6 Manfaat Aqiqah Untuk Anak dan Keutamaannya

Bagi kita yang beragama muslim pastinya tau, apa itu Aqiqah? Menurut bahasa aqiqah memiliki arti memotong. Sedangkan menurut Zamakhsyari arti dasar yaitu rambut bayi. Namun menurutnya pula aqiqah adalah menyembelih kambing.

Secara syara' aqiqah ialah memotong kambing sebagai bentuk syukur atas kelahiran bayi yang dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahirannya. Kegiatan ini juga termasuk salah satu sunnah nabi yang juga dilakukan oleh umat muslim terdahulu. Rasulullah SAW besabda: "Setiap anak yang baru lahir itu tergadai dengan aqiqahnya, yaitu seekor kambing yang disembelih untuknya pada hari ketujuh, lalu si anak diberi nama dan rambut kepalannya dicukur." (HR. Tirmidzi, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Dari penjelasan hadits diatas bahwa maknanya yaitu bahwa anak yang baru lahir itu tertahan (terhalangi) untuk memberi syafaat kepada orang tua. sementara kata "tergadai" menurut bahasa berarti tertahan, sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al Muddatsir ayat 38 yaitu: "tiap-tiap diri  tertahan (harus mempertanggungjawabkan) apa yang telah di perbuat."

6 Manfaat Aqiqah Untuk Anak dan Keutamaannya

Manfaat Aqiqah Untuk Anak

Untuk mengaqiqahkan seorang anak laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan, dimana anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing yang sama ukurannya (umurnya) dan anak perempuan satu kambing saja.

Lantas, apa saja manfaat aqiqah untuk anak? Ternyata ada banyak manfaat dan keutamaan aqiqah bagi anak dan orang tuanya, diantaranya adalah:

  • Memberikan kabar baik tentang kelahiran anak Anda kepada tetangga
  • Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan
  • Sebagai salah satu cara bersyukur kepada Allah
  • Sebagai pembebasan dari gangguan setan
  • Melepaskan status anak yang tergadaikan
  • Semoga dikabulkannya doa untuk si bayi

Keutamaan Aqiqah Untuk Anak

Selain manfaat aqiqah bagi anak, ada juga beberapa keutamaan aqiqah. Apa saja itu? Berikut keutamaan aqiqah yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Mendoakan Kebaikan Untuk Anak


Pada acara aqiqah, biasanya disertai doa-doa yang dikhususkan untuk mendoakan bayi dan juga orang tuanya. Bayi akan menerima banyak doa dari orang-orang yang hadir pada acara tersebut, hal ini dapat menjadi keuntungan bagi bayi yang tidak terhitung jumlahnya dan insyaallah bermanfaat untuk kehidupannya.

2. Menghilangkan Penyakit Dan Kotoran Pada Bayi

Aqiqah dibarengi dengan kegiatan mencukur rambut pada bayi dengan niat menghilangkan penyakit dan kotoran pada bayi. Tentu saja hal ini sangat penting, dimana memohon kepada Allah agar anak terhindar dari berbagai penyakit, baik itu penyakit hati ataupun penyakit fisik.

3. Meningkatkan Ibadah Kepada Allah SWT

Pada acara aqiqah akan dihiasi pembacaan ayat suci Al-Quran, yasin, tahlil, sholawatan, doa-doa dan pemberian tausiyah oleh ustadz atau ustadzah. Hal ini membuat pelaksanaan aqiqah menjadi meningkatkan ibadahnya kepada Allah Ta’ala.

4. Mendapatkan Pahala

Seperti yang kita ketahui bahwa aqiqah termasuk sunnah rasul, dengan melaksanakan sunnah rasul sama saja membuktikan kecintaan kepada Rasulullah. Pasalnnya, sumber dasar islam ada pada Al-Quran dan As Sunnah yang mana aqiqah adalah salah satu yang ada di dalam sunnah itu.

5. Mempererat Ukhuwah Sesama Muslim

Keutamaan aqiqah yang terakhir adalah dapat meningkatkan rasa cinta sosial sesama muslim. Dimana hidangan aqiqah yang dibagikan kepada saudara-saudara muslim akan meningkatkan hubungan persaudaraan. Rasa solidaritas dan cinta dapat semakin kokoh pada sesama muslim.

Baca Juga:


Itulah manfaat dan keutamaan aqiqah. Apapun ibadah yang kita kerjakan, dasarkan dengan ikhlas dan tulus menjalankan ajaran islam. Sehingga pahala didapatkan mencakup kebaikan dunia dan akhirat. Wallahu A’lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel