6 Akibat Dari Sifat Kikir (Bakhil) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sifat bakhil atau seringkali disebut dengan kikir merupakan sifat yang bisa mendorong seseorang untuk mengumpulkan harta dan tidak mau bersedekah atau berinfak kepada orang lain. Orang yang di dalam hatinya sudah dirasuki sifat kikir akan mengorbankan dirinya demi mengejar harta dunia dan dia sendiri tidak mau membelanjakan hartanya untuk kebahagiaan diri sendiri maupun orang lain.

Akibat yang ditimbulkan dari sifat kikir yaitu dapat mempengaruhi kehidupan pelaku, terutama di lingkungan masyarakat dan kehidupan sosialnya. Jika sifat pelit sudah menguasai hati dan pikiran maka orang tersebut akan melakukan beragam cara untuk mendapatkan harta, meskipun cara yang digunakan kurang baik. Selain itu, orang pelit juga cenderung cuek dengan kehidupan dan kesulitan orang lain.

6 Akibat Dari Sifat Kikir (Bakhil) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Akibat Yang Ditimbulkan Dari Sifat Kikir

Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita menghindari sifat pelit, pasalnya bisa mengundang kemurkaan Allah SWT. Setidaknya ada enam akibat yang akan diterima seseorang bila di dalam hatinya ada sifat bakhil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini.

1. Memutus Tali Silaturrahmi

Akibat dari sifat kikir yang pertama adalah dapat memutus tali silaturrahmi, baik itu pada saudara, teman dan tetangga. Bakhil akan membuat seseorang cenderung cuek terhadap kesusahan dan kesulitan orang lain, dimana ketika ada orang yang sedang membutuhkan bantuan, mereka justru tidak memperdulikannya.

Karena hal inilah yang membuat orang yang ada disekitarnya menjauh dan enggan untuk menjalin persaudaraan. Orang pelit akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan sebagian hartanya untuk bersedekah ataupun berinfak. Karena itu, hubungan silaturrahmi diantara mereka menjadi terputus dan akhirnya menimbulkan iri hati dan dengki sehingga mengakibatkan pudarnya saling mengasihi diantara mereka.

2. Menimbulkan Kemurkaan Allah SWT

Kita tahu bahwa sifat pelit merupakan salah satu sifat yang dibenci Allah SWT, oleh sebab itu umat muslim wajib menjahuinya. Jika salah satu diantara kamu memiliki sifat kikir maka ini bisa memancing kemurkaan Allah dan itu akan membuat kehidupan orang tersebut dipenuhi kerugian dunia dan bahkan akhirat.

Bakhil bisa menghilangkan sifat kemanusiaan pada diri seseorang, dimana hatinya sudah tidak memiliki empati lagi untuk membantu orang lain yang sedang mengalami musibah dan kesulitan. Orang yang kikir beranggapan bahwa jika harta yang dibagikan kepada orang lain akan mengurangi rezekinya dan khawatir jatuh miskin. Hal inilah yang membuat Allah murka, karena orang kikir sudah tidak percaya jaminan Allah terkait rezeki.

3. Sifat Bakhil Bisa Menimbulkan Kezaliman

Akibat yang ditimbulkan dari sifat bakhil yang ketiga adalah melahirkan kezaliman, baik kezaliman yang dilakukan pada orang lain ataupun diri sendiri. Diantara bentuk kezaliman yang timbul dari sifat kikir adalah mengambil harta yang bukan haknya dan sebagainya.

Jika sifat bakhil terus mendiami hati seseorang maka akan banyak penyakit hati yang bermunculan pada diri orang tersebut, seperti iri terhadap kebahagiaan orang lain, dengki, egois dan hilangnya rasa kepedulian.

4. Hartanya Tidak Bermanfaat Setelah Mereka Tiada

Ketika seseorang telah wafat maka yang akan menjadi bekal di akhirat adalah amal perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. Jika orang tersebut rajin beribadah dan banyak melakukan kebaikan maka dia akan beruntung, namun jika lebih banyak melakukan perbuatan dosa maka dia akan mengalami kerugian.

Baca Juga :

Harta tidak bisa menolong kamu ketika di akhirat, karena kekayaan bukanlah indikator yang menentukan seseorang akan masuk ke dalam surga atau neraka. Jadi pergunakan harta yang Allah titipkan kepada kamu untuk hal-hal yang baik dan sisihkan sedikit hartamu untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

5. Dijauhi Teman, Tetangga Dan Saudara

Kikir atau pelit akan menciptakan seseorang yang egois dan cuek terhadap kondisi kehidupan orang lain yang ada dilingkungan tempat tinggalnya. Mereka tidak memperdulikan saudara atau tetangga yang sedang mengalami kesulitan dan bahkan enggan mengeluarkan harta untuk membantunya meskipun jumlahnya sedikit. Karena hal inilah yang membuat orang-orang enggan berteman dan menjalin tali silaturrahmi dengan orang kikir.

6. Dekat Dengan Neraka Dan Jauh Dari Surga

Tidak ada untungnya memiliki sifat kikir atau bakhil, karena sifat ini bisa membawa manusia pada kehidupan yang penuh kerugian. Tidak hanya itu saja, seseorang yang pelit akan dekat dengan neraka dan jauh dari surga. Rasulullah SAW bersabda: "Sifat kikir dan iman tidak bisa berkumpul dalam hati seseorang selama-lamanya". (HR. Ahmad)

Hadis di atas menerangkan bahwa iman dan kekikiran tidak akan bisa menyatu dalam diri seseorang. Jika manusia memiliki sifat bakhil, maka dia tidak beriman. Begitu pun sebaliknya, jika seseorang beriman maka dia tidak memiliki sifat bakhil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel