8 Cara Menghindari Sifat Kikir Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sifat kikir merupakan salah satu sifat yang dibenci oleh Allah SWT karena tidak mau berbagi kepada orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Seseorang yang memiliki sifat kikir di dalam hatinya akan menutup rapat-rapat hartanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Sifat kikir bisa menyerang siapa saja, termasuk remaja, dewasa dan bahkan orang tua. Itu sebabnya, kita diwajibkan untuk menghindari sifat kikir karena dapat membawa kerugian bagi pelaku dan orang lain.

Biasanya, sifat kikir akan mudah masuk ke dalam hati manusia yang memiliki harta berkecukupan. Mereka beranggapan bahwa harta yang dia dapatkan merupakan hasil kerja dan usahanya sendiri serta tanpa bantuan orang lain. Sifat kikir tidak selamanya memandang berupa harta, tapi juga kikir tenaga. Orang yang kikir tenaga bisa diartikan pada manusia yang tidak mau tolong-menolong ketika orang lain mendapatkan musibah. Contohnya, ketika ada rumah tetangga yang tertimpa pohon, tetapi dia tidak mau membantu untuk mengeluarkan tenaganya.

Sifat kikir atau bakhil dijelaskan dalan firman Allah SWT yaitu: “Janganlah orang-orang yang kikir dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa kikir itu baik bagi dirinya. Sesungguhnya kikir itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka kikirkan akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat, Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Ali 'Imran : 180)

8 Cara Menghindari Sifat Kikir Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara Menghindari Sifat Kikir Atau Bakhil

Karena sifat kikir atau pelit termasuk dalam sifat yang tercela dan tidak di sukai Allah Ta’ala, maka sudah seharusnya kita sebagai manusia untuk menghindarinya. Berikut beberapa cara agar terhindar dari sifat kikir atau bakhil, yaitu:

1. Perbanyak Beribadah Dan Berdoa Kepada Allah SWT

Cara pertama untuk menghindari sifat kikir adalah dengan memperbanyak ibadah. Sudah seharusnya sebagai umat muslim untuk memohon ampun dan meminta perlindungan kepada Allah agar dijauhkan dari keserakahan, kebakhilan dan nikmat dunia yang berlebihan. Dengan meningkatkan kadar keimanan, maka hati kita akan terhindar dari sifat tercela.

2. Menyakinkan Diri Bahwa Harta Adalah Titipan Dari Allah

Kita tentunya tahu bahwa segala sesuatu yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT. Dengan memaknai hal tersebut, kita akan mengetahui bahwa harta yang dimiliki akan kembali lagi kepada Allah. Jadi pergunakan sebaik-baiknya harta yang kamu miliki di jalan yang diridha'i-nya, seperti bersedekah. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Al Quran Surah Ali 'Imran ayat 109.

3. Menumbuhkan Sifat Qanaah Dalam Diri

Menumbuhkan sifat Qanaah atau bersyukur dalam hati akan membuat kita senantiasa menerima segala sesuatu yang Allah berikan. Perasaan cukup dan bersyukur akan membuat hati kaya sehingga dimudahkan untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Jangan takut untuk memberikan sedikit rezeki kepada orang lain, karena itu tidak akan membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan menambah nikmat dan rezeki kita menjadi lebih baik.

Sedangkan bagi orang yang kurang bersyukur maka Allah akan mengambil kembali harta itu dan pastinya orang tersebut akan merasakan kepedihan dan kesedihan sebagai konsekuensi yang diterima. Hal ini diterangkan dalam Al Quran Surah Ibrahim ayat 7.

4. Menumbuhkan Kehidupan Yang Sederhana

Menjalankan kehidupan yang sederhana tentunya akan menciptakan hal-hal baik pada dirimu. Kamu akan menjadi manusia yang lebih bersyukur dan menjalankan hidup seperti orang biasanya yaitu tidak selalu berpenampilan mewah dengan aksesoris mahal.

Baca Juga :

Selain itu, hidup sederhana akan membuat hatimu mudah untuk terkoneksi pada orang-orang yang memiliki kehidupan yang kurang beruntung. Dimana kamu akan memiliki empati yang tinggi untuk memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Dari kebiasaan sedekah inilah yang membuat kamu terhindar dari sifat kikir.

5. Menyakini Bahwa Memberi Tidak Membuat Manusia Jadi Miskin

Orang-orang yang membelanjakan hartanya untuk mencari keridhaan Allah SWT dan meneguhkan jiwa orang yang dibantu, maka hal itu tidak akan membuat kita jatuh miskin, melainkan Allah akan menggantinya dengan rezeki yang berlipat ganda. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 265.

6. Tanamkan Kepedulian Atau Empati Pada Orang Lain

Kekikiran adalah penyakit hati yang harus dibuang, karena sifat ini dapat membuat orang minim kepedulian terhadap orang-orang yang sedang membutuhkan bantuan. Untuk menghindarinya, kita harus memupuk dan menumbuhkan sikap empati kepada sesama dengan memperbanyak interaksi ke kaum miskin dan fakir agar tergerak hatinya untuk bersedekah serta memberi bantuan.

7. Menjauhi Orang-Orang Yang Menjadikan Harta Adalah Hal Prioritas

Apakah kamu pernah melihat orang yang gila dunia? Harta bisa membawa manusia pada kekikiran dan keserakahan. Sebab itu, jauhi orang-orang semacam ini, karena berpotensi membawa kamu pada sifat kebakhil. Banyaklah bergaul dengan orang-orang sholeh yang rajin berderma supaya hati dan pikiran kamu bergerak untuk melakukan hal yang sama.

8. Menyakinkan Bahwa Harta Yang Dimiliki Akan Dipertanggungjawabkan Di Akhirat

Kelak di akhirat semua perbuatan kita selama hidup di dunia akan dipertanggungjawabkan, termasuk dalam menggunakan harta. Dimana harta yang kita miliki apakah digunakan untuk hal yang baik atau justru sebaliknya. Untuk itu, dengan menerapkan cara kedelapan ini, insya Allah kita akan terhindar dari sifat kikir atau pelit.

Itulah beberapa cara menghindari sifat kikir yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel