Akibat Dari Sifat Munafik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setiap tindakan pasti ada sebab dan akibatnya.  Jika tindakan tersebut termasuk hal yang positif, tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik pula bagi dirinya. Namun, jika sebaliknya maka akan membawa kesengsaraan untuk hidupnya sendiri.  Sama halnya dengan orang munafik, akibat dari kemunafikan yang terus dia lakukan kelak akan membawa kesulitan di dunia ataupun di akhirat.

Sifat munafik merupakan salah satu sifat tercela yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Untuk itu, sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjauhi sifat yang satu ini, karena bisa memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Akibat Dari Sifat Munafik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nah, pada kesempatan kali ini cahayareligi.com telah merangkum beberapa akibat yang ditimbulkan dari sifat munafik dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Dibenci Allah SWT

Munafik masuk dalam daftar sifat yang dibenci Allah, karena sifat ini lebih berbahaya dari musuh. Selain itu orang munafik sulit untuk ditebak siapa sebenarnya dirinya. Dia seolah-olah bersikap baik dan bijaksana kepada semua orang, namun di belakang dia justru senang menceritakan keburukan orang lain.

Orang munafik juga banyak menyembunyikan kebencian di dalam hatinya, dia juga cenderung suka mengadu domba orang lain dengan menceritakan keburukan orang-orang tersebut. Untuk itu, jika Anda memiliki teman yang munafik sebaiknya membatasi pergaulan dengan dia atau mencoba menjauhi secara halus.

2. Mendapatkan Dosa

Munafik atau nifaq akan menuntun manusia pada perbuatan dosa. Dan atas dosa itu, mereka akan mendapat balasan di neraka. Sebagaimana dinyatakan dalam Surah At Taubah ayat 67 yaitu "Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik."

Beberapa ulama berpendapat bahwa orang-orang munafik bisa diibaratkan seperti bunglon, dimana mereka bisa berubah-ubah menyesuaikan tempatnya.

3. Dijauhi Oleh Semua Orang

Sebagian orang berpendapat bahwa orang munafik memang pantas untuk dijauhi, karena keberadaannya sangat berbahaya bagi pribadi, keluarga, agama dan bahkan masyarakat. Bahkan keberadaan orang munafik bisa menimbulkan perpecahan, lantaran berita bohong atau palsu yang disebarkannya dari mulut ke mulut.

4. Ditempatkan di Neraka Paling Bawah

Di dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwa orang yang munafik akan mendapatkan balasan yang setimpal atas perbuatan yang dia lakukan.

Baca Juga :

Bahkan orang-orang munafik akan ditempatkan di dasar neraka yang paling bawah, hal ini sesuai firman Allah yaitu: “Sesungguhnya orang-orang munafik (ditempatkan) pada tingkatan yang paling dasar neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seseorang penolongpun bagi mereka". (QS. An Nisa : 145)

Itulah akibat yang akan diterima orang munafik di dunia dan di akhirat. Nah, sebagai umat muslim diwajibkan untuk menghindari dan juga menghilangkan sifat munafik di dalam hati. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel