4 Amalan Setelah Sholat Subuh Agar Dimudahkan Rezeki

Sholat subuh merupakan salah satu bagian dari sholat wajib yang dikerjakan mulai dari terbit fajar shidiq hingga terbit matahari. Sama halnya dengan sholat fardhu lainnya, sholat subuh juga memiliki banyak keutamaan terutama dalam memudahkan mendapatkan rezeki. Meskipun memiliki keutamaan, namun masih banyak di antara kita yang meninggalkan sholat subuh dengan alasan ketiduran dan masih mengantuk.

Padahal, sholat shubuh menjadi salah satu cara yang paling khusyuk saat berdoa, melihat pelaksanaanya yang dikerjakan pada waktu pagi yang terbilang masih sunyi. Bagi umat muslim yang sudah melaksanakan sholat subuh tidak dianjurkan untuk tidur kembali, karena tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk menjalankan beberapa amalan seperti berdzikir, berdoa dan mencari rezeki.

4 Amalan Setelah Sholat Subuh Agar Dimudahkan Rezeki

Amalan Setelah Sholat Subuh

Ada beberapa amalan setelah sholat subuh yang bisa Anda lakukan agar dimudahkan rezeki. Kerjakanlah amalan ini hingga menjadi kebiasaan dan lakukan dengan ikhlas supaya apa yang Anda niatkan dapat segera dikabulkan Allah SWT. Inilah amalan setelah mengerjakan sholat subuh, yaitu:

1. Berdoa Setelah Sholat Subuh

Amalan pertama yang dapat dilakukan setelah sholat subuh adalah doa. Berdoa merupakan salah satu rutinitas yang wajib dikerjakan setelah sholat, tak hanya saat selesai sholat saja. Namun, setiap saat kita harus selalu berdoa memohon kepada Allah SWT agar diberi perlindungan dan kemudahan dalam segala urusan.

Penting bagi kita untuk berdoa setelah sholat subuh atau sholat wajib lainnya, karena berdoa memiliki banyak manfaat seperti dapat mengubah takdir, salah satu bentuk ibadah kepada Allah, menghindari diri dari keburukan, mendapatkan rahmat dari Allah dan menghindari murka Allah SWT.

2. Berdzikir Setelah Sholat Subuh

Amalan yang baik dilaksanakan setelah sholat subuh adalah dzikir. Terdapat beberapa surat di dalam Al Quran yang berisi agar manusia senantiasa berdzikir setelah sholat. Berdzikir merupakan suatu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat muslim agar memperoleh pahala.

Berzikir memang menjadi cara yang baik untuk dikerjakan, karena memiliki banyak keutamaan seperti terlindungi dari bahaya godaan setan, menghindari putus asa, memberikan ketenangan hati dan memperoleh kasih sayang Allah SWT.

3. Membaca Al Quran Setelah Sholat Subuh

Membaca Al Quran dapat menjadi amalan penting setelah sholat subuh. Ada beberapa surat dalam al qauran yang disarankan untuk dibaca setelah sholat subuh, seperti surat Al Fatihah, lima ayat pertama surat Al Baqarah, membaca ayat 255 hingga 257 surat Al Baqarah, membaca ayat 284 sampai 286 surat Al Baqarah, surat Al Ikhlas, surat Al Falaq dan surat An Naas.

Baca Juga :


Perlu diketahui bahwa ada adab-adab yang perlu Anda perhatikan ketika membaca Al Quran, seperti duduk menghadap kiblat, membaca ta'awudz, memegang dengan tangan kanan, memperhatikan hukum tajwid dan menutup dengan doa.

Amalan membaca Al Quran setelah sholat subuh memiliki banyak keutamaan, diantaranya dapat memberikan derajat dan wibawa lebih baik, memperoleh syafaat di hari kiamat, membuat seseorang berfikir mulia, hati menjadi lebih tentram dan dapat menyembuhkan penyakit.

4. Memulai Aktivitas Di Pagi Hari

Amalan yang terakhir adalah memulai aktivitas. Setelah selesai mengerjakan sholat subuh tidak baik bagi kita untuk tidur kembail, melainkan dianjurkan untuk langsung melakukan kegiatan. Dalam sabda Rasulullah SAW sudah dijelaskan bahwa setelah sholat subuh jangan tidur kembali karena bisa menyebabkan rezeki kita hilang.

Syekh al Munawi dalam Faidhul Qadir menerangkan bahwa kebiasaan Rasulullah SAW setelah subuh diawali dengan hal-hal bermanfaat yang bisa mendatangkan rezeki, yaitu di waktu yang diberkahi. Setelah mengerjakan sholat subuh, Rasulullah SAW berdzikir dan beristighfar. Setelah matahari terbit, Rasulullah berjalan keluar untuk mencari rezeki.

Itulah empat amalan setelah sholat subuh yang dapat dapat Anda kerjakan setiap hari. Semoga dengan melaksanakan amalan-amalan di atas, kita banyak memperoleh keberkahan rezeki dan kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel