10 Dahsyatnya Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan Manusia

Sholat sunnah tahajud memiliki banyak kemuliaan yang terdapat di dalamnya, selain itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia apabila rajin dikerjakan. Walaupun mempunyai banyak manfaat, sholat tahajud jarang dikerjakan oleh umat muslim. Pasalnya sholat sunnah ini dilakukan setelah bangun dari tidur dengan waktu yang paling mustajab yakni jam 03.00 pagi (sepertiga malam).

10 Dahsyatnya Manfaat Sholat Tahajud Untuk Kesehatan Manusia

Pada waktu tersebut banyak diantara kita yang masih tidur terlelap dalam tidurnya. Namun berbeda dengan seorang muslim yang tau manfaat dari sholat tahajud ini. Mereka akan senang bangun pagi untuk mengerjakan sholat sunnah ini agar mendapatkan keutamaan di dalamnya sesuai dengan janji Allah yang dijelaskan dalam Al Quran.

Mungkin sebagian manusia tidak menyadari bahwasanya gerakan dalam sholat dapat memberikan nilai baik bagi kesehatan. Selain itu juga kondisi waktu yang tenang dan sunyi dapat menambah kekhusyukan kita dalam beribadah dan akan membawa pada pola pikir yang terhindar dari stress. Lantas apa saja dahsyatnya manfaat sholat tahajud untuk kesehatan? Simak ulasanya di bawah ini.

1. Melancarkan Aliran Darah

Tubuh manusia akan merasakan lebih sehat dan nyaman jika peredaran darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh dapat dilakukan dengan baik dan stabil. Kondisi seperti ini bisa saja Anda rasakan pada saat bangun pagi hendak mengerjakan sholat tahajud. Keadaan udara pagi di sepertiga malam yang tergolong masih bersih dan belum tercemar akan membuat organ paru-paru menjadi lebih sehat serta aliran darah menjadi lancar.

Dengan kondisi aliran darah yang lancar membuat metabolisme tubuh menjadi baik pula. Lain halnya orang yang bangun selain di waktu tersebut, pasalnya apabila bangun tidur di saat matahari telah terbit maka kondisi udara dan suasana sudah berbeda karena banyak kendaraan transportasi yang mulai beroperasi sehingga membuat udara tercemar.

2. Membesarkan Rongga Paru-Paru

Tanpa kita sadari bahwa gerakan pada sholat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, walaupun sebagian orang belum banyak yang mengetahuinya. Salah satu gerakan dalam sholat yang bermanfaat untuk kesehatan paru-paru adalah gerakan takbiratul ihram.

Baca Juga : 10 Manfaat Sholat Tahajud di Sepertiga Malam Bagi Kehidupan

Pada saat melakukan gerakan takbiratul ihram kedua belah tangannya bersedekap. Gerakan ini akan membuat rongga paru-paru menjadi besar karena udara yang kita hirup jauh lebih banyak. Sholat sunnah tahajud yang dilakukan sepertiga malam akan mendukung organ paru-paru menjadi jauh lebih sehat, apa lagi bila sering dikerjakan tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Mencegah Terjadinya Infeksi Pernapasan

Menurut pakar kesehatan telah menganalisa bahwa menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan mengerjakan sholat tahajud. Pasalnya tahajud diyakini dapat membantu tubuh untuk menghindari serangan dari penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan macam-macam penyakit seperti infeksi pernapasan. Maka dari itu biasakan sholat tahajud sebagai kegiatan rutinitas serta sebagai metode terapi untuk menjaga tubuh tetap selalu sehat.

4. Pikiran Menjadi Tenang

Kegiatan yang dikerjakan seharian mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran, ditambah lagi berbagai masalah yang selalu mewarnai kehidupan ini. Beristirahat dengan waktu tidur yang cukup dapat membantu tubuh dalam memperbaiki jaringan sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Baca Juga : 4 Keutamaan Sholat Tahajud Yang Dijelaskan Dalam Al Quran

Di saat Anda bangun pagi dan melaksanakan sholat tahajud, pikiran dan tubuh akan terasa jauh lebih tenang serta segar. Dan berdoa meminta kepada Sang Pencipta agar apa yang Anda lakukan selalu diberikan kemudahan dalam memulai dan menyelesaikan suatu perkara.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sholat tahajud selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik dapat membuat orang tersebut tidak akan mudah terserang penyakit, selain itu gerakan yang ada dalam sholat dapat membantu kekebalan tubuh manusia semakin kuat dan hal ini sangat menguntungkan bagi orang yang terkena penyakit yang tergolong berat seperti kangker. Maka dari itu jadikanlah sholat tahajud sebagai metode terapi kesembuhan.

6. Wajah Terlihat Bercahaya

Wajar saja apabila ada manusia yang selalu beribadah akan terlihat tanda takwa di wajahnya. Air wudhu yang selalu membasahi wajah dan senang mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam akan menjadikan wajah orang tersebut bercahaya. Orang lain yang memandang wajah orang beriman akan merasakan hal yang berbeda dibandingkan melihat wajah orang yang tidak beriman, karena Allah telah memberikan mereka sebagian dari cahaya-Nya (Al-Magrizi, Mukhtazar Qiyaamallail)

7. Mengatasi Diabetes

Menurut beberapa penelitian kesehatan menemukan bahwa dengan mengerjakan sholat tahajud dapat menurunkan kadar kandungan kortisol dalam tubuh manusia. Kortisol sendiri bermanfaat dalam meningkatkan kandungan gula darah dengan merangsang metabolisme karbohidrat. Apabila jumlah kortisol terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes, oleh sebab itu sholat tahajud diyakini bisa mencegah meningkatnya kortisol pada tubuh serta dapat menstabilkannya.

8. Memelihara Kesehatan Ginjal dan Jantung

Selain dapat mengatasi diabetes, sholat tahajud dapat menyehatkan organ ginjal dan jantung. Kandungan kortisol pada tubuh dengan jumlahnya yang terbilang tinggi justru dapat memicu gangguan pada kinerja organ ginjal dan jantung. Pasalnya kortisol yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung dan kesulitan pembuangan urin.

9. Menghindari Hipotensi Dan Hipertensi

Waktu di sepertiga malam memang memiliki manfaat yang baik untuk otak manusia. pasalnya pada waktu itu otak melepaskan beta endosin, melatonin dan serotonin. Di mana ketiga zat tersebut dapat membuat kondisi manusia menjadi tenang hingga homeostasis terbangun.

Baca Juga : 10 Cara Membangun Semangat Untuk Sholat Lima Waktu

Namun apabila terdapat gangguan pada homeostasis, seseorang akan mudah mengalami pusing yang bisa menyebabkan datangnya penyakit hipertensi dan hipotensi.

10. Mampu Ngontrol Emosi

Ketika kita senantiasa mengerjakan sholat tahajud maka hati dan pikiran menjadi lebih tenang, ketentraman itu di dapat karena kita selalu mendekatkan diri kepada Allah. Kesunyian waktu tahajud dapat menjadi renungan untuk kita selalu beristighfar meminta ampun kepada yang memberi kehidupan dan berdoa agar kita termasuk dalam golongan orang yang penyabar.

Demikian dahsyatnya manfaat dari sholat tahajud untuk kesehatan yang jarang sekali diketahui oleh umat muslim. Semoga dari artikel dapat membangun dan meningkatkan ibadah sholat tahajud untuk terus mengerjakannya. “Wallahu A'lam Bisshowab”, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel