8 Keutamaan Membaca Basmalah Yang Jarang Diketahui Orang

Basmalah merupakan kalimat thoyibbah yang sering kali dibacakan saat mengawali suatu amalan atupun aktivitas. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam menganjurkan kepada umat muslim agar tidak meninggalkan bacaan basmalah, sebab perkara baik yang tidak disertai basmalah maka akan tertolak.

Rasulullah SAW bersabda : “Setiap perkara baik yang tidak diawali dengan bacaan bismillahirrohmanirrohim, maka akan terpotong.”

8 Keutamaan Membaca Basmalah Yang Jarang Diketahui Orang

Oleh sebab itu, kita kita harus selalu mengingat untuk membaca basmalah dalam setiap tindakan, misalnya hendak makan, bekerja, mandi, tidur, berkendara dan aktivitas lainnya. Tujuannya adalah agar kita mendapat rahmat dan ridha Allah. Berikut keutamaan membaca basmalah:

1. Pembukaan Al Quran

Di dalam kitab Al Quran lafadz basmalah menjadi kalimat pembuka. Begitu juga pada semua surah-surah yang ada di dalam Al quran di awali dengan lafadz basmalah, kecuali surah At Taubah.

2. Perlindungan Dari Setan Ketika Makan

Keutamaan bacaan basmalah selanjutnya adalah Rasulullah mengawali surat yang beliau kirim ke raja-raja untuk mengajak mereka agar masuk islam, yakni dengan lafadz basmalah. Salah satu raja yang menerima surat dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam adalah raja Heraklius.

3. Menghalangi Setan Menginap di Dalam Rumah

Selain Rasulullah, nabi yang pernah mengirim surat dengan awalan basmalah adalah Nabi Sulaiman 'alaihis shalatu was salam kepada Ratu Saba' yang saat itu masih menyembah matahari. Kisah ini telah dijelaskan di dalam Al Quran surah An Naml : 29 – 31.

Tujuan dari Nabi Sulaiman mengirim surat kepada ratu Saba' adalah untuk mengajaknya masuk islam dan meninggalkan kekufurannya. karena termasuk tujuan yang penting, maka Nabi Sulaiman mengawali suratnya tersebut dengan lafadz basmalah.

4. Menjadi Syarat Halalnya Hewan Disembelih

Sebagai umat muslim, saat menyembelih hewan di wajibkan membaca basmalah, tujuannya hewan yang disembelih tadi menjadi halal dan boleh dimakan. Namun sebaliknya, hewan yang disembelih tanpa membaca basmalah, maka sembelihnya tidak sah dan hewan tersebut tidak halal. Hal ini sudah di jelaskan dalam surah Al An'am ayat 121.

5. Dijaga Dari Godaan Setan dan Bencana

Membaca basmalah saat hendak memasuki rumah dapat mencegah setan untuk ikut masuk dan menginap di dalam rumah. Seperti yang diterangkan dalam hadist di bawah ini:

“Jika seseorang memasuki rumahnya dan Ia mengingat nama Allah ketika hendak masuk dan ketika makan, maka setan akan berteriak: 'tidak ada tempat menginap bagi kalian dan tidak ada makan malam'. Namun bila Ia tidak mengingat nama Allah saat masuk maka setan berkata:'kalian mendapatkan tempat menginap dan apabila Ia tidak mengingat nama Allah ketika makan maka setan bisa memanggil temannya, 'kalian dapat menginap dan makan malam.' (HR. Muslim)

6. Perlindungan Dari Jin Saat Makan

keutamaan membaca bismilah berikutnya adalah perlindungan dari jin saat makan. seseorang yang hendak makan ataupun minum diawali dengan membaca basmalah, supaya bangsa jin tidak bisa ikut makan bersama kita. hal ini diterangkan dalam sabda Rasulullah yang berbunyi:

Baca Juga :

"Jika salah seorang di antara kalian makan, hendaknya ia menyebut nama Allah. Jika Ia lupa untuk menyebut nama Allah di awal makan, hendaklah Ia membaca: "Bismilaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah di awal dan akhir)." (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi dan dishahihkan Al Albani)

7. Menjadi Bacaan Pemula Untuk Berbagai Bentuk Ibadah

Menurut sebagian ulama, basmalah menjadi bacaan pemula ketika hendak melakukan kegiatan ibadah seperti mandi, tayamum dan wudhu. Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak membaca Basmalah." (HR. Abu Daud dan disahihkan al Albani)

Hadits diatas menjelaskan tetang wudhu, namun ulama mengqiyaskannya untuk mandi dan tayamum. Karena semuanya termasuk kegiatan bersuci.

8. Penghalan Jin Untuk Membuka Tempat Barang Berharga

Terdapat beberapa barang berharga yang bisa menjadi incaran jin. Bangsa jin kerap kali  menggangu kita dengan mengotori makanan dan mengambil barang berharga tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

"Tutuplah bejana, ikat geribah (penyimpanan air), tutuplah pintu dan matikan lentera (lampu api). Karena sesungguhnya jin tidak mampu membuka geribah yang terikat, tidak dapat membuka pintu dan juga tidak bisa menyikap bejana yang ditutup. ika engkau tidak mendapatkan tutup kecuali hanya dengan melintangkan di atas bejananya sebatang ranting, lalu menyebut nama Allah hendaknya Ia lakukan." (HR. Muslim)


Itulah delapan keutamaan membaca basmalah yang jarang diketahui orang. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan referensi dan bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel