5 Waktu Terlarang Untuk Mengerjakan Sholat

Sholat adalah kegiatan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dengan penuh rasa kekhusyukan dan keikhlasan di dalam perkataan dan perbuatan, yang mana dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan bacaan salam. Hukum sholat ada yang wajib dan sunnah, boleh dikerjakan secara berjamaah maupun mufarid (sendirian). Akan tetapi ada beberapa sholat yang wajib dikerjakan secara berjamaah seperti sholat jum’at.

Sebelum mengerjakan sholat, Anda harus tau terlebih dahulu apa saja syarat wajib, sah, rukun dan yang membatalkan sholat. Segala sesuatunya memang harus kita pelajari dengan benar, agar kegiatan ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah SWT dan menjadi amal penolong di hari akhir. Ada banyak dalil yang mempertegaskan bahwa umat muslim diwajibkan untuk sholat, seperti yang dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 43, Surah Al-Ankabuut ayat 45 dan sebagainya.

Dalam pelaksanaan sholat ada waktu dan hari dimana sholat tersebut dikerjakan. Dalam sehari sholat fardhu yang dikerjakan umat muslim ada lima, diantaranya: shubuh, zhuhur, ashar, maghrib dan isya. Setiap sholat lima waktu yang dikerjakan memiliki waktu yang berbeda beda, ada yang dikerjakan pada menjelang pagi, siang, sore dan malam hari. Tapi, Apakah Anda tau bahwa ada waktu terlarang untuk mengerjakan sholat? Waktu yang tidak diperbolehkan seorang muslim mengerjakan sholat akan kita bahas selengkapnya disini.

5 Waktu Terlarang Mengerjakan Sholat

Berdasarkan hadist riwayat Bukhari dan Muslim yang berisi bawha ada waktu yang dilarang seorang muslim untuk melaksanakan sholat, kecuali sholat yang mempunyai sebab.

5 Waktu Terlarang Untuk Mengerjakan Sholat

1. Setelah sholat subuh hingga matahari terbit. Jadi setelah selesai melaksanakan sholat subuh hingga terbitnya matahari setinggi tombak, seorang muslim dilarang untuk mengerjakan shalat

“ Tidak ada lagi setelah sholat subuh hingga matahari meninggi dan tidak ada sholat setelah sholat ashar hingga matahari tenggelam”. (HR. Bukhari)

2. Ketika terbitnya matahari sampai sempurna (kurang lebih 10 derajat dari permukaan bumi), syehk bin baz mengatakan sekitar 15 menit dari mulai matahari terbit.

3. Ketika matahari tepat diatas kepala hingga condong sedikit ke barat. Ketika bayangan kita sudah mulai tampak karena matahari yang mulai tergelincir ke barat, disitulah diperbolehkan kembali untuk  melakukan sholat.

4. Setelah sholat ashar sampai terbenamnya matahari seorang muslim dilarang untuk mengerjakan sholat


5. Ketika mulai terbenamnya matahari hingga sempurna

Ketika di waktu terlarang, ternyata ada beberapa sholat yang diperbolehkan untuk dikerjakan karena memiliki sebab (dzawatul asbab). Para ulama telah berpendapat mengenai sholat sunnah yang memiliki sebab boleh dillakukan di waktu tertentu, diantaranya: sholat jenazah, sholat tahiyatul masjid, sholat gerhana dan sholat ‘id.

Itulah kelima waktu terlarang yang tidak diperbolehkan untuk mengerjakan sholat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan kita mengenai ilmu tentang sholat, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel