8 Cara Menghadapi Orang Munafik dan Bermuka Dua

Memiliki teman atau kenalan yang secara diam-diam bersikap munafik adalah hal yang menyebalkan. Orang munafik atau lebih dikenal dengan bermuka dua memiliki kebiasaan buruk, yakni suka bersikap baik di depan dan jelek di belakang.

Sikap orang munafik saat di hadapan orang banyak  akan selalu melontarkan kata-kata bijak yang bisa membuat orang lain terkecoh. Namun kenyataanya, mereka justru senang menjelek-jelekan keburukan orang dan menceritakannya kepada orang lain.

8 Cara Menghadapi Orang Munafik dan Bermuka Dua

Menghadapi orang munafik atau nifaq terkadang bisa memancing emosi. Jika kita menghadapi si muka dua dengan emosi, itu bukan cara terbaik dan tidak akan mengubah apa-apa.  Namun, ada cara yang lebih tepat untuk menghadapi orang munafik. Apa saja itu? Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Bersikap Santai dan Tenang

Ketika menghadapi orang munafik, maka yang perlu Anda lakukan adalah tenang dan tetap santai. Jangan sampai tindakan dan perilakunya membuatmu emosi,  apabila Anda sulit mengendalikannya maka sebaiknya menjauh dan melupakan apa saja yang tadi dia bicarakan

2. Mengabaikannya Bila Dia Mulai Mengganggumu

Ketika orang munafik datang dan mencoba mengusik waktu santaimu, sebaiknya menyingkir dari tempat tersebut. Anda bisa memberikan alasan yang masuk akal supaya bisa menyingkir dari sana, gunakan kalimat yang halus saat memberikan alasan.

3. Ajak Berbicara Dengan Kalimat Yang Sopan

Saat Anda berusaha mengajak orang munafik untuk berbicara empat mata, maka pergunakan kalimat dan tutur kata yang sopan, karena orang munafik cenderung bersikap merasa dirinya lebih baik dibandingkan orang lain. Selain itu, hindari perkataan yang menyudutkan dirinya. Tujuannya agar menciptakan pembicaraan yang baik dan lebih lama.

4. Biasakan Diri Untuk Menghadapinya

Sebagian orang mungkin merasa sebel memiliki teman munafik dan terkadang juga mereka enggan berteman lama dengan dirinya. Namun, jika Anda memiliki niat baik untuk mengubah dirinya maka Anda juga harus kuat menghadapi perilakunya. Tetapi, bila dia terus membawa arus buruk terhadap hidup Anda, maka jauhi dia secara berlahan-lahan.

5. Tinggalkan Dia Jika Bicaranya Mulai Ngawur


Ketika orang munafik mulai berbicara dan berperilaku ngawur, maka itu bukan hal yang tepat untuk kita dengarkan. Apalagi bicaranya dapat memberikan pengaruh buruk pada pikiran kita, maka tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjauhinya.

Baca Juga :

6. Memberikan Nasehat Secara Perlahan

Saat terlintas di benak bahwa dia bisa berubah menjadi orang yang lebih baik, maka langkah awal yang tepat untuk Anda lakukan adalah menasehatinya. Agar dia tidak merasa terusik, gunakan perkataan yang lebih sopan dan tidak menyakiti hatinya. Anda juga bisa menjelaskan padanya mengenai apa saja akibat yang bakal diterima bagi orang yang memiliki sifat munafik.

7. Menyindir Dia Secara Halus

Menyindir memang metode yang sering dilakukan orang untuk memberikan teguran berupa perkataan kepada orang lain. Dalam menghadapi orang munafik, Anda bisa menyindirnya menggunakan kata-kata yang halus, tetapi memiliki arti yang mendalam dan mengenai hatinya.

8. Memberikan Sedikit Waktu Untuknya

Jika Anda memutuskan ingin berhenti menjalin pertemanan dengan orang munafik. Jaga jarak dan membatasi waktu bergaul dengannya adalah cara yang baik untuk menghindarinya, usahakan jangan sampai dia tahu bahwa Anda memiliki rencana untuk menghindarinya.

Sebagai langkah awal untuk memulainya, Anda dapat memperkecil waktu untuk dirinya. Misalnya bertemu dengan dia di minggu pertama selama 20 menit, di minggu kedua 15 menit dan begitu pun di minggu-minggu selanjutnya.

Itulah 8 cara menghadapi orang munafik dan bermuka dua yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel