10 Dahsyatnya Manfaat Tidur Siang Ketika Puasa Ramadhan

Di bulan Ramadhan, Anda akan menghadapi dua  perubahan besar dalam menjalani hidup sehari-hari. Pertama merubah jadwal tidur, dimana saat puasa Anda akan bangun lebih awal untuk melakukan makan sahur. Kedua perubahan pada pola makan, seseorang yang berpuasa hanya di izinkan makan mulai dari berbuka puasa sampai waktu sahur.

Biasanya kedua perubahan tersebut akan menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, lemas dan mengantuk terutama di siang harinya. Untuk itu, dianjurkan tidur siang walaupun hanya sebentar. Selain dapat membuat tubuh lebih segar, ternyata tidur siang merupakan salah satu ibadah di bulan puasa.

10 Dahsyatnya Manfaat Tidur Siang Ketika Puasa Ramadhan

Manfaat Tidur Siang Ketika Puasa

Waktu tidur yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Sedangkan normalnya manusia tidur adalah 7 sampai 8 jam per hari, namun di bulan ramadhan Anda hanya tidur 5 hingga 6 jam saja.

Untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda maka bisa menggantinya di siang hari dan waktu tidur siang saat puasa yang ideal yaitu 30 menit saja, ini sudah dapat membantu meningkatkan suasana hati, tubuh kembali segar dan fress. Selain itu, masih banyak lagi manfaat tidur siang ketika puasa yang baik untuk kesehatan maupun ibadah puasa Anda, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Semua organ yang ada di dalam tubuh bekerja sesuai dengan waktunya, terrutama organ jantung. Jadi ketika seseorang mengantuk maka tekanan darah meningkat sehingga dapat memperberat kinerja jantung. Oleh karena itu, tidur singkat berkualitas bisa menjadi obat yang paling tepat untuk mengatasi kantuk dan juga menjaga kesehatan jantung.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Berdasarkan penelitian, kurang tidur dapat meningkatkan resiko penyakit Alzheimer (menurunnya daya ingat). Pastisipan penelitian yang kurang tidur memiliki endapan B-Ammyloid yang lebih besar, sebuah plak yang berkaitan dengan Alzheimer di otak mereka.

Baca Juga :

Dari hasil penelitian, ketika manusia tidur maka otak akan membersihkan dirinya sendiri untuk menghilangkan plak tersebut. Jadi dengan memenuhi kebutuhan tidur memungkinkan terhindar dari penyakit Alzheimer.

3. Menghindari Stres

Saat berpuasa, seseorang mudah sekali mengalami stress. Hal ini disebabkan hormon kortisol dalam tubuh yang terus meningkat, Fungsi dari hormon ini adalah untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, seperti stress. Tubuh yang berlarut-larut mengalami stress akan mudah terserang penyakit.

Tidur siang 30 menit akan membantu tubuh untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan juga menurunkan tekanan darah, sehingga stess akan hilang dengan sendirinya.

4. Mencegah Kegemukan

Berdasarkan penelitian menemukan kalau kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon Gherkin. hormon ini akan membuat Anda merasa laper sehingga cenderung lebih banyak makan dan ini membuat produksi hormon Leptin menjadi menurun, yakni hormon yang memberi tahu ketika seseorang sudah kenyang. Jadi dengan tidur siang saat puasa dapat menjadi metode menurunkan berat badan.

5. Memperbaiki Mood

Saat puasa seseorang akan mudah meraskan emosional ketika ada perkara yang tidak sesuai dengan kehendaknya. Tak hanya itu, kondisi lapar dapat membuat seseorang lebih sensitif dengan banyak hal sehingga apa yang dilakukan terasa kurang benar.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sebaiknya beristirahat tidur siang 30 menit untuk menormalkan mood dan kondisi tubuh agar lebih fress.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat tidur siang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga tubuh manusia tidak mudah terkena penyakit. Seperti yang kita tahu, ketika puasa kondisi tubuh manusia cenderung melemah karena asupan makanan yang dibatasi.

Agar imunitas tubuh tetap terjaga maka diperlukan istirahat yaitu tidur siang 30 menit. Ini langkah yang baik agar Anda tetap sehat ketika puasa.

7. Menurunkan Resiko Diabetes

Tidur siang saat puasa dapat membantu memenuhi harian tidur Anda. Kebutuhan tidur yang tercukupi akan mencegah seseorang terkena diabetes atau meningkatnya gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan bergadang di malam hari. Usahakan, setelah melakukan serangkaian ibadah di malam hari, sebaiknya langsung tidur agar tubuh lebih sehat ketika bangun di waktu sahur.

8. Meningkatkan Kosentrasi Saat Bekerja

Mungkin sebagian orang belum menyadari bahwa tidur siang dapat menambah kosentrasi dalam bekerja. Biasanya di siang hari kita sulit untuk fokus, ini disebabkan tubuh sudah mualai lemas dan mengalami dehidrasi. untuk mengatasinya, seseorang dapat istirahat untuk tidur yang berkualitas sekitar 30 menit di siang harinya.

9. Mendapatkan Pahala

Di bulan ramdhan, tidur adalah ibadah karena ini akan lebih baik dibandingkan Anda melakukan aktivitas yang dapat membuat ibadah puasa menjadi batal, sepeti berghibah atau bergosip. Namun tidurnya jangan sampai berlebihan karena itu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Orang berpuasa cenderung mengurangi frekuensi untuk minum air sehingga mudah mengalami dehidrasi, Ini yang membuat bibir pecah-pecah dan kulit menjadi kering. Dengan tidur siang 30 menit akan membantu tubuh memperpanjang regenerasi kulit, sehingga membantu menjaga kelembapan kulit.

Itulah manfaat tidur siang ketika puasa. Semoga informasi ini bisa Anda gunakan sebagai rujukan agar puasa menjadi lebih produktif lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel