10 Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid Yang Luar Biasa

Sholat tahiyatul masjid merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat dan dilakukan saat seseorang hendak masuk ke dalam masjid. Sholat sunnah ini termasuk sholat yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk diamalkan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Jika dari kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah ia sholat dua rakaat sebelum ia duduk." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Anjuran melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid, karena dalam ibadah ini terdapat banyak keutamaan yang dapat diperoleh bagi setiap umat muslim yang mengerjakannya. Bacaan dan gerakan sholat tahiyatul masjid sama dengan sholat pada umumnya. Hanya saja, doa niat sholatnya berbeda dan sholat ini hanya dikerjakan di dalam masjid saja.

10 Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid Yang Luar Biasa

Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Berikut keutamaan sholat tahiyatul masjid bagi mereka yang mengerjakannya. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencerminkan Ketakwaan Dan Ketawakalan

Kita tau bahwa setiap muslim hendaknya memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dalam hal ini, bentuk ketakwaan bisa dilihat sebagaimana kita melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Sholat tahiyatul masjid termasuk sholat sunah yang mencerminkan ketakwaan. Dimana dengan melaksanakan sholat sunnah ini, membuktikan kesungguhan diri mengerjakan perintah Allah dan sunnah Rasullulah dengan tujuan mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Menjadi Orang Yang Beriman

Keutamaan sholat tahiyatul masjid adalah menjadi muslim yang beriman. Sebab dengan mengerjakan sholat akan menjadi pribadi yang semakin dicintai Allah, bahkan termasuk ke dalam wali Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah, yang berbunyi:

"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka sedih. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa". (QS. Yunus 62-63)

3. Terhindar Dari Masalah Hidup

Keutamaan sholat tahajud lainnya adalah dapat menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Ternyata Rasulullah SAW juga pernah mendapatkan masalah atau urusan yang membuat beliau resah dan prihatin. Kemudian Rasulullah lebih memperbanyak sholat-sholat sunnahnya.

Dalam sebuah hadits, Allah memerintahkan kepada orang-orang agar melaksanakan sholat-sholat sunnah dengan niat hanya karena Allah SWT semata, yang dimulai sejak awal hari sedikitnya empat rakaat. Allah akan memberikan kecukupan kepadanya.

4. Menumbuhkan Rasa Syukur Dalam Diri

Apa yang kita dapatkan dan miliki saat ini wajib disyukuri supaya kehidupan terasa lebih tenang dan tentram. Sholat tahiyatul masjid dapat membawa anda menjadi orang yang semakin bersyukur atas pemberian Allah SWT.

Setiap malam Rasulullah selalu melaksanakan sholat sunnah hingga kaki beliau bengkak. Dalam sebuah hadits, saat istri beliau Aisyah melihatnya, Aisyah bertanya: Bukankah Allah SWT telah mengampuni semua dosa yang telah terjadi dan juga yang akan datang? Lalu Rasulullah menjawab: Tidak bolehkan aku menjadi hamba yang banyak bersyukur (kepada Allah)?" (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Sholat Sunnah Yang Dianjurkan

Mengerjakan sholat tahiyatul masjid termasuk melaksanakan anjuran Rasulullah dan dalam hal ini jangan dianggap remeh. Dengan melaksanakan sholat sunnah ini maka akan dimuliakan di surga karena telah memulaikan masjid.

Baca Juga:


Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di antara tanda-tanda dekatnya kiamat yaitu orang melalui (masuk) masjid, tapi tidak mengerjakan sholat dua rakaan di dalamnya." (HR. Ibnu Khuzaimah)

6. Sebagai Amalan Penyempurna Sholat Fardhu

Manfaat mengerjakan sholat tahiyatul masjid adalah sebagai penyempurna ibadah sholat fardhu. Sebab, ketika menjalankan sholat fardhu, ada kelalaian, lupa atau kesalahan yang dapat mengurangi kesempurnaan pahala sholatnya.

Untuk menutup ketidaksempurnaan pahala sholat fardhu tersebut maka dianjurkan melaksanakan sejumlah sholat sunnah, salah satunya sholat tahiyatul masjid. Hal ini sesuai dengan firman Allah, yaitu: "Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya." (QS. Al Baqarah : 184)

7. Bentuk Pemuliaan Pada Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang wajib dimuliakan, seperti saat anda memilih mengerjakan sholat fardhu di masjid maka terlebih dahulu melaksanakan sunnah Rasulullah yaitu sholat tahiyatul masjid. Mengerjakan sholat sunnah ini termasuk salah satu bentuk cara memulaikan rumah Allah atau baitullah.

Maksud dari sholat tahiyatul masjid adalah sebagai kegiatan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah, bukan kepada masjidnya. Pasalnya, orang yang memasuki rumah raja, ia akan menghormat kepada raja bukan kepada rumahnya.

8. Sebagai Penghapus Dosa

Sholat sunnah bisa menjadi cara penghapus dosa. Saat mengerjakan sholat sunnah tahiyatul masjid maka bisa diartikan dengan memperbanyak sujud kepada Allah. Dengan demikian dapat menjadi salah satu amalan penghapus dosa.

"Hendaklah engkau memperbanyak sujud (sholat) kepada Allah, karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapus dosamu." (HR. Muslim)

9. Termasuk Amalan Yang Paling Utama

Anda pasti sudah tau, bahwa amalan pertama yang dihisab adalah sholat. Menjaga sholat fardhu ataupun sunnah bisa anda lakukan agar tidak menjadi seorang muslim yang rugi. Jadi sholat tahiyatul masjid termasuk sholat sunnah yang baik untuk dikerjakan.

Rasulullah SAW bersabda: " Beristiqamahlah kalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna. Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah sholat." (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

10. Menjadi Wali Allah Yang Terdepan

Keutamaan atau manfaat sholat tahiyatul masjid yang terakhir adalah menjadi wali Allah yang terdepan. Maksud dari wali Allah di sini adalah buka orang dengan ilmu sakti seperti bisa terbang, memakai tasbih dan surban, melainkan seseorang yang beriman dan bertakwa.

Itulah keutamaan atau manfaat sholat sunnah tahiyatul masjid. dengan mengetahui keistimewaan dari sholat sunnah ini, maka sudah sewajarnya kita melaksanakannya dengan niat ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel