6 Cara Menghadapi Orang Kikir Agar Berubah Menjadi Tidak Pelit

Kita tahu kalau sifat kikir merupakan penyakit hati yang bisa melekat pada diri manusia. Pasalnya orang kikir memiliki perasaan yang tidak mau berbagi, seperti bersedekah, infak, zakat atau meminjamkan barang kepada orang lain. Jika kamu memiliki teman atau saudara yang pelit, tentu itu adalah hal yang menyebalkan dan bikin kesel. Karena perilaku kikirnya membuat kamu menjauhi dan enggan untuk berteman dengannya.

Akibat yang ditimbulkan dari sifat kikir atau pelit bisa membuat hubungan silaturahmi menjadi berantakan. Jika teman atau saudara kamu ada yang memiliki sifat kikir, sebaiknya tindakan yang harus dilakukan adalah tidak menjauhinya. Melainkan dihadapi dan membantunya supaya mereka bisa berubah menjadi orang yang tidak pelit dan royal.

Merubah orang menjadi lebih baik memang bukan hal yang mudah. Kamu butuh usaha dan cara yang tepat untuk mengubah pola pikir mereka bahwa kikir adalah perbuatan tercela dan dibenci oleh Allah SWT. Adapun beberapa cara menghadapi orang kikir dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu coba, yaitu:

6 Cara Menghadapi Orang Kikir Agar Berubah Menjadi Tidak Pelit

1. Menjelaskan Bahaya Dari Sifat Kikir

Cobalah untuk menjelaskan kepada mereka bahwa sifat kikir atau pelit bisa mengakibatkan kerugian bagi pelakunya, seperti kesulitan mencari teman dan merenggangkan silaturahmi. Ketika sedang memberikan pandangan tentang dampak sifat pelit, sebaiknya kamu menggunakan kata-kata yang halus dan tidak memojokannya. Hal ini bertujuan agar mereka tidak tersindir dan emosi.

Agar menjadi lebih percaya, kamu bisa membawa mereka ke pak ustadz untuk memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai bahaya sifat kikir. Jika langkah tersebut kurang maksimal, berikan saja buku seputar kerugian dari sifat kikir agar mereka mau membacanya.

2. Berusaha Bersikap Baik Dihadapan Mereka

Sifat pelit akan membawa seseorang pada hati yang enggan bersedekah dan tidak suka menolong. Jika dilingkungan tempat tinggalmu ada teman atau saudara yang kikir, maka tindakan yang tepat untuk menghadapinya adalah dengan selalu bersikap baik dihadapan mereka.

Begitu pun disaat mereka sedang membutuhkan bantuan, maka cobalah bantu mereka sesuai kapasitasmu dengan hati yang tulus dan ikhlas untuk menolongnya. Pasalnya, sifat yang buruk tidak harus selalu dilawan dengan sikap yang sama. Tunjukan kepada mereka dengan perbuatan-perbuatan  baik agar mereka bisa berubah dan meninggalkan sifat kikirnya itu.

3. Jelaskan Kalau Pelit Berbeda Dengan Sifat Hemat

Setiap orang berusaha untuk menjaga keuangannya agar selalu stabil, seperti menyisihkan uang gaji bulanan untuk disimpan. Namun, mereka yang pelit akan menyimpan uang dengan jumlah banyak yang mana bisa digunakan untuk hal lain.

Akibatnya dapat menimbulkan asumsi yang kurang baik di masyarakat, sebab itu kamu harus memberi mereka suatu evaluasi mengenai tindakannya yang kurang tepat. Meskipun harus berhemat, kita masih bisa sesekali menikmati hasil kerja keras untuk membeli beberapa barang atau pergi liburan ke tempat yang kamu suka. Kita bisa menabung ¼ dari uang gaji bulanan yang dimiliki untuk keperluan dimasa yang akan datang.

4. Tunjukan Bahwa Kikir Bukanlah Tindakan Yang Bijak

Orang yang mampu mengatur keuangannya dengan benar adalah orang bijak, karena mereka paham betul mana yang dibutuhkan dan mana yang sekedar butuh. Sedangkan orang yang memiliki sifat pelit cenderung tidak memiliki batasan normal dan lebih bersikap egois. Sebab, tidak memikirkan orang lain yang mungkin membutuhkan bantuan.

Baca Juga :

Kamu sebagai teman atau saudaranya, wajib memberikan pandangan kalau yang mereka lakukan adalah tindakan yang kurang benar. Jangan pernah bosan untuk menceritakan hal-hal positif sampai mereka bisa menghilangkan sifat pelitnya.

5. Hadapi Orang Kikir Dengan Sindiran

Salah satu cara yang bisa kamu coba ketika menghadapi orang pelit adalah dengan sindiran. Biasanya orang pelit mudah iri ketika orang lain mendapat keberuntungan yang lebih dibandingkan dirinya. Lakukan sindiran untuk membuatnya sadar jika yang selama ini mereka lakukan itu tidak baik.

6. Cobalah Untuk Berkata Jujur

Apabila teguran yang dilontarkan lewat sindiran masih belum bisa merubah dirinya, masa langkah yang tepat untuk kamu lakukan adalah dengan berkata jujur kepadanya. Mungkin langkah ini bisa membuatnya kurang nyaman dan bahkan tersinggung. Namun demi kebaikan mereka tidak salahnya kamu mencoba untuk berbicara jujur.

Itulah cara menghadapi orang kikir dalam kehidupan sehari-hari agar mereka berubah menjadi tidak pelit. Kita tahu, merubah sifat seseorang yang sudah melekat pada hatinya memang tidaklah mudah, namun jika kamu terus memberikan hal-hal positif dan menunjukan perbuatan-perbuatan baik, insya Allah mereka bisa berubah. Wallahu a'lam bishawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel