Penjelasan dan Hadist Tentang Puasa Ramadhan

Puasa merupakan suatu ibadah yang dikerjakan oleh semua umat muslim yang ada di dunia. Sedangkan puasa menurut  pandangan islam adalah  "menahan diri" dari makan dan minum mulai dari masuk imsak sampai azan maghrib berkumandang. Pengertian puasa secara luas adalah puasa tidak hanya menahan diri dari haus dan lapar tetapi juga menahan nafsu, perbuatan tidak terpuji dan segala sesuatu yang membatalkan puasa. Karena semua itu akan merusak pahala ibadah puasa sehingga tidak mendapatkan apa-apa.

Penjelasan dan Hadist Tentang Puasa Ramadhan

Puasa di bulan ramadhan ialah puasa yang penuh dengan keberkahan dan setiap melakukan perbuatan kebaikan maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh allah swt. Oleh karena itu, banyak umat muslim di dunia ini berlomba-lomba mencari pahala dan keberkahan seperti  membaca kitab suci Al Qur’an, berzikir, bersedekah, mengerjakan shalat taraweh dan perbuatan baik lainnya.

Puasa yang dikerjakan dengan baik dan benar sesuai dengan syarat dan rukun puasa akan membawa manfaat baik untuk manusia tersebut, seperti  puasa akan menuntun kepada sikap jujur dan disiplin.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS AI Baqarah Ayat : 183).

Dari firman allah di atas dapat disimpulkan bahwa puasa adalah hukumnya wajib bagi umat muslim, supaya kita selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anjuran puasa memang di wajibkan, akan tetapi ada beberapa hal yang diperbolehkan tidak puasa seperti sakit, wanita hamil, anak-anak yang belum mampu berpuasa dan orang tua yang sudah lanjut usia.

Biasanya umat muslim yang tidak berpuasa  akan di kenai denda atau mengganti puasa di hari lain (senin kamis). Ketika akan sahur atau mengawali puasa kita harus membaca doa niat puasa ramadhan, agar ibadah puasa kita lebih berkah dan diterima oleh allah swt.

Do’a Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN’AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA

Artinya : “Aku niat berpuasa esok hariuntuk menunaikan fardhu di bulan ramadhan tahun ini karena allah ta’ala”.

Do’a Niat Buka Puasa Ramadhan

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : “Ya allah karena mu aku berpuasa dengan mu aku beriman, kepadamu aku berserah dan kepada mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat mu ya allah tuhan maha pengasih”.

Berpuasa akan mewujudkan sikap  toleran dan dermawan kepada sesamanya, puasa akan mengajarkan kepada semua umat muslim betapa sabarnya menahan lapar dan dahaga. Dari hal ini kan timbul satu kesadaran di dalam hati manusia melihat saudara-saudara kita yang mengalami penderitaan yaitu  tidak makan dan tidak minum karena ketiadaan.

Baca Juga : Cara Membersihkan Najis Dalam Islam

Sikap mau berbagi kepada orang lain yang lebih membutuhkan seperti orang yang terbilang miskin atau fakir sehingga di bulan puasa kita sama-sama merasakan kehidupan mereka yang selama ini di jalani.

Semoga penjelasan tentang puasa dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT dan dari informasi ini semoga dapat menambah pengetahuan kita seputar puasa, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel