9 Penyebab Penyakit Hati Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

Hati memiliki peran penting dalam menentukan perilaku manusia, maka wajar saja jika hati selalu menjadi patokan dalam mencerminkan sifat dari orang tersebut. Tentu kita semua pernah melihat orang yang memiliki sifat yang baik terhadap orang lain dan adapun sebagian orang yang suka perasangka buruk terhadap kehidupan orang yang ada di sekitarnya. Perasaan hati manusia memang bisa saja berubah-ubah setiap waktu, hal ini yang membuat manusia kadang berperilaku baik dan buruk.

9 Penyebab Penyakit Hati Dalam Islam Yang Wajib Diketahui

Rasulullah SAW bersabda tetang hati manusia, yaitu: “Ingatlah bahwa sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka seluruh tubuhnya juga baik. Jika segumpal daging itu rusak, maka seluruh tubuhnya juga rusak. Ketahuilah, segumpal daging itu ialah hati”. (HR. Muslim)

Hadist di atas menerangkan bahwa hati manusia yang baik memiliki perilaku yang baik, sedangkan manusia yang hatinya rusak maka memiliki perilaku yang rusak pula. Sifat manusia yang rusak disebabkan adanya penyakit hati yang bersemayam dalam tubuhnya. Pentingnya agama dalam hidup manusia bisa menjadi penerang untuk menghindari penyakit hati, pasalnya penyakit hati bisa merusak pahala.

Penyebab Penyakit Hati Dalam Islam

Penyakit hati bisa timbul pada diri manusia karena kurang selektifnya dalam bergaul, kurang mendekatkan diri kepada Allah dan kurangnya pemahaman tetang bahaya dari penyakit hati. Untuk mengetahui apa saja pemicu munculnya penyakit hati? Maka simak ulasan di bawah ini.

1. Kurang Bersyukur

Manusia yang kurang bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah SWT berikan kepadanya bisa menjadi penyebab timbulnnya penyakit hati. Padahal Allah selalu memberikan segala sesuatu kepada makhluknya sesuai yang mereka butuhkan, tapi manusia terkadang merasa kurang cukup dengan apa yang sudah mereka miliki sekarang.

Di dalam Al Quran Surah Al Baqarah 172 mengajarkan kita bagaimana cara bersyukur menurut islam, yaitu perintah untuk memakan rezeki yang halal dan baik yang Allah berikan kepada makhluknya dan bersyukur kepada-Nya, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

2. Melakukan Perbuatan Syirik

Dalam agama islam perbuatan syirik merupakan salah satu dosa besar, karena syirik adalah itikad yang menyamakan sesuatu selain Allah. Manusia yang berbuat syirik cenderung melakukan segala sesuatu yang bertentangan dengan agama islam, seperti tidak menyakini adanya Allah. Perbuatan syirik akan membawa manusia pada kesesatan sehingga kita harus bisa menghindarinya,yaitu dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

3. Kurang Keimanan

Kurangnya keimanan di hati manusia akan menjadi penyebab munculnya penyakit hati. Keadaan hati yang telalu lama tidak disirami dengan keimanan akan membuat perasaan hatinya mati, sehingga kurang bisa memahami hal baik yang dilakukan oleh orang lain. Dengan meningkatkan kadar ibadah kepada Allah akan menjadi pondasi kokoh untuk mencegah masuknya penyakit hati.

4. Berbuat Maksiat

Maksiat merupakan perbuatan yang diharamkan dalam islam karena akan membuat hati manusia menjadi keras sehingga sulit menerima saran dan hal baik dari orang lain. Manusia yang melakukan maksiat akan cenderung mudah emosi, egois dan berpikir licik.

Baca Juga : Penyakit Hati dan Cara Mengobatinya

Terdapat firman Allah dalam Al Quran yang berkaitan dengan maksiat, yaitu: “Dan aku tidak akan membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyurub kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”. (QS. Yusuf : 53)

5. Kurang Berdzikir

Selain membuat pikiran menjadi tenang, berdzikir juga berguna untuk menjauhkan manusia dari penyakit hati. Tetapi Manusia yang lalai berdzikir akan cenderung memiliki sifat yang tidak disukai oleh Allah, seperti takabur dan suka pamer apa yang mereka miliki. Dalam surat Al Anbiya : 79 menjelaskan bahwa orang yang lalai akan berada pada keadaan yang ketakutan dan celaka.

6. Selalu Mengeluh

Mengeluh mengenai permasalahan yang sedang dialami merupakan suatu hal yang percuma. Keadaan manusia yang hanya selalu mengeluh tanpa melakukan apa-apa akan menyebabkan penyakit hati, seperti gelisah, iri dan malas. Sebagai manusia kita harus berusaha untuk bisa keluar dari masalah tersebut dan meminta kepada Allah untuk dimudahkan setiap tujuan.

Sifat manusia yang selalu mengeluh dijelaskan dalam firman Allah  yang berbunyi: “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesal lagi kikir. Apabila Ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila Ia mendapat kebaikan, Ia amat kikir”. (QS Al Ma’arij : 19-21)

7. Melalaikan Sholat

Sebagai umat islam, manusia memiliki kewajiban untuk mengerjakan sholat fardhu dan puasa di bulan ramadhan. Dalam sehari terdapat waktu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya yang harus umat muslim tunaikan sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Seseorang yang dengan sengaja meninggalkan sholat akan menjadi gelisah dalam menjalani hidup, karena ibadah sholat dan puasa merupakan cara untuk mendapat ketenangan batin.

Baca Juga : Manfaat Sholat Tahajud di Sepertiga Malam

Dengan sholat pula manusia akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Dan sesungguhnya sholat memiliki keutamaan yang lebih besar dari ibadah-ibadah yang lain, hal ini dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Ankabut : 45.

8. Terlalu Mengutamakan Kepentingan Dunia

Seseorang yang terlalu mengejar kepentingan dunia dan melalaikan kewajibannya sebagai muslim maka akan mudah terkena penyakit hati. Selain itu pula kehidupannya merasa kurang tenang dan gelisa karena jasmani maupun rohaninya kurang mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Kepentingan dunia dan akhirat seharusnya selalu berimbang agar apa yang kita kerjakan mendapatkan berkah dan barokahnya. Firman Allah yang menjelaskan tentang bahayanya terlalu mengejar dunia terdapat dalam Al Quran Surah Toha : 124-126.

9. Tidak Bersedekah

Bagi seorang muslim bersedekah memang sangat dianjurkan, karena keutamaan dari sedekah adalah dapat membersihkan harta dan hati agar bersih. Manusia yang enggan bersedekah cenderung memiliki hati yang kikir dan pelit, padahal harta yang kamu sedekahkan akan diganti oleh Allah dengan sesuatu yang lebih dari apa yang kamu sedekahkan kepada orang tersebut.

Nah, itulah 9 penyebab penyakit hati pada manusia dalam islam yang wajib kita ketahui. Maka selalu berhati-hati agar kita semua terhindari dari penyakit hati, karena manusia yang sudah terkena penyakit hati dapat menyebabkan kekafiran. Semoga artikel yang singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel