Kumpulan Hadist Dan Dalil Tentang Sifat Sabar Beserta Penjelasannya

Sabar adalah sifat yang mengarah pada ketenangan hati, jiwa dan pikiran. Orang yang penyabar selalu mudah mengendalikan kondisi suasana menjadi lebih tenang dan damai. Kesabaran seseorang akan terlihat ketika ia sedang mengalami permasalahan atau konflik yang rumit, sifat sabar pada setiap manusia tidak ada batasannya, sehingga hal ini akan menguji kadar keimanan manusia itu sendiri. Orang yang mudah emosional atau temperamental sulit untuk memiliki sifat yang satu ini, karena ia mudah termakan omongan atau hasutan orang lain.

Kumpulan Hadist Dan Dalil Tentang Sifat Sabar Beserta Penjelasannya

Sebenarnya orang yang memiliki sifat penyabar akan mendapatkan kemuliaan seperti di cintai oleh Allah SWT, memiliki banyak pertemanan, kehidupannya lebih tenang dan damai. Selain itu juga orang yang sabar jauh lebih sehat dan awet muda. Banyak sekali ujian yang diberikan oleh Allah kepada umatnya seperti berupa bencana alam, musibah, kecelakaan, kelaparan dan harta.

Hal itu bertujuan untuk melihat seberapa besar keimanan manusia dalam menghadapi ujian, apakah ia termasuk orang-orang yang beruntung atau termasuk orang yang rugi. Banyak sekali dalil dan hadist yang menerangkan sifat sabar, namun hanya beberapa saja yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Firman Allah Tentang Sifat Sabar


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolong mu, sesungguhnya allah berserta orang-orang yang sabar” (QS Al Baqarah Ayat : 153).

بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُواْ وَجَعَلْنَا مٍنْهُمْ أَئِمَةً يَهْدُونَ

Artinya : “Dan kami jadikan diantara mereka itu pemimpin pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami karena mereka bersabar” (QS As Sajadah Ayat : 24).

أَحْسَانٍ مَا كَانُواْ وَلَنَجْزِيَنَّ آلَّذِينَ صَبَرُواْ يَعْمَلُونَ

Artinya : “ Dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang sabar dengan pahala yang lebih baik dan apa yang telah mereka kerjakan” (QS An Nahl Ayat : 96).

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Artinya : “ Mereka itulah orang yang di balasi martabat yang tinggi (surga) karena kesabaran mereka dan mereka di sambut dengan penghormatan dan ucapan selamat selamat di dalamnya” (QS Al Furqan Ayat : 75).

وَٱلَّذِينَ صَبَرُوا۟ ٱبْتِغَآءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِٱلْحَسَنَةِ ٱلسَّيِّئَةَ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ عُقْبَى ٱلدَّارِ

Artinya : “Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan tuhannya, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)” (QS Ar Ra’d Aayat : 22).

Hadist Nabi Muhammad Tentang Sabar

“Orang yang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat dalam bertarung, akan tetapi orang yang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah” (HR Bukhari dan Muslim).

“Dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang dari pada kesabaran” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Cara Membersihkan Najis Dalam Islam

“Rasulullah bersabda , “sesungguhnya allah berfirman, “ apabila aku menguji hamba ku dengan kedua matanya (buta), kemudian ia bersabar maka aku gantikan surga baginya” (HR Bukhari dan Muslim).

Banyak sekali cara untuk mengendalikan emosi dan menanamkan sifat sabar dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya :
  1. Istiqhfar
  2. Berpuasa
  3. Berwudhu
  4. Duduk
  5. Mendekatkan diri kepada allah swt
  6. Pergi mencari tempat tang tenang
  7. Selalu berpikir dulu sebelum bertindak dan Jangan mudah terpancing emosi
Tidak akan rugi bagi orang yang memiliki sifat sabar, karena kesabaran akan membawa kita pada kehidupan yang penuh dengan rasa kesejahteraan hati dan menambah keimanan. Oleh sebab itu, jadilah manusia yang di cintai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Semoga penjelasan tentang sifat sabar dapat menambah pengetahuan dan semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel