Keutamaan Mengerjakan Shalat Tepat Waktu

Setiap kegiatan yang dikerjakan dengan tepat dan dilakukan dengan ketulusan hati maka akan menghasilkan sesuatu yang baik. Sama halnya dengan mengerjakan solat fardhu tepat waktu, bila suara adzan sudah terdengar maka semua segala kegiatan akan ditinggalkan untuk sementara. Suara adzan dikumandangkan untuk memberitahu bahwa waktu sholat akan segera dilaksanakan.

Keutamaan Mengerjakan Shalat Tepat Waktu

Seperti yang diajarkan dalam islam bahwa barang siapa yang sholat dengan tepat waktu maka Allah semakin dekat kepada kita. Akan tetapi, masih ada orang yang menunda sholatnya karena sedang sibuk dengan pekerjaannya sehingga takut kehilangan pelanggan atau hal yang lainnya.

Sebenarnya melaksanakan sholat dengan tepat waktu memiliki manfaat dan kemuliaan bagi orang muslim yang mau mengerjakannya. Cara menjaga sholat tepat waktu adalah adanya niat, harus dipaksa dan memberikan peringatan seperti nyalakan alarm pada handphone.

Suatu hal yang mengarah pada perubahan menjadi lebih baik untuk beribadah kepada Allah maka itu termasuk tindakan yang sangat di cintai Allah SWT. Ada banyak dallil atau hadist yang menjelaskan tentang kemuliaan mengerjakan sholat tepat waktu.

“Rasulullah SAW pernah ditanya oleh Ummu Farwah “amalan apakah yang paling mulia ya Rasulullah” maka beliau menjawab “shalat pada awal waktunya”( HR. Abu Dawud).

1.    Allah Semakin Dekat Dengan Kita

Allah hanya akan bersama orang-orang yang mau beribadah kepadanya, jadi apabila kita mengerjakan segala sesuatu demi beribadah kepada Allah maka allah akan mencintai kita seperti kita mencintai-Nya. Siapa sih umat muslim yang ada di dunia ini yang merasa tidak senang jika Allah bersamanya. Kehidupan manusia akan selalu merasakan kebahagiaan dan ketentraman jiwa karena ia rajin beribadah dengan tepat waktu.

2.    Mendapatkan Tempat di Surga

Sesuai dengan janji yang sudah ditetapkan oleh Allah, yaitu barang siapa yang benar-benar mau beribadah kepada allah maka akan diberikan balasan yang setimpal yaitu surga yang kekal dan indah. Semua umat muslim tentu ingin masuk surga, karena di dalam surga banyak terdapat hal-hal yang membuat kita senang dan memiliki pemandangan yang indah-indah dan banyak sekali makanan dan buah-buahan yang enaknya jauh sekali dengan makanan yang ada di bumi, hal ini sesuai yang di jelaskan dalam Al Quran.

3.    Wajah Semakin Bercahaya

Pernahkah anda memperhatikan wajah-wajah orang muslim yang bercahaya? Wajahnya selalu bercahaya sehingga enak untuk di pandang. Wajah muslim yang bercahaya karena ia rajin untuk beribadah dan mengerjakan sholat, air wudhu yang suci selalu membasahi wajah mereka sehingga tampak wajah yang bercahaya dan berseri.

4.    Mendapatkan Ampunan Dosa

Sholat termasuk cara kita untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, sekaligus berdoa untuk meminta ampun agar dibersihkan dari dosa-dosa akibat perbuatan yang selama ini ia lakukan. Manusia yang mendapatkan ampunan dosa dari allah SWT maka ia seperti seorang bayi yang baru lahir ke dunia yaitu bersih tanpa dosa.

5.    Keberkahan Selalu Menyelimuti Kehidupanmu

Kehidupan yang penuh berkah adalah hidup yang akan merasakan kebahagiaan, kesejahteraan, tidak merasa kurang dan selalu bersyukur. Kehidupan yang sementara membuat orang beriman tidak terlalu mementingkan harta dunia, mereka hanya mencari keberkahan dan kehidupan yang sederhana sebagai prioritas kehidupan.

6.    Memiliki Hati Yang Lembut dan Sabar

Keimanan yang terdapat pada diri seorang muslim akan membawa hatinya menjadi manusia yang lembut dan penyabar. Dalam menghadapi sebuah permasalahan hanya membutuhkan kesabaran, komunikasi dan saling mengerti serta tidak menggunakan nafsu yang hanya memperkeruh dan menambah permasalahan semakin lebih rumit. Kelembutan hati akan keluar jika melihat orang yang sedang kesusahan, membutuhkan bantuan dan mudah untuk berbagi (sedekah).

7.    Mendapatkan Perlindungan Dari Allah


Manusia yang di cintai oleh Allah SWT akan mendapatkan layanan yang lebih spesial yaitu perlindungan dan pertolongan akan mudah datang kepadanya. Hal ini sebagai bentuk imbalan karena selalu beribadah dan melakukan kebaikan. Walaupun terkadang perlindungan yang datang dar allah tanpa kita sadari sehingga agar kita mengetahui bahwa kehadiran allah dan mujizat itu benar-benar ada.

8.    Dikabulkannya Permintaan

Permintaan seorang muslim yang taat beribadah akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT, walaupun terkadang permintaan yang kita minta tidak langsung datang dengan tiba-tiba kecuali atas kehendak allah. Perlu di ingat bahwa segala sesuatu yang kita minta harus ada usaha dan doa yang selalu kita panjatkan ke pada allah yaitu zat yang maha tinggi.

Baca Juga : Cara Membersihkan Najis Dalam Islam

Demikian informasi tentang keutamaan dan kemuliaan mengerjakan sholat tepat waktu, dan semoga kita selalu menjadi manusia yang senantiasa beribadah kepada Allah serta selalu mendapatkan rahmat dan hidayahnya. Dari uraian di atas semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel