Inilah Keutamaan Membaca Basmalah Sebelum Berwudhu

Wudhu dalam bahasa berarti bersih dan indah, sedangkan menurut syara’ adalah membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil. Orang yang hendak mengerjakan sholat wajib untuk berwudhu, karena wudhu menjadi salah satu syarat sah sholat.

Selain itu, orang yang akan memegang AL Quran juga wajib wudhu dan begitu juga orang yang akan tawaf di mekah. Wudhu memiliki syarat dan fardu yang harus dikerjakan, jika salah satu ditinggalkan maka wudhunya tidak sah.

Inilah Keutamaan Membaca Basmalah Sebelum Berwudhu

Membahas mengenai wudhu, mungkin ada sebagian orang yang belum paham tentang hukum membaca basmalah sebelum berwudhu? Menurut pendapat ulama membaca basmalah saat mengawali wudhu adalah sunah, artinya tidak diwajibkan. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW meletakan kedua tangannya pada sebuah bejana. Lalu Rasulullah bersabda kepada sahabatnya: 'Berwudhulah kalian dengan didahului basmalah’.”


Dari hadits di atas menjelaskan kesunnahan basmalah sebelum berwudhu. Meskipun hukumnya sunnah, tapi Rasulullah sangat menganjurkan kepada umatnya untuk selalu membaca Basmalah sebelum berwudhu. Tujuannya untuk menambah nilai ibadah dan barokah dari bacaan basmalah, sehingga wudhu kita menjadi lebih sempurna.

Terdapat juga hadits penguat yang lebih umum, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda: "Setiap perbuatan baik yang tidak didahului dengan Bismillahirrohmanirrohim, maka ia akan terpotong berkahnya."

Hadits diatas menunjukan bahwa setiap aktivitas yang kita lakukan sebaiknya diawali dengan membaca basmalah agar keberkahan yang ada di dalamnya tidak terpotong. Selain itu, membaca basmalah akan membuat kita lebih tenang dan dipermudah dalam menyelesaikan segala urusan.

Baca Juga :

Sungguh rugi orang yang dengan sengaja meninggalkan bacaan basmalah pada saat mengawali aktivitasnya, baik itu ketika hendak beribadah, bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Barang siapa berwudhu yang diawali dengan basmalah, maka seluruh anggota tubuhnya menjadi suci. Dan apabila tidak membaca basmalah diawal wudhu, maka hanya anggota wudhunya (tubuh yang terkena air) yang menjadi suci." (HR. Daruquthini)

Maksudnya, keberkahan wudhu akan sedikit berkurang jika tidak didahului dengan membaca basmalah. Dimana yang seharusnya anggota badan keseluruhan menjadi suci, namun karena tidak diawali dengan basmalah sehingga hanya bagian tubuh yang terkena air yang suci.

Menimbang semua itu, maka jangan sampai kita wudhu tanpa mengawalinya dengan basmalah. Meskipun terlihat sederhana, tetapi bisa mengubah nilai wudhu yang sangat luar biasa. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel