10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk belajar Al Quran. Dengan mengaji dan sekaligus mempelajari Al Quran maka kita akan lebih paham mengenai agama. Biasanya kegiatan mengaji dilaksanakan di masjid, madrasah dan mushola yang dipimpin langsung oleh ustadz atau ustadzah. Peserta mengaji pun di mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

Seiring berkembangnya teknologi, kini belajar mengaji Al Quran bisa dilakukan secara mudah. Mengaji Al Quran dapat dilakukan secara digital yaitu menggunakan bantuan aplikasi melalui gadget. Meskipun kita belajar mengaji lewat gadget, kehadiran seorang pembimbing seperti ustadz tetap dibutuhkan.

Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik

Berikut deretan aplikasi yang direkomendasikan untuk belajar membaca Al Quran di smartphone android yang dapat kamu coba, diantaranya:

1. Cepat Quran

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Cepat Quran merupakan medium belajar mengaji online yang terbukti cepat dan memudahkan kamu belajar membaca Al Quran mulai dari mengenal huruf hingga mahir dalam ilmu tajwid.

Aplikasi ini akan menuntun kamu mengenai huruf-huruf hijaiyah yang bersambung-sambung, memahami bacaan mad dan sebagainya. Aplikasi cepat Quran ini telah mencapai ranting ulasan 4,5 dengan unduhan lebih dari sepuluh ribu kali.

2. Al Quran

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Aplikasi Quran yang cukup popular yang menawarkan semua teks agama islam dengan buku pintar dan mesin pencari lokal. Saat pertama kali kamu membuka aplikasi ini maka akan tampil indeks Al Quran, selain itu terdapat fitur pengaturan, penelitian dan sebagainya.

Ketika kamu sedang membaca Al Quran lalu bertemu dengan kata-kata yang diarsir merah, maka akan muncul makna kata dari bacaan tersebut. Aplikasi ini pula menyediakan fitur hafalan bertingkat mulai dari mendengarkan ayat sampai pengucapan ayat Al Quran yang benar.

Aplikasi Al Quran ini dirilis pada tahun 2012 dengan ranting ulasan mencapai 4,6 dan di unduh kebbih dari 10 juta pengguna.

3. MP3 Quran

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Jika kamu lebih senang belajar dengan metode mendengar, maka MP3 Quran bisa menjadi aplikasi yang patut kamu coba. Dengan MP3 berkualitas tinggi maka proses pelafalan ayat-ayat Al Quran bisa diucapkan secara tepat dan benar.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 pembaca Al Quran ternama dari seluruh dunia dan juga dilengkapi penuh dengan 15 bahasa. MP3 Quran memiliki pencapaian ranting ulasan 4,8 dan sudah di unduh lebih dari 10 juta pengguna.

4. Al Quran Indonesia

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Aplikasi Al Quran digital ini sangat populer di  Indonesia. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur unggulan yang bisa digunakan untuk penunjang belajar mengaji kamu seperti terjemahan, audio mp3 murottal,114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.sedangkan fitur tambahan lainnya mulai dari kalender hijriyah, arah kiblat dan jadwal sholat.

Baca Juga :

Selain itu, aplikasi Al Quran Indonesia bisa dibaca secara offline dengan tampilan antar muka yang user friendly. Sejak pertama kali dirilis tahun 2014 hingga sekarang, aplikasi ini sudah mencapai ranting ulasan 4,8 dengan jumlah unduhan 10 juta kali.

5. Al Quran Bahasa Indonesia

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Aplikasi belajar ngaji di android selanjutnya adalah al quran bahasa indonesia. Sesuai dengan namanya, kamu akan lebih mudah mengerti karena menyediakan bahasa indonesia. Kepopuleran aplikasi ini sebagai media belajar mengaji bisa dilihat dari jumlah ranting ulasan yang sudah mencapai 4,7 dengan 10 juta kali unduhan.

Kamu juga tidak perlu khawatir, karena di dalam aplikasi ini sudah tersedia deretan fitur utama seperti audio mp3, lengkap dengan 30 juz, pencarian, pengingat doa dan sebagainya.

6. Belajar Mengaji

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Marbel belajar mengaji merupakan aplikasi pendidikan untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang baru pertama kali memulai belajar membaca Al Quran. Hal yang akan kamu pelajari di dalam aplikasi ini adalah mengenal huruf hijaiyah A Ba Ta, belajar membaca harokat (fathah, dummah, kasroh).

Belajar mengaji terasa menjadi lebih menyenangkan, karena dilengkapi dengan narasi pendukung yang sangat bermanfaat bagi kamu yang belum lancar membaca. Selain itu, anak-anak juga bisa mencoba berbagai permainan menarik. Lewat permainan ini, pengetahuan serta hasil belajar mengaji mereka bisa diuji.

7. Belajar Tajwid & Suara

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Belajar tajwid merupakan serial aplikasi pendidikan anak yang membantu untuk belajar membaca Al Quran yang benar dan belajar hukum tajwid dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi ini akan menuntun kamu belajar mengaji yang benar dengan hukum tajwid seperti idzhar, idzham bighunna, iqlab, ikhfa, hukum mad, hukum nun tasydid dan sebagainya. Konsep pembelajaran yang ditawarkan aplikasi ini di rancang secara interatif dan didukung permainan menarik serta suara, sehingga belajar tidak mudah bosan.

8. Quran For Android

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Aplikasi islami yang disediakan secara gratis untuk umat muslim yang ingin belajar membaca Al Quran. Ada banyak fitur terbaik yang bisa digunakan oleh penggunanya seperti pemutaran audio, tilawah, pencarian dan terjemahan.

Tersedia juga fitur night mode, yaitu fitur yang mempermudah kamu membaca al quran di kegelapan sehingga mata dapat melihat secara jelas meskipun minimnya cahaya. Aplikasi ini termasuk yang paling bagus di play store dengan ranting ulasan 4,8 dan sudah diunduh 10 juta kali.

9. Quran Best

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Quran best merupakan aplikasi Quran digital yang dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia, track tilawah, group tilawah, audio murottal dan tajwid. Terdapat juga fitur deteksi jumlah lebar tilawah dan target harian untuk memantau perkembangan ibadah kamu, baik ibadah yang dikerjakan sendiri maupun berkelompok.

Aplikasi ini juga dilengkapi beragam tampilan mushaf standar Indonesia & madinah dan dilengkapi tajwid berwarna standar Indonesia serta bisa dibaca offline layaknya membaca versi cetak. Aplikasi ini sangat cocok untuk belajar mengaji kamu karena memiliki ranting ulasan 4,8 dengan 500 ribu unduhan.

10. Iqro Digital Lengkap

10 Aplikasi Belajar Mengaji Al Quran Terbaik di Android

Iqro digital adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al Quran, khususnya pengguna anak-anak ataupun orang dewasa yang baru belajar membaca dan mengaji. Aplikasi ini dilengkapi iqro jilid 1 sampai jilid 6.

Aplikasi ini dirancang simple, clean dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat dalam belajar. Iqro digital ini dikembangkan oleh edufans studio yang hingga saat ini sudah di unduh lebih dari 500 ribu pengguna.

Itulah aplikasi belajar mengaji al quran terbaik di android. Dengan aplikasi di atas, kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang cocok dengan kebutuhanmu. tentunya aplikasi android belajar mengaji tersebut akan memudahkanmu membaca Al Quran kapan pun dan di mana pun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel