Penyebab Timbulnya Sifat Munafik Pada Manusia

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemungkinan besar di lingkungan tempat tinggal anda terdapat orang munafik. Kita tahu bahwa penyakit munafik bisa saja menyerang siapa saja, baik itu manusia yang masih usia remaja, dewasa dan juga orang tua. Munafik secara bahasa berasal dari kata nafaqa yang miliki arti mengadakan, membicarakan sesuatu yang dalam pandangan keagamaan. Pengakuan dari orang pertama berbeda-beda dengan yang lainnya.

Istilah lain bagi orang yang memiliki sifat munafik adalah manusia bermuka dua, sedangkan jika dilihat dari pengertian syara, munafik merupakan orang yang lahirnya beriman padahal hatinya kufur. Dalam islam, nifaq terbagi menjadi dua jenis yaitu Nifaq Akbar dan Nifaq Asghar.

Nifaq akbar juga dikenal dengan sebutan kemunafikan itiqadi (keyakinan) adalah menyembunyikan kekufuran dan menampakan keislaman, akibat dari nifaq akbar bisa mengeluarkan pelakunya dari islam. Sedangkan nifaq asghar juga dikenal dengan kemunafikan amalan (amali) yaitu menampakan lahiriah yang baik dan menyembunyikan kebalikannya.

Pokok dari kemunafikan asghar kembali pada beberapa perkara, seperti sering berbohong ketika berbicara, sering ingkar janji, bila berselisih melebihi batas dan khianat ketika diberi amanah. Orang menjadi munafik disebabkan oleh beberapa faktor, Apa saja itu? Berikut penyebab timbulnya sifat munafik pada manusia yang perlu anda diketahui.

Penyebab Timbulnya Sifat Munafik Pada Manusia

1. Kebiasaan Yang Sering Khianat

Penyebab manusia menjadi munafik yang pertama adalah kebiasaan yang sering berkhianat. Sifat khianat disebabkan oleh seseorang yang lalai dalam menjaga amanah orang lain. Dengan begitu, seseorang yang memiliki sifat khianat secara perlahan akan dijauhi oleh banyak orang, ini dikarenakan tingkat kepercayaan terhadap dirinya sudah hilang dan orang-orang pun enggan untuk menitipkan amanah lagi.

Karena sifat khianat memberikan akibat yang buruk kepada pelaku dan orang lain, maka sudah sewajibnya kita menghindarinya. Disarankan jika kita diberi amanah mengenai suatu hal dan kita tidak mampu untuk menjalankannya maka sebaiknya berterus terang kepada orang tersebut.

2. Kebiasaan Yang Sering Takabur

Penyebab manusia menjadi munafik yang kedua adalah adanya sifat takabur yang menyelimuti hatinya. Umat muslim pasti tahu bahwa sifat yang satu ini merupakan salah satu sifat yang dibenci oleh Allah SWT. Takabur sendiri berasal dari kata kabura yang artinya besar, jadi orang takabur adalah orang yang selalu merasa dirinya besar dibandingkan orang lain.

Sifat takabur dapat membutakan hati dan pikirannya sehingga akan merasa lebih baik daripada orang lain dan cenderung membangga-banggakan apa yang dimiliki. Akibat dari sifat takubur yaitu akan membuat pelakunya dijauhi oleh banyak orang, dikucilkan dan sulit mendapat teman.

3. Kebiasaan Yang Sering Dengki

Penyebab orang munafik yang ketiga adalah adanya sifat dengki yang ada di dalam hatinya. Dengki adalah menaruh perasaan marah atau tidak suka atas keberuntungan orang lain sehingga berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut.

Baca Juga :

Jadi pola pikir orang dengki itu selalu merasa gelisah ketika saudara, tetangga dan teman mendapatkan kebahagiaan dan orang tersebut akan melakukan berbagai hal untuk membuat orang yang di benci menjadi tidak bahagia. Jadi orang dengki akan merasa bahagia ketika orang yang dibenci mendapatkan kesulitan dan kesedihan.

4. Kebiasaan Yang Sering Riya

Penyebab orang menjadi munafik yang terakhir adalah sering berbuat riya. Secara bahasa riya adalah menampakan amalan kebaikan kepada orang lain, sedangkan menurut istilah riya yakni memperlihatkan ibadah dengan tujuan dilihat orang lain supaya mendapatkan pujian atas apa yang diperlihatkan itu.

Riya sama dengan sombong, dimana seseorang gemar menunjukan kelebihan atau kebaikan yang dimiliki agar orang lain memujinya atas pencapaian tersebut. Contoh sederhana dari sifat riya yaitu seseorang yang membeli banyak emas dan kemudian emas tersebut digunakan untuk perlengkapan aksesoris tubuhnya supaya orang lain memuji dan terkesima. Riya juga dilandasi dengan sifat yang suka pamer.

Itulah empat penyebab timbunya sifat munafik pada seseorang yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan. wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel