4 Hal Yang Membawa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Banyak cara yang sering di lakukan oleh manusia untuk mendapatkan sebuah kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan, baik itu kebahagiaan dunia dan kebahagiaan di akhirat. Dan kebahagiaan yang nyata tidak dinyatakan dalam bentuk harta, namun kebahagiaan biasa di dapat dengan bagaimana kita bisa menjalankan kehidupan itu dengan benar dan selalu berpedoman pada Kitab Al Qur’an dan anjuran Nabi Muhammad SAW.

4 Hal Yang Membawa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Selain menjalankan kewajiban yang sudah di perintah oleh Allah seperti shalat, puasa, membayar zakat dan sebagainya. Namun selain dari itu, ada empat hal yang akan membawa manusia pada kebaikan yang nyata yaitu kebaikan di dunia dan di akhirat. Sangat beruntung bagi umat manusia yang bisa mendapatkan keempat hal tersebut.

4 Hal Yang Membawa Kebaikan Dunia dan Akhirat

1.Qolban Syakiron (Hati Yang Selalu Bersyukur)

Manusia yang memiliki hati yang selalu bersyukur dengan apa yang di miliki dan menerima dengan lapang dada yang telah di berikan oleh Allah maka kehidupannya akan di warnai dengan kebahagiaan. Bersyukur dalam segala hal seperti menerima kekurangan dan kelebihan dalam dirinya, menerima dengan ikhlas rezeki yang di dapat dari usahanya dan selalu bersyukur dengan keadaan kehidupan yang sedang di jalani saat ini.

Manusia yang tidak bisa bersyukur dengan apa yang telah dimilikinya maka dapat di artikan bahwa sebenarnya Ia belum sepenuhnya mengenali siapa Tuhannya, jangan pernah mengatakan bahwa kehidupan yang anda jalani penuh dengan kesusahan, kesulitan dan merasa tidak bahagia. Karena hal itu terjadi pada anda yang tidak beriman kepada Allah swt dan selalu lalai dari nikmat yang sudah di berikan oleh-Nya. Oleh karena itu, marilah kita belajar bersyukur mulai dari hal-hal yang kecil. Agar kita termasuk orang-orang yang selalu di cintai oleh Allah swt.

2.Wa Lisanan Dzakiron (Lisan Yang Banyak Berdzikir)

Allah memberikan nikmat pada umatnya yaitu berupa alat untuk berbicara yang di kenal dengan Mulut. Manusia yang selalu menggunakan lisannya untuk banyak-banyak berdzikir kepada Allah swt dalam segala hal maka Ia termasuk orang-orang yang akan mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

Baca Juga : 17 Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

Berzikir dengan menyebut nama Allah akan membawa manusia menjadi lebih tenang dan selalu merasa bahwa Allah swt selalu dekat dengan dirinya. Berdzikir dapat menuntun hati ke arah hal-hal yang lebih baik seperti mampu bersyukur dengan segala hal yang telah di berikan oleh Allah.

3.Wa Badanan ‘Alal Bala-i Shobiron (Jiwa Yang Penuh Dengan Kesabaran)

Orang yang memiliki kesabaran yang tinggi dapat dilihat ketika Ia sedang menghadapi suatu masalah atau konflik. Menghadapi masalah yang begitu rumit terkadang dapat memancing kesabaran manusia, kesabaran akan tumbuh pada diri manusia ketika Ia mampu menyikapi dari masalah itu dengan hati yang tenang dan berfikir dengan bijak untuk mencari jalan keluarnya.

Kesabaran manusia juga dapat dilihat ketika Ia sedang di uji oleh Allah dengan mengirim bencana yang bisa saja merenggut nyawa orang-orang yang kita sayang. Orang yang mampu menanamkan sifat sabar dalam kehidupannya maka Ia akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah swt, seperti yang telah di janjikan oleh-Nya.

4.Wa Zaujatan Laa Tabghi Haroban Fii Nafsihi Wa Maliha (Memiliki Pendamping Hidup Yang Serasi, Sevisi Dan Semisi)

Menikah adalah salah satu tujuan yang di cari oleh setiap umat manusia, dengan menikah manusia akan mendapatkan kebahagiaan, ketentraman dan kedamaian dengan pasangannya. Apa lagi jodoh yang kita dapatkan sangat serasi, sevisi dan semisi dengan tujuan hidup yang sama-sama saling mendukung.

Baca Juga : Penyebab dan Akibat Sifat Sombong Menurut Islam

Dalam mencari jodoh, manusia terkadang terlalu banyak memilih dan memiliki persyaratan yang harus di penuhi untuk menjadi pasangannya, sehingga mempersulit dirinya sendiri untuk mendapatkan jodoh. Ada yang melihat dari sisi fisiknya, harta dan pekerjaan, padahal agama islam mengajarkan dalam memilih jodoh agar melihat agamanya, perilakunya dan barulah  poin-poin yang lainya. Namun pada dasarnya manusia tidak ada yang sempurna, jadi janganlah mencari pasangan yang sempurna karena tidak akan ada.

Demikian empat hal yang membawa manusia pada kebaikan di dunia dan di akhirat, kerjakan dan lakukan hal-hal baik yang sudah di anjurkan oleh Al Qur’an dan Nabi Muhammad saw. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel