10 Manfaat Air ZamZam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Apakah Anda pernah minum air zamzam? Jika pernah, tentu Anda tahu perbedaan rasa antara air zamzam dengan air mineral. Diketahui bahwa sumber air zamzam berada di Kota Mekah, biasanya jamaah haji atau umrah akan membawa pulang beberapa liter air zamzam sebagai oleh-oleh. Air ini memang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit.

Adapun beberapa hal yang membuat air zamzam lebih istimewah dibandingkan air mineral. Hal ini dikarenakan air zamzam mengandung garam laut, kalsium, natrium dan magnesium. Sebab itu, air zamzam dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia, baik itu untuk meningkatkan kesehatan ataupun untuk menyembuhkan penyakit.

Dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa Abi Thufail dari Ibnu Abbas Radhiyallahu, ia berkata : "Saya mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: 'kami mengatakan air zamzam dengan Syuba'ah. Dan kami mendapatkan, air zamzam ialah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinan)." (HR. Tabrani)

10 Manfaat Air ZamZam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Air ZamZam Untuk Kesehatan

Terdapat beberapa manfaat yang Anda dapatkan jika meminum air zamzam. Manfaat tersebut bisa berupa kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Apa saja manfaat air zamzam? Berikut ini ulasanya.

1. Dapat Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat mengonsumsi air zamzam secara rutin adalah dapat menurunkan kolesterol jahat. Menurut penelitian menyatakan bahwa hewan yang diberikan air zamzam mengalami penurunan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan air zamzam banyak mengandung mineral, seperti magnesium, kalium, fluoride, sodium, klorida dan kalsium dalam jumlah yang tinggi.

2. Dapat Mencegah Osteoporosis

Minum air zamzam dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit pengeroposan tulang pada manusia terjadi karena kekurangan asupan kalsium dan osteoporosis lebih banyak menyerang seseorang yang sudah lansia.

Kandungan kalsium pada air zamzam cukup tinggi yaitu 300–340 mg/L, tentu saja ini sangat bermanfaat untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat. Berbeda dengan air mineral yang hanya memiliki kadar kalsium 28–30 mg/L.

3. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang bisa berujung pada kematian. Namun, kanker dapat diatasi dengan mengonsumsi air zamzam secara rutin. Air zamzam berfungsi sebagai terapi untuk beberapa jenis kanker, salah satunya adalah kanker paru-paru. Air zamzam sebagai terapi untuk kanker bisa saja dilakukan, karena air zamzam bersifat basa (alkali) dan mengandung mineral. Untuk air alkali sendiri memiliki aktivitas antioksidan yang kuat serta efek antikanker.

Baca Juga : Manfaat Air ZamZam Dalam Islam

Pada penelitian yang menggunakan hewan uji, konsumsi air zamzam secara rutin selama satu bulan, terbukti dapat mengecilkan ukuran tumor. Ternyata air zamzam bisa memicu terjadinya respon imun yang mampu melawan sel-sel tumor. Tak hanya itu saja, air zamzam dapat meningkatkan jumlah komponen yang bisa meminimalisir kanker di tubuh, yaitu Lunasin dan Bikunin.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Konsumsi air zamzam secara rutin dapat bermanfaat menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Kandungan fluoride yang tinggi dalam air zamzam mampu mencegah gigi berlubang atau karies gigi. Fluoride merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga keutuhan gigi. Sebab itu, dokter gigi selalu merekomendasikan untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi berflouride.

5. Dapat Meregenerasi Sel Kulit

Manfaat air zamzam tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga memberikan khasiat untuk kecantikan. Air zamzam mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hasil regenerasi kulit akan membuat wajah terlihat cerah, lembut dan kenyal. Anda juga bisa menggunakan air zamzam untuk wudhu, jika persediaannya masih banyak.

6. Mampu Meningkatkan Energi Dan Metabolisme

Manfaat air zamzam lainnya adalah dapat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. Kandungan kalsium dan magnesium pada air zamzam mampu mengatasi rasa lelah sehingga tubuh akan terasa berenergi. Secara tidak langsung, air zamzam memberikan makan sel-sel dalam tubuh. Itu sebabnya, para peziarah minum air zamzam setelah selesai tawaf.

7. Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu penyebab tubuh menjadi kurang sehat adalah adanya sirkulasi darah yang tidak lancar. Hal ini disebabkan pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Untuk mencegah risiko terkena penyumbatan pembuluh darah, cobalah konsumsi air zamzam dan dibarengi dengan olahraga serta makan buah dan sayuran hijau.

8. Menutrisi Janin Selama Dalam Kandungan

Air zamzam sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, ketika sedang mengandung Ia wajib memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya agar janin tetap sehat dan berkembang dengan baik. Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein, asam folat dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

9. Membuat Anak Menjadi Pintar Dan Cerdas

Iman Syafi'i minum air zamzam dengan niat supaya pandai memanah, sampai sepuluh kali memanah beliau sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau menyampaikan: "Saya minum air zamzam untuk 3 hal yaitu pintar memanah, pandai dalam agama dan untuk masuk surga."

10. Lebih Sehat Dari Air Minum Biasanya


Apakah Anda pernah minum air zamzam? Jika pernah, tentu tau perbedaan rasa antara air ini dengan air mineral biasa. Jika dilihat kandungan mineral dari keduannya, air zamzam lebih kaya dibandingkan air biasa. Hal inilah yang membuat air zamzam lebih sehat daripada air mineral. Menariknya lagi, air zamzam bebas dari kuman dan bakteri setelah dilihat dari hasil uji cona utraviolet.

Itulah manfaat air zamzam untuk kesehatan tubuh. Ketika hendak minum air zamzam, dianjurkan untuk membaca basmalah dan berdoa agar apa yang diniatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, terutama minta kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel