12 Keutamaan Umroh dan Dalilnya Yang Perlu Anda Ketahui

Umroh merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan untuk ziarah ke tanah suci. Umroh dapat dilakukan sepanjang tahun dengan mengikuti syarat, hukum, rukun dan waktu pelaksanaannya. Umroh juga dikenal dengan sebutan "haji kecil" yang pelaksanaan ibadahnya dilakukan oleh beberapa amalan, mulai dari niat, tawaf, sa'i dan diakhiri dengan tahallu.

Berbeda dengan pelaksanaan ibadah haji yang memiliki waktu terbatas dan kuota jamaah yang tersedia. Dimana seorang muslim hanya bisa berangkat haji 1 tahun sekali dan itu pun harus menunggu antrian sampai bertahun-tahun. Hal ini yang membuat kebanyakan umat muslim lebih memilih melaksanakan ibadah umroh.

Kita tahu bahwa jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta orang dan mayoritas beragama muslim menjadi faktor utama kuota keberangkatan ibadah haji yang terbatas. Meskipun sunnah, ada juga keutamaan ibadah umroh yang didapatkan bagi yang melaksanakannya.

Keutamaan Ibadah Umroh Dalam Islam

12 Keutamaan Umroh dan Dalilnya Yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya ibadah haji saja yang memiliki keutamaan kebaikan di dalamnya. Umat muslim yang melaksanakan umroh juga akan mendapatkan keutamaan kebaikan, seperti mendapatkan ampunan dosa, ketenangan hati, menjadi manusia yang lebih baik dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan keutamaan umroh berikut ini.

1. Dapat Menghapus Dosa

Keutamaan umroh yang pertama adalah dapat menghapus dosa. Jika seorang muslim melaksanakan ibadah umroh sebelumnya, lalu menjalankan umroh lagi di tahun-tahun berikutnya maka dosa-dosa diantara kedua waktu umroh akan dihapuskan.

"Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah menghapuskan dosa (kafarrah) diantara keduanya dan haji yang mabrur itu tidak ada balasan baginya selain surga". (HR. Bukhari)

2. Mendapatkan Kedamaian Hati

Dengan berdoa selama menjalankan rangkaian ibadah umroh akan membuat hati lebih tenang dan kehidupan terasa lebih damai. Keutamaan umroh yang satu ini memberikan wujud kekayaan dalam hati sehingga membuat seseorang menjadi lebih tabah, sabar dan meningkatnya kualitas iman.

3. Meningkatkan Kualitas Iman Dan Takwa

Keistimewaan melakukan ibadah umroh lainnya adalah dapat meningkatkan kualitas iman dan takwa seorang muslim. Dengan menjalankan umroh, Anda telah berupaya untuk meningkatkan iman dan takwa untuk memperbaiki ibadah serta perilaku di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:


Setelah pulang dari umroh mantapkan hati untuk terus memperbaiki diri. Hal ini bisa Anda lakukan mulai dari hal yang sederhana, seperti mengerjakan sholat tepat waktu, berbicara sopan, tidak mudah berprasangka buruk pada orang lain dan lain sebagainya.

4. Doa Akan Dikabulkan Allah


Umat muslim yang menjalankan ibadah umroh merupakan tamu Allah SWT sehingga memiliki keistimewaan tersendiri. Salah satu keistimewaan tersebut adalah dikabulkannya segala doa yang dipanjatkan. Untuk itu, perbanyak doa saat Anda sedang melakukan ibadah umroh.

"Orang yang menlaksanakan haji dan umroh merupakan tamu Allah. Maka jika mereka bermohon kepada-Nya, pastilah dikabulkan-Nya dan jika mereka memohon ampunan pasti diampuni-Nya". (HR. Ibnu Majah)

5. Memperoleh Keberkahan Hidup


Mengerjakan ibadah umroh dapat memberikan keberkahan hidup bagi umat muslim yang menjalankannya. Hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan ibadah umroh dengan hati yang ikhlas dan khusyuk saat menjalankannya, maka ibadah tersebut dapat menjadi sah atau diterima.

Dengan begitu, hidup Anda akan dilimpahkan keberkahan dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, Anda akan menjadi seseorang yang lebih bersyukur dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Allah.

6. Dijanjikan Masuk Surga

Mengerjakan segala sesuatu bentuk ibadah ke pada Allah harus dilandasi hati yang ikhlas agar mendapatkan pahala yang ada di dalamnya. Melaksanakan ibadah umroh juga ada tata caranya yang mesti dilakukan seperti syarat, hukum, rukun dan waktu pelaksanaannya dengan benar.

Baca Juga:


Selain itu, keutamaan melakukan ibadah umroh yang telah dijanjikan Allah adalah mendapatkan ganjaran masuk surga. Jadi mantapkan hati dan kesehatan diri saat beribadah umroh, karena pahala yang diperoleh tidak main-main.

7. Mendapatkan Pahala Sholat Berlipat Ganda

Mengumpulkan pahala dari ibadah sholat memang sulit. Bila umumnya melaksanakan sholat hanya mendapatkan pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah. Berbeda pahala dari sholat yang dikerjakan saat ibadah umroh, dimana pahala sholat akan berlipat gandakan. Keistimewaan umroh membuat pahala dari sholat yang dikerjakannya dapat mendatangkan pahala 1000 kali lipat hingga 100.00 kali lipat.

"Sholat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 sholat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Sholat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya". (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

8. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Setiap manusia menginginkan hidup yang berkecukupan dan sejahtera. Allah SWT memberikan keistimewaan umroh dengan menjauhkan siapapun yang mengerjakan ibadah umroh akan dijauhkan dari kemiskinan atau kefakiran. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Tirmidzi.

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghapuskan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada emas, besi dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga". (HR. Tirmidzi)

9. Media Jihad Bagi Perempuan

Sebagai sarana jihad merupakan keutamaan ibadah umroh yang wajib diketahui. Jihad adalah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu jihad ditandai dengan mengikuti peperangan untuk membela agama islam.

Sedangkan kaum perempuan dilarang mengikuti peperangan karena fisiknya dianggap lemah. Sebab itu, Allah memberikan alternatif bagi kaum perempuan untuk berjihad dengan cara mengerjakan ibadah haji ataupun umroh.

10. Pahala Dilipatgandakan Ketika Sholat Di Masjid Quba

Dilipat gandakan pahala bagi jamaah yang mengerjakan solat di Masjid Quba dua rakaat saja maka akan mendapatkan pahala setara dengan pahala umroh. Ini termasuk keistimewaan yang diperoleh bagi jamaah yang sedang mengerjakan ibadah umroh.

“Barang siapa telah bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba. Kemudian sholat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umroh". (HR. Ibnu Majah)

11. Wafat Saat Umroh, Pahala Akan Dicatat Hingga Hari Kiamat

Apakah Anda pernah mendengar kabar jika ada jamaah umroh yang wafat saat melaksanakan ibadah umroh?. Penyebab wafatnya jamaah bisa karena memiliki riwayat penyakit, kondisi iklim yang berbeda, berdesakan dan lain sebagainya.

Baca Juga:


Umat muslim yang wafat saat melakukan ibadah umroh maka pahalanya akan dicatat hingga hari kiamat. Keistimewaan ini diberikan pada orang yang memiliki kekhusyukan dan mengerjakan tata cara maupun rukun umroh dengan benar. Meskipun rukun umrohnya belum dilaksanakan semua, namun Allah sudah menjanjikan pahala untuknya.

12. Umroh Di Bulan Ramadhan

Keutamaan umroh yang terakhir adalah umroh di bulan ramadhan seperti haji bersama Nabi. Tentu semua orang umat islam sangat ingin mendapatkan pahala senilai haji bersama Nabi. Hanya saja, keutamaan ini bisa diperoleh jika melaksanakan umroh di bulan suci ramadhan saja.

“Apabila datang bulan ramadhan, lakukanlah umroh, karena ibadah umroh di bulan ramadhan senilai haji bersamaku". (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah sejumlah keutamaan umroh yang perlu teman-teman ketahui. Dengan memahami keutamaan dari mengerjakan ibadah umroh dapat meningkatkan kekhusyukan jamaah dalam melaksanakan umroh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel