Dahsyatnya Membaca Basmalah Sebelum Makan dan Minum

Dalam agama islam, terdapat beberapa perkara yang memang memiliki aturan dan adab, salah satunya ketika kita akan makan dan minum. Hal itu dilakukan supaya ada keberkahan ketika makan, adab sederhana yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kepada umatnya adalah membaca "Bismillah" ketika akan makan dan minum.

Banyak hadits yang menjelaskan anjuran membaca basmalah sebelum makan atau minum. Sebenarnya membaca basmalah tidak hanya dilakukan sebelum makan, namun ketika kamu akan memulai aktivitas di setiap harinya. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Wahai ghulam, sebutlah nama Allah. makanlah menggunakan tangan kananmu dan makananlah makanan yang ada di hadapanmu. Maka seperti itu gaya makanku setelah itu." (HR. Bukhori dan Muslim)

Dahsyatnya Membaca Basmalah Sebelum Makan dan Minum

Hadits di atas menjelaskan adab makan seorang muslim, Rasulullah mengajarkan makan menggunakan tangan kanan dan melarang dengan tangan kiri. Selain itu, makanlah makanan yang ada di hadapanmu, maksudnya agar kamu tetap menerapkan sifat sopan ketika makan dan tidak merebut bagian orang lain.

Setan Bisa Ikut Menyantap Makanan Bersama Manusia

Perlu kamu tahu, bahwasannya setan bisa ikut makan bersama manusia. hal ini ceritakan oleh sahabat nabi yang bernama Hudzaifah radhiyallahu'anhu:

Jika kami makan satu nampan bersama Rasulullah, maka kami tidak berani untuk menyantapnya hingga Rasulullah yang mendahului untuk mengambilnya. Jadi suatu ketika, saat kami sedang makan satu nampan dengan Rasulullah, tiba-tiba datang seorang anak kecil nyeruduk untuk mengambil makanan, namun Rasulullah memegang tangannya. Setelah itu, datang lagi orang badui nyeruduk untuk mengambil makanan dan Rasulullh langsung memegang tangannya.

Baca Juga :

Dengan adanya kejadian tersebut, lalu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak didahului dengan bacaan basmalah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil supaya bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pun memegang tangannya. Kemudian setan datang lagi bersama orang badui supaya dapat ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya."

Bagaimana Jika Lupa Membaca Basmalah Saat Makan?

Penyakit lupa memang seringkali menghampiri manusia. Untuk itu, jika salah satu diantara kalian sedang makan dan lupa membaca basmalah, hendaknya Ia mengucapkan:

BISMILLAAHI AWWALAHU WA AAKHIROHU

 “Dengan nama Allah di awal dan di  akhir.”

Setelah membaca doa tersebut, kita seperti makan dari awal dan setan tidak dapat lagi  untuk ikut makan bersama kita, yang mana sebelumnya setan telah mendapatkan bagian dari makanan tersebut. Namun karena kita membaca doa maka setan akan memuntahkan kembali makanan yang dimakan bersama kita tadi.

Membaca basmalah sebelum makan dan minum adalah hal yang sangat penting bagi seorang muslim, karena dengan cara tersebut kita bisa terhindar dari gangguan setan, atas izin Allah Ta'ala. Wallahu A'lam Bishawab

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel