7 Manfaat Air Zam Zam Dalam Islam Yang Jarang Diketahui

Air zamzam merupakan air yang memiliki manfaat yang luar biasa dibandingkan dengan air biasanya. Air ini berasal dari sumur zamzam yang berada di pusat Kota Mekah, dan biasanya air zamzam dijadikan oleh-oleh bagi orang yang baru pulang dari tanah suci untuk menunaikan ibadah haji ataupun ibadah umrah. Umat islam percaya bahwa air zamzam adalah air yang suci dan memiliki banyak manfaat.

Menurut beberapa sumber, sebutan zamzam berasal dari bahasa arab yang artinya banyak atau melimpah. Tak heran jika sumur air zamzam disebut-sebut tidak pernah kering, meskipun telah diambil berliter-liter setiap harinya. Air zamzam juga dikenal sebagai air yang paling murni, tidak berjamur, bau, tidak berubah warna atau rasa.

Dari hasil penelitian, terdapat kandungan unsur anorganik pada air zamzam seperti natrium, kalsium, garam laut, dan magnesium. Kandungan tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit.

7 Manfaat Air Zam Zam Dalam Islam Yang Jarang Diketahui

Manfaat Air Zam Zam Dalam Islam

Ternyata air zamzam juga bisa menghilangkan rasa haus dan lapar, pasalnya minum air zamzam akan membuat perut terasa kenyang dan tubuh menjadi segar. Selain itu, ada beberapa manfaat dan keutamaan meminum air zamzam. Apa saja itu?

1. Dapat Menghilangkan Kemunafikan

Manfaat air zamzam dalam islam yang pertama adalah dapat menghilangkan kemunafikan dalam diri seseorang. Dengan meminum air zamzam penyakit hati seperti sifat munafik secara berlahan akan hilang. Hal ini diterangkan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Meminum air zamzam hingga puasa dapat menyingkirkan kemunafikan." (HR. Ibnu Abbas)

2. Dapat Menghapus Dosa-Dosa

Selain dapat menghilangkan kemunafikan, manfaat dari air zamzam juga bisa mengampuni dosa-dosa orang yang meminumnya. Hal ini disebutkan dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang mengelilingi Ka'bah hingga tujuh kali, sholat di belakang makam Ibrahim dan minum air zamzam niscaya diampuni dosa-dosanya." (HR. Al Wahidi)

3. Mewujudkan Niat Orang Yang Meminum

Dengan minum air zamzam, semua doa yang kamu inginkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi ketika hendak minum air zamzam, sebaiknya niatkan dulu apa yang Anda inginkan agar dapat dikabulkan. Ada sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: " Air zamzam itu manfaatnya sesuai dengan apa yang diniatkan." (HR. Ibnu Majah)

4. Memiliki Banyak Berkah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa air zamzam memiliki banyak keberkahan. Minumlah air zamzam sampai puas maka Anda akan mendapatkan keberkahan, berupa kesehatan jasmani dan rohani. Rasulullah SAW bersabda: " Air zamzam banyak mengandung berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar." (HR. Ahmad)

5. Termasuk Sebagian Dari Ibadah

Melihat atau meminum air zamzam adalah ibadah. hal ini telah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi: "Melihat air zamzam adalah ibadah, Ia (air zamzam) bisa mengilangkan dosa dan kesalahan, dan salah satu keutamannya adalah barangsiapa memercikannya ke kepala tiga kali niscaya dia tidak akan terkenan penyakit." (HR. Al Fakihi)

6. Membedakan Dengan Orang Munafik

Manfaat dan keutamaan minum air zamzam selanjutnya adalah dapat membedakan dengan orang munafik. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda: " Yang membedakan kita dengan orang munafik adalah bahwa mereka tidak minum dan merasakan air zamzam sampai puas." (HR. Ibnu Majah)

7. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Air zamzam dipercaya bisa menyembuhkan dan bahkan menyehatkan tubuh manusia jika diminum sampai puas. khasiat dari air zamzam dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah osteoporosis, mencegah penyakit kanker, meningkatkan energi, meregenerasi sel kulit mati, melancarkan metabolisme tubuh dan lain sebagainya.

Adab Minum Air Zamzam

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika minum air zamzam, diantaranya:

  • Membaca basmalah
  • Minum menggunakan tangan kanan
  • Hindari minum sekali teguk
  • Minum sampai merasa kenyang
  • Minum dengan posisi duduk
  • Banyak membaca doa

Itulah manfaat minum air zamzam dalam islam yang jarang orang ketahui. Air zamzam memang memiliki banyak manfaat, tak heran jika umat muslim yang pergi ibadah haji dan umrah selalu membawa pulang air zamzam sebagai buah tangan. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel