9 Hal Yang Dirahasiakan Allah SWT Dari Manusia

Ada beberapa hal yang dirahasiakan Allah SWT dari manusia. Meskipun dengan kecanggihan teknologi dan ilmu sains, manusia tetap tidak bisa mengetahui hal yang dirahasiakan oleh Sang Pencipta. Namun dibalik kuasa Allah SWT untuk merahasiakan segala sesuatu yang dikehendakinya, terdapat hikmah yang bisa manusia ambil dari hal tersebut. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan selalu berbenah memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Sayyidina  Umar Bin Khathab menyebutkan ada 6 hal yang dirahasiakan. Namun, Syekh Nawawi menambahkan tiga hal lainnya, sehingga menjadi sembilan hal yang disembunyikan Allah dari manusia. Apa aja itu? Berikut ini ulasannya.

9 Hal Yang Dirahasiakan Allah SWT Dari Manusia

1. Allah Merahasiakan Keridhoan-Nya Dalam Ketaatan Kepada-Nya

Hal pertama yang dirahasiakan Allah dari manusia adalah Allah merahasiakan keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Hal ini bertujuan agar manusia tetap bersunguh-sungguh dalam menjalankan segala perintah yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT dengan ikhlas dan tulus.

Oleh sebab itu, manusia tidak boleh meremehkan perkara atau amalan apa pun, meskipun itu hal kecil dan sederhana. Pasalnya kita tidak ada yang tahu, jika keridhoan Allah terletak pada ketaatan kecil dan sederhana tersebut.

2. Allah Merahasiakan Murka-Nya Dalam Kemaksiatan Seorang Hamba-Nya


Hal kedua yang dirahasiakan Allah adalah kemurkaan Allah dalam kemaksiatan yang dilakukan oleh para hamban-Nya. Mengapa Allah merahasiakannya? Supaya manusia menghindari segala bentuk kemaksiatan dan sekaligus membuat manusia merasa takut untuk terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Untuk itu, kita tidak sepantasnya meremehkan segala bentuk kemaksiatan meskipun itu perkara kecil. Karena bisa jadi, suatu perbuatan maksiat yang tergolong kecil justru terdapat murka Allah yang bisa membawa manusia ke dalam neraka.

3. Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Umat muslim pastinya sudah tahu mengenai malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di bulan ramadhan, malam Lailatul Qadar sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim dan sebagaimana yang di contohkan Rasulullah bahwa Lailatul Qadar diyakini terletak di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

Tujuan Allah SWT merahasiakan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar adalah untuk melihat kesungguhan dari manusia agar tidak melewatkannya dan selalu berusaha untuk mendapatkannya melalui rangkaian ibadah kepada-Nya.

4. Allah Merahasiakan Para Wali di Antara Manusia

Allah merahasiakan para wali di antara umat manusia. Hal ini bertujuan supaya manusia bisa menghargai, menghormati dan tidak meremehkan orang lain.

Saat seseorang meremehkan orang lain, bisa jadi orang yang diremehkannya adalah salah satu wali Allah. Sebab itu, kita wajib menghormati dan berbuat baik kepada semua orang.

5. Allah Merahasiakan Kematian Dalam Kehidupan

Hal yang dirahasaikan selanjutnya adalah kematian dalam umur manusia. Hal ini untuk membuat manusia lebih senantiasa mempersiapkan dan tidak melalaikannya. Kita semua tidak akan tahu kapan, jam berapa dan di mana kematian akan menghampiri. Untuk itu, manusia diharuskan untuk mempersiapkannya dengan cara mengerjakan dan menjalani segala sesuatu yang sudah diperintahkan Allah SWT seperti giat beribadah, bersyukur, bertaubat, perbanyak melakukan kebaikan dan menjauhi segala larangan-Nya.

Baca Juga :

Tujuan lain disembunyikannya kematian yaitu keinginan dan semangat hidup manusia. Jika manusia mengetahui kapan dan dimana kematiannya, tentu manusia tersebut tidak akan memiliki semangat hidup, menyampingkan duniawi, ketakutan. Justru mereka akan berusaha meningkatkan ketaatannya kepada Allah.

6. Allah Merahasiakan 'Ash-Sholatul Wushta Dalam Sholat Fardhu

Sholat wustha adalah sholat yang paling utama dan memiliki pahala paling besar. Sholat ini terletak diantara sholat lima waktu, ada yang berpendapat bahwa sholat wustha adalah sholat ashar dan ada pula yang berpendapat berbeda.

Allah merahasiakan hal ini agar manusia senantiasa memelihara lima sholat wajib dan tidak meremehkan salah satu diantarannya.

7. Allah Merahasiakan Ismul A'zham (Nama Allah Yang Teragung) Dalam Nama-Nama Allah Lainnya


Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat 99 asma Allah, salah satu diantara asma tersebut adalah ismaul a'zham. Jika seseorang meminta kepada Allah dengan asma itu niscaya doanya akan dikalbulkan. Namun, asma tersebut dirahasiakan supaya umat muslim bersungguh-sungguh membacanya atau berdoa dengan asma Allah. Kita tidak pernah tau asma yang mana Allah akan mengijabah doanya.

8. Allah Merahasiakan Waktu Mustajab Pada Hari Jumat

Rasulullah bersabda bahwa di hari jumat terdapat satu waktu yang mustajab, jika seorang muslim mengerjakan sholat lalu memohon kepada Allah dan niscaya doanya akan terkabul. Akan tetapi, keberadaan waktu yang paling mustajab itu dirahasiakan Allah, agar seorang muslim tidak melalaikan setiap waktu di hari jumat.

9. Allah Merahasiakan Al-Sab'u Al-Matsani

Ada yang mengatakan bahwa al-sab'u al-matsani adalah tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang yaitu surat Al Fatihah, karena surat ini terdiri dari tujuh ayat. Namun, beberapa ahli tafsir berpendapat al-sab'u al-matsani terletak pada surat Al Baqarah, Ali Imran, Al Maida, At Taubah, Al Anfal, Al An'am dan An Nissa.

Tujuan Allah merahasiakan al-sab'u al-matsani adalah agar umat muslim senantiasa giat membaca seluruh Surah Al Quran dan tidak meninggalkan ataupun melalaikan salah satu surah yang ada di dalam Al Quran.

Itulah hal yang dirahasiakan Allah SWT dari manusia. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa meningkatkan diri kita untuk selalu beramal sholeh. Wallahu 'alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel