8 Keutamaan Surah Al Kahfi di Malam Jumat dan di Hari Lainnya

Hari jumat merupakan salah satu hari istimewa bagi umat muslim. Allah Ta’ala memuliakan dan mentakdirkan beberapa peristiwa besar yang sudah dan akan dialami manusia, seperti diciptakan dan dilahirkan nabi Adam pada hari jumat, hari ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk yang ada di alam semesta.

Hari jumat erat kaitannya dengan beberapa amalan-amalan sunnah yang sering dikerjakan seorang muslim, seperti membaca surah yassin, surah Al Kahfi dan melaksanakan sholat jumat. Surah Al Kahfi merupakan surah ke 18 dalam al quran dan memiliki 110 ayat. Surah Al Kahfi juga termasuk dalam golongan surah makkiyah, karena diturunkan di kota mekah.

Surah Al Kahfi memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang ikhlas membacanya. Salah satunya terhindar dari finah Dajjal, dimana hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah yang berbunyi: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama surah Al Kahfi, maka ia terlindungi dari (fitnah) Dajjal”. (HR. Muslim)

8 Keutamaan Surah Al Kahfi di Malam Jumat dan di Hari Lainnya

Keutamaan Surah Al Kahfi

Dianjurkan bagi seorang muslim untuk membaca surah Al Kahfi pada hari jumat dan malam jumat. Selain itu, membaca surah Al Kahfi tidak hanya dibaca pada hari jumat saja melainkan setiap hari. Terdapat beberapa keutamaan yang Allah SWT berikan kepada hambanya yang rutin membaca surah Al Kahfi. Apa saja keutamaan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Disinari Cahaya Kebaikan

Keutamaan membaca surat Al Kahfi yang pertama adalah diterangi cahaya kebaikan dan mendapatkan ganjaran pahala yang melimpah. Tak hanya itu saja, seseorang muslim yang rutin membaca surat Al Kahfi pada hari jumat maupun hari yang lain akan mendapat syafaat di hari pembalasan, hal ini sama seperti membaca surat Ar Rahman. Cahaya kebaikan tersebut akan bersinar dari kedua telapak kaki sampai ke langit.

Pada hari di mana orang-orang lelaki dan perempuan mukmin di dahului oleh cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka sesuai dengan amal perbuatan mereka. Dikatakan mereka pada hari itu," berbahagialah kalian dengan surga yang luas, yang dibawah istana-istana dan pepohonannya mengalir sungai-sungai dan engkau tidak akan dikeluarkan darinya. Balasan itu adalah kemenangan besar bagi engkau di akhirat. Sebagaimana yang telah diterangkan dalam Al Quran Surat Al Hadid ayat 12.

2. Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Membaca surat Al Kahfi pada hari jumat maupun di hari lainnya dapat membuat kita terhindar dari fitnah dajjal. Ada sabda Rasulullah yang menerangkan keutamaan surat Al Kahfi mengenai fitnah Dajjal, yaitu:"Barang siapa yang membaca sepuluh ayat permulaan surat Al Kahfi maka ia terlindungi dari dajjal." (HR. Muslim)

"Siapa di antara engkau mendapatinya (dajjal). Segeralah dia melafalkankan ayat pembuka surah Al Kahfi kepadanya, sebab bacaan itu membentengi kamu dari fitnahnya (dajjal)."

3. Diampuni Dosanya Oleh Allah SWT

Keutamaan yang didapatkan bagi Anda yang rutin membaca surat Al Kahfi adalah diampuni dosanya oleh Allah SWT, baik itu dosa yang disadari maupun tidak disadari. Manusia akan dijebak dan diperdaya oleh setan agar berbuat dosa dan menjadikan teman mereka di neraka. Untuk itu, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang tahu kesalahannya dan melakukan tobat nasuha.

Kamu juga dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi pada hari jumat dan hari lainnya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Barang siapa yang melisankan surat Al Kahfi di hari jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kaki hingga ke langit, akan meneranginya nanti di hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua jumat."

4. Dijauhkan Dari Godaan Setan

Setan merupakan musuh bagi manusia dalam berbuat baik dan beramal soleh, mereka selalu memperdaya manusia menuju jalan kesesatan. Cara untuk melindungi kita dari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah ta'ala dan membiasakan membaca surat Al Kahfi.

Dengan mengamalkan surat Al Kahfi maka setan tidak akan bisa masuk ke rumah sepanjang malam. Sebuah Hadits oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal, yaitu: "Rumah yang rajin menyuarakan surat Al Kahfi dan surat Al Baqarah, maka rumah itu tak akan dimasuki setan semalaman. Dengan demikian, bacalah surat Al Kahfi supaya telindungi dari godaan setan."

5. Mendapatkan Rida Allah SWT

Setiap manusia pasti ingin mendapat rida Allah SWT dalam menjalankan hidup. Sebab rida Allah bisa membuat hidup manusia menjadi lebih damai, tentram dan nyaman. Membaca surat Al Kahfi secara rutin dapat menjadi solusi untuk mendapatkan rida Allah Ta'ala.

Baca Juga:


Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya. Dan siapa yang melafalkan semuanya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”

Hadits di atas menjelaskan bahwa membaca surat Al Kahfi dapat membuat manusia menjadi lebih dekat dengan rida Allah dan mempermudah mendapat cahaya berkah serta terhindar dari perasaan gelisah.

6. Diterangi Cahaya Antara Dua Jumat

Surat Al Kahfi memang memiliki banyak keutamaan dan pahala bagi siapa saja yang rajin membacanya. Salah satu keutamaan itu adalah diterangi cahaya di antara dua jumat, hal ini seperti sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Siapa pun yang membaca surat Al Kahfi pada hari jumat, maka Allah menerangi itu diantara dua jumat."

7. Sebagai Pengingat Hari Kiamat

Firman Allah dalam Surat Al Kahfi ayat 47, manusia telah diingatkan akan datangnya akhir suatu hari nanti. Di dalam surat itu, manusia akan diperlihatkan gambaran kondisi bumi saat hari kiamat.

Kita diingatkan bahwa Allah akan melenyapkan gunung dari tempatnya sehingga bumi terlihat rata, tidak ada sesuatu pun dipermukaannya yang menutupi sebelumnya berada diatasnya, yakni makhluk-makhluk. Allah Ta’ala akan mengumpulkan semua manusia terdahulu dan belakangan menuju tempat hisap.

8. Menjelaskan Tentang Kebesaran Allah SWT

Surat Al Kahfi juga menjelaskan mengenai tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Imam Nawawi menerangkan bahwa pada pemulaan surat Al Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban yang perlu manusia ketahui. Salah satu ayat yang menjelaskan kebesaran Allah Ta’ala terdapat pada surat Al Kahfi ayat 102.

Itulah delapan keutamaan membaca surat Al Kahfi di malam jumat dan di hari lainnya bagi yang rajin mengamalkannya. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel