8 Manfaat Zakat Fitrah di Bulan Ramadan Agar Ibadah Sempurna

Zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan bagi setiap umat muslim di bulan ramadan. Hukum zakat fitrah adalah fardhu'ain, ketentuan pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan mulai dari awal bulan ramadan sampai menjelang sholat idul fitri. Bentuk pembayaran zakat fitrah bisa berupa uang, beras, gandum, kurma dan lain sebagainya. Menurut pendapat para ulama besaran zakat fitrah senilai 1 sha' atau setara 2,5 kg hingga 3,5 kg beras sesuai dengan konsumsi tiap individu sehari-hari.

Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda: "Bahwa Rasulullah telah mewajibkan zakat fitrah yaitu sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perkataan dan perbuatan keji".

Makna zakat fitrah tidak hanya memberikan sebagian harta bagi muslim yang mampu. Melainkan masih banyak keutamaan dan manfaat zakat fitrah yang bisa diperoleh umat muslim baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di akhirat nanti. Salah satu manfaatnya adalah dapat membawa manusia ke jiwa yang lebih positif.

8 Manfaat Zakat Fitrah di Bulan Ramadan Agar Ibadah Sempurna

Manfaat Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Berikut beberapa manfaat zakat fitrah bagi umat muslim yang perlu Anda ketahui, Apa saja itu? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Jaminan Untuk Masuk Surga


Manfaat zakat fitrah yang pertama adalah mendapatkan jaminan masuk surga. dalam sebuah hadis Rasulullah SAW mengatakan : "Sesungguhnya di surga ada kamar yang luarnya dapat terlihat dari dalam dan dalamnya bisa terlihat dati luar."

Lalu ada orang badui bertanya, "kepada siapa kamar tersebut, wahai Rasululah?" Rasulullah menjawab: "Untuk orang-orang yang mengatakan baik, memberi makan (zakat), rajin puasa, sholat karena Allah di malam hari pada waktu insan telah tertidur.”


Tak hanya itu saja, terdapat pula dalam firman Allah QS Surah An-Nisa ayat 162 yang berbunyi: "Orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmim, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), serta apa yang sudah diturunkan sebelummu dan mereka mengerjakan sholat, menunaikan zakat dan beriman kepada Allah dan hari kemudian. orang-orang itu yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar."

2. Harta Menjadi Berkah

Menunaikan zakat fitrah dapat membuat harta yang kita miliki menjadi lebih berkah dan bahkan harta yang kita zakatkan diganti oleh Allah SWT, bahkan lebih dari itu. Dalam sebuah hadis menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda: " Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta." (HR Muslim)

Selain itu, ada juga firman Allah dalam QS Saba ayat 39 yang menjelaskan bahwa apa yang kamu sedekahkan, Allah akan menggantinya.

“Sungguhnya, tuhanku melapangkankan dan menyempitkan rezeki siapa saja yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Dan barang apa saja yangengkau infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik."


3. Diampuni Dosa-Dosanya

Umat muslim yang telah membayar zakat maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Bahkan Allah pun menjamin bagi mereka yang berzakat akan dimasukan ke dalam surga. Hal ini sudah sebutkan dalam firman Allah Al Quran Surat At Taubah ayat ke 103 adalah :" Ambillah zakat dari sebagian harta mereka guna membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka.”

“ Jika engkau mendirikan sholat serta menunaikan zakat dan beriman kepada rasul-rasul-Ku dan engkau membantu mereka dan engkau pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik. Pastinya akan Aku menutupi kesalahanmu dan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai.” ( QS Al Mai’dah ayat 12)


4. Sebagai Penyempurna Agama

Zakat termasuk salah satu rukun islam, jadi sudah sewajarnya jika setiap umat muslim harus memenuhi kebutuhan agamanya. Sama halnya sholat lima waktu yang wajib dikerjakan. Zakat merupakan salah satu amalan penyempurna agama.

5. Cara Untuk Pembersih Diri

Zakat juga diartikan sebagai cara pembersih diri dan harta. Dengan mengeluarkan zakat maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Selain itu, zakat yang kita keluarkan dapat menjauhkan diri dari sifat kikir. Dalam harta yang kita punya ada hak-hak orang miskin yang harus dipenuhi lewat zakat fitrah. Disamping itu, dengan berzakat harta kita menjadi lebih berkah dan sekaligus sebagai pembuka pintu rezeki.

6. Memperoleh Pahala Terbaik

Selain menjadi penyempurna agama, berzakat bisa sebagai ladang pahala selama bulan ramadan ataupun hari-hari lainnya. Ketika Anda berzakat, maka akan membangun pribadi yang lebih baik dan menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Sedikit banyaknya zakat yang kita keluarkan sangat membantu mereka yang sedang membutuhkan.

7. Membantu Orang Yang Kesulitan

Mengeluarkan zakat menjadi salah satu cara untuk membantu orang lain terutama delapan golongan penerima zakat yang sudah dijelaskan dalam Al Quran. Berzakat memang harus dilandasi dengan hati yang ikhlas dan tanpa paksaan dari orang lain, sehingga zakat yang dikeluarkan menjadi berkah. Membayar zakat tidak akan membuat harta seseorang menjadi berkurang, justru Anda akan merasakan hati yang damai dan senang karena bisa membantu orang lain.

8. Meminimalisir Kecemburuan Sosial

Berzakat akan mengurangi kecemburuan sosial di masyarakat. Tak hanya itu saja, saat berzakat kita akan berinteraksi dengan penerima zakat, tentu hal ini baik untuk membangun tali persaudaraan yang lebih kuat. Pembagian zakat pun harus adil agar penerima zakat mendapatkan hak-hak sesuai porsinya.

Baca Juga :


Itulah manfaat zakat fitrah yang perlu Anda ketahui. sebenarnya masih banyak keutamaan dan manfaat yang dapat kita peroleh dari berzakat. Semoga kita semua tidak lupa untuk selalu berzakat, baik itu zakat fitrah ataupun zakat mal. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel