima waktu karena alasan yang berbeda-beda seperti ketiduran, tidak ada pakaian yang bersih, sakit, sibuk bekerja, lupa, sedang dalam perjalanan dan malas.

Cara Membangun Semangat Untuk Shalat

Agar bisa mengerjakan shalat lima waktu dengan tertib, maka perlu ada niat dalam hati dan usaha untuk mengerjakannya. Pastikan diri anda memang benar-benar melakukannya dengan ikhlas dan tanpa paksaan dari orang lain, sehingga amal ibadah shalat anda dapat di terima oleh Allah SWT.

Banyak sekali manfaat dan kemuliaan yang di dapat jika anda rajin mengerjakan shalat lima waktu, seperti akan menciptakan kedisiplinan, kebahagiaan, memiliki hati yang lembut dan Allah mencintai hambanya yang rajin mengerjakan shalat lima waktu. Setiap manusia yang ingin berubah menjadi lebih baik, tentu ada hal-hal atau cara yang perlu di lakukan untuk mengrubahnya ke jalan yang benar.

Cara Membangun Semangat Untuk Shalat Lima Waktu

1.Niat Untuk Berubah

Jadikanlah niat baik sebagai landasan utama untuk membangun semangat anda dalam mengerjakan shalat fardhu. Niat yang tulus akan membawa pada hal yang baik dan anda akan bisa dengan mudah mengerjakan shalat fardhu dengan tertib. Allah swt akan memberikan jalan kemudahan bagi hambanya yang benar-benar mau berubah ke arah yang lebih baik.

2.Memahami Alasan Diwajibkan Mengerjakan Shalat

Segala sesuatu yang di wajibkan dalam islam pasti memiliki alasan yang terkandung di dalamnya, oleh karena itu anda pahami benar-benar mengapa Allah menyuruh hambanya untuk mengerjakan shalat lima waktu (fardhu). Pada hari kiamat nanti orang-orang akan berkumpul di padang masyar (seperti lapangan yang sangat luas) untuk mempertanggungjawabkan segala perbuatan yang di lakukan selama hidup di dunia. Dan amal pertama yang akan di hitung adalah ibadah shalatnya.

Baca Juga : Kumpulan Doa Niat Shalat Fardhu Lima Waktu

3.Lakukan Shalat Sebagai Kegiatan Yang Sangat Penting

Sesibuk apa pun kita jangan pernah meninggalkan kewajiban untuk mengerjakan shalat, jadikan shalat sebagai salah satu aktivitas yang rutin dilakukan. Sama halnya dengan makan, mandi dan tidur yang sering anda lakukan maka mulai sekarang jadikan shalat salah satu bagian kegiatan harian yang harus dikerjakan. Waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan shalat tidaklah lama, oleh sebab itu jadikan shalat termasuk kebutuhan pokok yang memang harus di penuhi setiap harinya.

4.Memperbanyak Membaca Buku Tentang Shalat

Buku adalah kumpulan sumber informasi, carilah buku-buku tentang shalat dan pelajari dengan betul manfaat mengerjakan shalat, kemuliaan mengerjakan shalat dan masih banyak lagi. Dengan demikian anda akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan tentang shalat dan agama islam. Membaca buku bisa anda lakukan saat anda sedang santai seperti pada hari libur, di kereta,di bus dan menjelang tidur malam.

5.Belajar Mengerjakan Shalat Dengan Tepat Waktu

Cara ini mungkin sulit di lakukan untuk orang-orang yang baru pertama kali menjalankannya. Jika anda mendengar suara azan berkumandang maka segera pergi untuk shalat dan tinggalkan segala kegiatan yang sedang dilakukan. Anda juga dapat mengaktifkan alarm di handphone sebagai pengingat jika anda lupa dan jadikan shalat sebagai prioritas utama hidup anda.

6.Pahami Manfaat Shalat Lima Waktu

Shalat memiliki manfaat yang luar biasa dan ini dapat di rasakan pada umat muslim yang rajin mengerjakan shalat lima waktu. Di lihat dari sisi kesehatan dan sisi psikologis, manfaat shalat dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia. Shalat juga dapat menghapus dosa-dosa yang pernah anda perbuat.

7.Perbanyak Mengingat Kematian

Kematian adalah berakhirnya kehidupan seseorang di dunia. Kehidupan di dunia hanyalah bersifat sementara dan jika ajal seseorang sudah tiba maka Allah akan memerintahkan malaikat maut untuk mencabut nyawa manusia yang telah di tunjuk oleh Allah swt. Kematian pasti akan menghampiri setiap makhluk hidup. Jadikanlah shalat sebagai bekal untuk kehidupan anda di akhirat

8.Berkumpul Dengan Orang Yang Rajin Shalatnya

Bergaul dan berteman dengan orang-orang yang rajin shalat akan membawa anda pada kehidupan yang lebih baik. Teman yang rajin shalat bisa menjadi panutan untuk anda. Tidak hanya itu, teman juga akan mengingatkan bila anda lupa untuk mengerjakan shalat fardhu. Anda juga bisa saling tukar pikiran dengan teman yang ilmu agamanya sudah bagus.

Baca Juga : Keutamaan Mengerjakan Shalat Tepat Waktu

9.Bersabar Dalam Menghadapi Godaan

Jin akan selalu menggoda manusia agar melanggar dan meninggalkan semua perintah-perintah Allah. Sehingga Anda harus bersabar dan kuat menghadapi godaan tersebut, jangan sampai niat baik anda putus di tengah jalan. Godaan dari manusia pun juga bisa datang kapan saja, misalkan mengajak untuk bermain dan melakukan kegiatan yang tidak berguna sehingga anda lupa untuk mengerjakan shalat lima waktu.

10.Belajar Untuk Shalat Berjamaah di Masjid

Amal ibadah shalat yang di kerjakan sendiri (mufarid) jelas berbeda dengan orang yang mengerjakan shalat secara berjamaah di masjid, yaitu sebanyak dua puluh tujuh derajat. Sungguh beruntung orang yang selalu mengerjakan shalat dengan berjamaah. Niatkan untuk selalu datang ke masjid walau pun jarak rumah ke masjid tergolong jauh.

Semoga 10 cara membangun semangat untuk shalat lima waktu dapat membantu anda yang sedang memperbaiki shalatnya dan semoga Allah SWT selalu memberikan jalan kemudahan kepada anda untuk menjadi hambanya yang lebih baik, Amin...Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel