10 Manfaat Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Bagi Kehidupan Anda

Setiap muslim pastinya ingin mendapatkan posisi yang terbaik di hadapan Allah. Mereka selalu berusaha melakukan perbuatan kebaikan sesuai perintah Allah dan menjauhi segala perkara yang dilarang oleh-Nya. Maka tak jarang mereka mengerjakan sesuatu yang wajib maupun sunah demi menyempurnakan amal ibadahnya.  Salah satu perintah Allah yaitu dengan mengerjakan sholat. Perintah sholat yang diwajibkan adalah sholat fardhu lima waktu sehari semalam. Sedangkan sholat sunnah tidak wajib dilakukan, tetapi bila dikerjakan mendapatkan kemuliaan dan pahala yang terdapat di dalamnya. Sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan adalah sholat tahajud di sepertiga malam.

10 Manfaat Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Bagi Kehidupan Anda

Sholat tahajud adalah sholat sunnah mu’akad yang dikerjakan di sepertiga malam setelah bangun dari tidur. Sholat sunnah yang satu ini memang sedikit sulit dikerjakan oleh sebagian orang, tapi kalau sering dikerjakan akan menjadi suatu kebiasaan rutinitas dan pastinya akan mendapatkan manfaat besar bagi yang mengerjakannya. Waktu pelaksanaan sholat tahajud yang tepat adalah pukul 03.00 pagi (waktu yang paling mustajabah), dimana pada jam tersebut para malaikat turun ke bumi. Sholat tahajud dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak dibatasi, kemudian diakhiri sholat witir sebagai penutup.

Seseorang yang gemar mengerjakan sholat tahajud akan membawa pada ketenangan dan kedamaian hati, sehingga orang tersebut akan mudah mengendalikan emosinya. Di bawah ini terdapat manfaat dasyatnya mengerjakan sholat sunnah tahajud bagi kehidupan Anda, yakni sebagai berikut:

1. Menghapus dan Mencegah Dosa

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dapat menghapus dan mencegah dosa. Keistimewaan ini dapat diberikan kepada muslimin yang dengan ikhlas dan tulus untuk mengerjakannya. Sholat tahajud termasuk media mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana apa yang kita inginkan pastinya harus mendekatkan diri kepada yang akan kita minta, seperti memohon ampun atas segala dosa yang telah diperbuat dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Dengan terus mendekatkan diri kepada Allah di setiap sepertiga malam, kita akan merasa terawasi dan takut untuk melakukan kembali perbuatan yang dapat menambah dosa. Pasalnya Allah Dzat yang maha mengetahui perkara yang kecil maupun yang besar, sehingga kita tidak bisa terlepas dari pandangannya.

Sembari mengerjakan sholat tahajud, Anda dapat melakukan sholat taubat untuk memohon ampun kepada Allah agar dosa yang dulu pernah diperbuat dapat diampuni. Melakukan taubat yang sungguh-sungguh, insyaallah Anda akan dituntun ke jalan yang lebih baik sehingga tidak mengulangi kembali perbuatannya lagi.

2. Mengangkat Derajat

Muslim yang senang mengerjakan sholat tahajud akan ditempatkan ke tempat yang terpuji dan mulia. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Isra Ayat 79 yang berbunyi:“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”.

Baca Juga : Keutamaan Sholat Tahajud Yang Dijelaskan Dalam Al Quran

Di dalam firman Allah di atas menjelaskan bahwa kedudukan orang yang senang mengerjakan sholat tahajud akan mendapatkan posisi yang mulia dibandingkan orang yang tidak melakukan sholat sunnah tersebut. Maka berbanggalah kita yang senang bangun pagi sepertiga malam dan dengan tulus mengerjakan sholat tahajud.

3. Dikabukalnya Doa

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan karena hukumnya sunnah mu’akad. Sholat tahajud diyakini doa yang diinginkan akan dikabulkan sesuai dengan janji Allah SWT. Jadi apapun yang Anda minta akan dikalbulkan oleh Allah termasuk mengenai jodoh, rezeki, perlindungan dan terlepas dari kesulitan. Hal ini juga diperkuat dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Sesungguhnya di waktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah mengenai urusan dunia dan akhirat, sudah pasti allah akan memberikan kepadanya waktu itu pada setiap malam”. (HR. Muslim)

Di waktu sepertiga malam para malaikat utusan Allah turun ke bumi untuk melihat siapa saja umat manusia yang sedang beribadah dan berdoa meminta sesuatu ke pada Allah. Doa yang dipanjatkan di waktu mustajab maka akan dengan mudah sampai kepada Allah.

4. Jaminan Seorang Muslim Masuk Surga

Terdapat hadist yang menerangkan bahwa orang yang bangun tidur di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud dengan ikhlas maka jaminannya adalah surga. walaupun demikian tak banyak dari mereka kesulitan untuk mengerjakannya dengan beberapa alasan tertentu. Walaupun melakukan sholat sholat tahajud terlihat mudah tapi sulit dilakukan bagi seorang muslim yang belum terbiasa mengerjakannya. Oleh karena itu, sholat sunnah ini memiliki keistimewaan yang luar biasa.

5. Memperoleh Cinta Allah

Selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah dengan memanfaatkan waktu yang disenangi-Nya. Sholat tahajud dapat membuat kita menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta, keheningan malam dapat membuat kita menjadi lebih khusyuk dalam berdoa, berzikir, mengaji dan bersholawat.

Baca Juga : Cara Membangun Semangat Untuk Sholat Lima Waktu

Allah senang dan cinta apabila melihat hambanya yang berusaha mendekatkan diri kepada-Nya. Mukmin yang di cintai Allah akan mudah mendapatkan kebahagiaan dan dikabulkannya segala permintaan yang diinginkan. Pasalnya Allah selalu memberikan hambanya yang di cintai sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

6. Khusnul Khotimah

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan merasakan kematian termasuk kita. Waktu dan dimana kita akan dipanggil nyawanya tidak ada yang tau karena itu rahasia Allah. Keadaan kematian yang selalu diinginkan oleh seorang mukmin adalah Khusnul Khotimah. Selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan suatu yang wajib dan sunnah termasuk sholat tahajud dapat menjadi jembatan kita kelak agar menuju kematian yang khusnul khotimah.

7. Dijauhkan Dari Kelalaian Hati

Kelalaian hati termasuk salah satu sifat manusia yang kerap kali datang menghapiri. Kelalaian hati dapat berupa sifat yang sombong, iri hati dan sebagainya yang justru dapat melupakan diri bahwa segala sesuatu yang kita punya hanyala sebuah titipan dari Allah, termasuk nyawa kita. Tetap selalu beribadah dan meminta kepada Allah agar Anda dijauhkan dari sifat tercela tersebut. Dalam hadist menerangkan bahwa “Barang siapa yang mengerjakan sholat malam hari dengan membaca seratus ayat maka Ia tidak dicatat sebagai orang yang lalai”.

8. Wajah Terlihat Bercahaya

Terdapat di dalam hadist riwayat Ibnu Majah yang menjelaskan: “Bahwa orang yang mengerjakan sholat tahajud akan wajahnya terlihat tampan atau cantik di siang harinya”. Dalam hadist tersebut menerangkan bahwa tahajud dapat membuat wajah seorang mukmin terlihat bercahaya, tampan dan cantik. Sholat tahajud tidak hanya membuat fisik seseorang terlihat bercahaya, tetapi dapat melatih hati atau batin untuk selalu mencerminkan sifat terpuji.

9. Meringankan Saat Dihisab di Akhirat

Selama hidup di dunia manusia selalu berusaha dalam mengejar amal ibadah sebagai bekal di akhirat nanti. Tak mungkin dapat di hindari bahwa setiap manusia akan melewati suatu pertanggung jawaban yang mana menyaksikan seberapa besar amal kebaikan yang pernah dilakukan selama hidup di dunia. Apabila kadar amalnya lebih berat maka beruntunglah Ia karena surga tempatnya, tetapi bila dosa yang lebih berat maka celakalah karena Ia termasuk golongan penghuni neraka.

Baca Juga : 10 Tips Persiapan Menyambut Puasa Bulan Ramadhan

Dengan rajin mengerjakan sholat tahajud dapat meringankan seorang mukmin saat dihisap, karena ketulusan hati saat berdoa dapat menghapus dosa-dosa yang pernah diperbuat dan berjanji tidak mengulangi perbuatan yang sama.

10. Sholat Yang Paling Afdhol Setelah Sholat 5 Waktu

Sholat tahajud merupakan sholat yang paling afdhol untuk dikerjakan setelah sholat lima waktu. Maka dari itu terdapat banyak sekali keistimewaan yang terdapat di dalam sholat sunnah ini. Keheningan malam saat selesai mengerjakan sholat tahajud, Anda dapat berdoa dengan khusyu’ dengan meluapkan isi hati kepada Allah. Dengan rasa ikhlas mengerjakannya, insyaallah hati Anda akan menjadi lebih tenang dan tentram.

Itulah manfaat sholat sunnah tahajud bagi kehidupan Anda. Dengan mengetahui dasyatnya manfaat dari sholat tahajud, hendaknya kita semua semangat dalam mengerjakannya. Ketentraman dan kedamaian hati akan terus terjaga bila kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, mari kita belajar dan konsisten untuk mengerjakan sholat sepertiga malam ini. “Wallahu A'lam Bisshowab”, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel